Pesta Virtual, Ini 5 Ide Aman Perayaan Malam Tahun Baru di Tengah Pandemi COVID-19

Oleh Tanti Yulianingsih pada 31 Des 2020, 22:27 WIB
Diperbarui 31 Des 2020, 22:27 WIB
Tahun Baru
Perbesar
Ilustrasi Foto Pergantian Tahun atau Tahun Baru (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Malam Tahun Baru adalah waktu ketika orang berkumpul untuk merayakan bersama teman dan orang yang dicintai. Ini adalah hari terakhir sebelum menuju tahun yang baru, dan umumnya dirayakan dengan banyak kemeriahan di sebagian besar negara di dunia.

Malam Tahun Baru juga kerap ditandai dengan pertemuan sosial, pesta, minum-minum, menyanyi dan menari. Orang-orang terkadang berkumpul di pinggir jalan untuk menyaksikan pertunjukan kembang api yang spektakuler.

Bagaimana dengan Tahun Baru 2021?

Bagaimanapun, kita tak bisa abai bahwa dunia berada dalam pergolakan salah satu pandemi paling dahsyat yang disaksikan oleh umat manusia. Protokol pencegahan COVID-19 yang ketat menyerukan isolasi dan jarak sosial.

Dalam skenario seperti itu, mematuhi norma keselamatan adalah satu-satunya cara untuk melindungi diri dan orang lain. Oleh sebab itu, ikutilah aturan yang telah ditetapkan agar tetap aman merayakan pesta Tahun Baru 2021.

Berikut ini lima ide aman merayakan Malam Tahun Baru 2021 dikutip dari Hindustan Times, Kamis (31/12/2020):

1. Pertemuan Pesta di Balkon

Ilustrasi balkon. (dok. Unsplash.com/Joanna Derks)

Tahun ini, mari kita lewatkan pesta Malam Tahun Baru yang konvensional. Cobalah bertemu tetangga dengan mengundang mereka ke pesta yang menerapkan jarak sosial.

Ramaikan balkon Anda dengan lampu dan lilin, dan dorong teman-teman Anda untuk melakukan hal yang sama. Saling bersulang di balkon.

Mainkan beberapa musik atau lebih baik lagi menggunakan gitar atau alat musik lainnya.

Saat pesta dimulai, adakan flash mob dadakan. Bersiaplah untuk penonton yang bingung di sekitar kediaman yang melangkah keluar untuk memeriksa apa sebenarnya keributan itu.

Jangan takut, undang mereka untuk ikut bersenang-senang merayakan Tahun Baru 2021. Abadikan prosesnya di ponsel pintar Anda dan simpan perayaan unik ini untuk masa depan.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

2. Selenggarakan Perayaan Virtual

Melakukan Video Call atau Zoom Meeting
Perbesar
Ilustrasi Video Call Credit: freepik.com

Meskipun tidak dapat bertemu langsung dengan semua teman tahun ini, tidak ada alasan untuk merasa sedih.

Undang semua teman Anda ke pesta virtual dan mulailah sebuah pesta virtual. Jadilah sekreatif mungkin dan kirimkan kartu undangan online.

Minta peserta pertemuan virtual untuk berdandan seperti aktor atau aktris favorit mereka dan lakukan satu dialog dari karakter film yang mereka perankan. Sementara yang lain menebak aktor dan judul filmnya.

Nikmati makanan enak disertai dengan anekdot lucu dan bikin seisi rumah serta para peserta pesta terbahak-bahak.

3. Menonton Pesta Virtual

Ilustrasi Netflix, Menonton TV, Menonton Video. Kredit: Mohamed Hassan from Pixabay

Bagi orang-orang yang tidak menyukai pesta besar yang ramai, pesta hitung mundur Tahun Baru secara virtual menghadirkan kenyamanan, kehangatan, dan keceriaan.

Undang teman-teman favorit Anda ke pesta itu dan putar semua film, acara televisi, atau dokumenter favorit Anda.

Bagian terbaik dari tugas ini adalah seseorang dapat melakukannya sesuka mereka. Tidak ada batasan dan Anda bisa merasa nyaman dengan piyama di tempat tidur dan tetap bersenang-senang dengan sahabat Anda.

4. Api Unggun di Halaman Belakang Bersama Keluarga

Seorang pria menunggangi kuda melewati api unggun saat festival Luminarias di San Bartolome de Pinares, Spanyol, Jumat (16/1/2020). Biasanya tradisi berkuda menembus api dilakukan pada satu hari sebelum perayaan Santo Antonius, yakni pada malam hari hingga tengah malam. (AP Photo/Manu Fernandez)

Virus Corona telah menyebabkan banyak keluarga dikurung di dalam rumah hampir sepanjang tahun.

Pemerintah telah menetapkan aturan ketat untuk berkumpulnya orang. Ini hal penting untuk dipatuhi, tetapi jangan biarkan hal itu menyurutkan semangat perayaan Tahun Baru.

Kunjungi halaman belakang Anda dan nikmati waktu keluarga yang berkualitas. Merapikan ruang yang dipilih dan menerangi mereka dengan lampu dan hiasan favorit.

Seluruh keluarga dapat berpartisipasi dalam menyalakan api unggun dan menikmati malam yang menyenangkan. Pesan hidangan favorit Anda atau buat beberapa mocktail mewah dan biarkan bercakap santai.

Dari resolusi Tahun Baru, cerita keluarga lama, atau momen-momen lucu, setir pesta sesuai keinginan Anda.

Bagian terbaik dari api unggun halaman belakang adalah tidak seperti pesta hotel, tidak ada batasan waktu. Seseorang bebas untuk masuk dan keluar sesuka hati. Fleksibilitas lengkap yang ditawarkan pesta ini pasti akan membuatnya populer.

5. Donasi Sosial

Ilustrasi donasi (dok. unsplash.com Christian Dubovan @cdubo/Putu Elmira)

Tahun 2020 telah menjadi tahun yang penuh tantangan di semua tingkatan. Ada banyak yang kehilangan orang yang mereka cintai, sementara yang lain kehilangan mata pencaharian akibat pandemi COVID-19.

Tak ada salahnya bersyukur dengan apa yang sudah kita dapati tahun ini, dengan  menyumbang kepada mereke yang kurang beruntung.

Kumpulkan pakaian hangat dan sumbangkan kepada para tunawisma, bagikan makanan untuk orang miskin atau cukup sumbangkan ke organisasi nirlaba. Mari kita lakukan sedikit hal untuk membuat seseorang tersenyum di masa-masa sulit ini.

Saat kita menutup tirai untuk tahun 2020, sangat penting bahwa kita tidak lengah dan terus memakai masker serta menjaga jarak sosial. Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, kita dapat membuat perayaan Malam Tahun Baru berkesan sekaligus tetap aman.

3 dari 4 halaman

Infografis Jangan Ada Kerumunan Saat Perayaan Tahun Baru 2021

Infografis Jangan Ada Kerumunan Saat Perayaan Tahun Baru 2021. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Jangan Ada Kerumunan Saat Perayaan Tahun Baru 2021. (Liputan6.com/Trieyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Ini:

Lanjutkan Membaca ↓