Sukses

1-1-2000: Tahun Baru Spektakuler, Awal Abad Milenium yang Dinanti Dunia

Sejumlah perayaan Tahun Baru paling spektakuler berlangsug. Pengalaman global unik, yang tidak akan pernah lagi disaksikan oleh siapa pun yang hidup saat ini terjadi di Milenium Baru.

Liputan6.com, Jakarta - Sejarah mencatat bahwa 21 tahun lalu, miliaran orang di seluruh dunia menyambut periode Milenium Baru. Dengan sejumlah perayaan Tahun Baru paling spektakuler yang pernah disaksikan.

Orang pertama yang menyaksikan awal era baru, Tahun Baru 2020, adalah penduduk Kepulauan Pasifik - di antara yang terakhir adalah orang Amerika.

Dan ketakutan bahwa Millenium Bug yang ditakuti akan menyebabkan kehancuran komputer di seluruh dunia, gagal terwujud pada 1 Januari 2000. Hal itu membantu mereka yang telah menginvestasikan miliaran dolar dalam upaya menghindari potensi krisis.

Mengutip BBC on This Day, Tahun Baru kala itu adalah pengalaman global yang unik, yang tidak akan pernah lagi disaksikan oleh siapa pun yang hidup saat ini, ditandai oleh semua denominasi dan semua kelas serta kepercayaan orang di seluruh planet ini.

Di Inggris, pembersihan besar-besaran dilakukan setelah salah satu perayaan paling menakjubkan, namun bebas masalah, yang pernah disaksikan negara itu.

Perdana Menteri kala itu, Tony Blair, yang merayakan bersama istrinya, Cherie, Ratu, dan ribuan lainnya di Millennium Dome, mengatakan "kepercayaan dan optimisme" untuk Milenium baru harus disimpan dan disimpan selamanya.

Lebih dari dua juta orang berbaris di tepi Sungai Thames untuk menyaksikan pertunjukan kembang api yang spektakuler, dan meskipun layanan darurat telah ditingkatkan hingga kapasitasnya, tidak ada gangguan besar yang dilaporkan.

Di Edinburgh, lima ton kembang api dinyalakan dalam empat menit dalam perayaan Hogmanay terbesar di kota itu.

Belakangan, ribuan orang menghadiri Millennium Day Parade atau Parade Hari Milenium di London dan lonceng dibunyikan secara bersamaan di gereja dan katedral di seluruh negeri pada siang hari di Tahun Baru.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sejumlah Perayaan Milenium Baru di Dunia

 

Bagaimana era milenium baru ditandai di seluruh dunia? Berikut ini di antaranya, dikutip dari BBC on This Day:

  • Selandia Baru - Bayi pertama di Milenium Baru lahir.
  • Australia - Jutaan orang berkumpul di Sydney Harbour untuk menyaksikan salah satu pertunjukan kembang api paling mengesankan di dunia.
  • Afrika Selatan - Nelson Mandela kembali ke bekas sel penjaranya di Pulau Robin di mana ia ditahan selama 22 tahun dari 27 tahun penjara. Dia menyalakan lilin untuk melambangkan rekonsiliasi dan memberikannya kepada seorang anak kecil untuk melambangkan harapan Afrika Selatan untuk masa depan.
  • Bethlehem - Massa berkumpul di Manger Square, di mana 2.000 merpati perdamaian dilepaskan.
  • Roma - Paus menyampaikan berkah Tahun Baru khusus di Vatikan, dia mengatakan bahwa manusia harus bekerja keras untuk menjadikan 1.000 tahun ke depan waktu damai di seluruh dunia.
  • Paris - 20.000 lampu berkedip menghiasi Menara Eiffel, ditambah pertunjukan api unggun.
  • AS - Presiden Clinton meluncurkan perayaan di Washington sementara di Time Square, New York, empat ton confetti menghujani lebih dari tiga juta orang yang bersuka ria.
3 dari 3 halaman

Infografis 3 Larangan Terkait Perayaan Tahun Baru 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.