Sukses

Malam Tahun Baru 2021 Australia Tak Semeriah Biasa, Begini Perayaan Saat Pandemi Corona COVID-19

Perayaan malam Tahun Baru 2021 Australia bakal digelar secara berbeda di tengah pandemi Virus Corona COVID-19. Seperti ini kira-kira gambaran perayaannya:

Melbourne - Tahun Baru 2021 akan segera tiba.

Tahun 2020 merupakan tahun yang berat dan menantang. Tak hanya bagi warga Indonesia, tapi juga banyak negara termasuk Australia.

Negeri Kanguru mengawali tahun 2020 dengan bencana kebakaran hutan yang merusak rumah-rumah warga. Bahkan membakar lebih dari 170.000 kilometer persegi tanah. Kemudian disusul dengan pandemi Virus Corona COVID-19, yang membunuh ratusan orang dan membuat banyak warga, khususnya di kota Melbourne, hidup dalam kondisi lockdown yang termasuk paling ketat di dunia.

Karenanya perayaan menyambut tahun 2021 di tengah pandemi pun dilakukan berbeda. Mungkin tak semeriah biasanya, sebab pandemi COVID-19 belum juga berakhir.

Berikut ini gambaran bagaimana kota-kota besar di Australia akan merayakan Tahun Baru menuju 2021, dikutip dari ABC Australia, Kamis (31/12/2020): 

Jangan lupa juga, Anda bisa menyaksikan kembang api Tahun Baru melalui tayangan langsung di ABC iview atau kanal YouTube ABC.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sydney

Pertunjukan kembang api ikonik di Sydney akan tetap digelar meski lebih singkat dari biasanya.

Pertunjukan kembang api pukul 21:00 untuk keluarga dengan anak kecil telah dibatalkan.

Awal tahun ini, Pemerintah New South Wales sempat menyediakan tempat khusus bagi tenaga medis untuk menyaksikan kembang api, yakni di kursi baris terdepan.

Namun Senin kemarin, Premier Gladys Berejiklian mengatakan wabah baru COVID-19 di Sydney telah membatalkan rencana tersebut, karena "risikonya terlalu tinggi" untuk mengizinkan warga dari daerah pedalaman berkumpul di pusat kota.

Pemerintah NSW telah melarang kerumunan orang untuk menyaksikan kembang api dari tepi pantai sekitar Sydney, yang biasanya dipadati orang.

Warga Sydney akan diizinkan untuk merayakan Tahun Baru di beberapa tempat di pusat kota, selama tempat tersebut memberlakukan aturan 'COVID-safe' dan menaati aturan empat meter persegi per orang.

Sesuai pernyataan dari Premier Gladys 30 Desember, berikut aturan yang berlaku bagi warga Sydney dalam momen Tahun Baru:

  • Perkumpulan di rumah akan dibatasi hingga lima orang (termasuk anak-anak).
  • Batas jumlah orang untuk perkumpulan di luar dibatasi dari 50 orang, menjadi hanya 30 orang.

Aturan bagi zona sebelah utara Pantai Utara Sydney akan tetap sama, namun bagi zona bagian selatan, aturan ini akan berlaku:

  • Perkumpulan di rumah akan dibatasi hingga lima orang dari zona yang sama (termasuk anak-anak).

Melbourne 

Ilustrasi kota Melbourne, Australia (AFP/Christopher Futcher)

Melbourne tidak akan menggelar pesta kembang api, sebagai gantinya kota ini akan menggelar 'New Year Street Feast' atau Pesta Jalanan Tahun Baru, selama dua hari di pusat kota dari tanggal 31 Desember sampai 1 Januari.

Perayaannya akan digelar di tempat-tempat yang sudah diatur, namun untuk bisa datang, Anda harus memesan tempat.

50 tempat akan tersebar dalam 11 titik di kota, dengan tiket masuk yang sudah dijual sejak tanggal 23 November.

Penampilan musik dari beberapa musisi termasuk duo Client Liaison dan band Cut Copy, yang keduanya dari Melbourne, akan menghibur pengunjung.

Perjalanan dengan transportasi umum pukul 18:00 tanggal 31 Desember hingga pukul 18.00 tanggal 1 Januari tidak akan dipungut biaya.

Tambahan jam transportasi publik juga akan diberlakukan dari tengah malam sampai pukul 06.00 pagi.

3 dari 5 halaman

Canberra 

Penampilan musik di jalanan juga akan muncul di Canberra, beberapa hari menjelang Malam Tahun Baru, menggantikan tradisi pertunjukan kembang api dan konser.

Sudah dua tahun berturut-turut, tidak akan ada kembang api di Kawasan Ibu Kota Australia (ACT) untuk menandai pergantian tahun.

Tahun lalu, pertunjukan tersebut dibatalkan karena ancaman kebakaran hutan, dan tahun ini Pemerintah ACT lebih menyebarkan perayaan ke daerah pinggiran kota untuk menghindari kerumunan di tengah pandemi COVID-19.

Untuk acara tersebut, beberapa bangunan, termasuk Royal Australian Mint dan National Carillon, akan dipasangi lampu, dan musisi lokal akan bermain di jalanan kota Canberra.

Warga Canberra juga didorong untuk makan malam di pusat kota demi mendukung bisnis perhotelan lokal.

Hobart

Bendera negara Australia - AFP

Meski akan menjadi perayaan Malam Tahun Baru yang berbeda dari biasanya, kembang api akan tetap menjadi bagian dari program perayaan di Hobart.

River Derwent akan disinari lampu warna-warni pukul 21.30 dan tengah malam, namun warga telah diperingatkan untuk menghindari kerumunan di tepi laut.

Kembang api akan melambung lebih tinggi tahun ini, sehingga dapat terlihat dari lebih banyak titik di sekitar kota.

Acara tahunan Taste of Tasmania telah dibatalkan, sama halnya dengan perlombaan perahu dari Sydney ke Hobart dan desa perlombaan.

Adelaide

Keindahan Hahndorf di Adelaide, Australia. Dok: Maulandy Rizky Bayu Kencana/Liputan6.com.

Pertunjukan kembang api juga ditunda di Adelaide telah karena dampak COVID-19.

Setiap tahunnya, acara pergantian tahun di Glenelg dan Brighton bisa menarik kerumunan hingga 60.000 orang, dengan penampilan kembang api di Elder Park dan Semaphore yang juga populer ditonton warga.

Namun kali ini, warga didorong untuk merayakan tahun baru di restoran atau bar di negara bagian tersebut untuk mendukung bisnis lokal.

Tadinya ibu kota Australia Selatan ini akan menampilkan laser, drone, digabung dengan pertunjukan air mancur di Torrens River, Elder Park.

Namun rencana ini diubah setelah mendapat kritikan, karena tahun lalu Adelaide tetap menggelar pertunjukan kembang api di tengah kebakaran hutan Australia yang parah.

4 dari 5 halaman

Brisbane

Pesta kembang api memperingati pergantian tahun baru yang biasanya digelar di Brisbane juga terkena dampak COVID-19, namun warga masih didorong untuk merayakan awal tahun 2021 di pusat kota.

Wali Kota Brisbane, Adrian Schrinner mengajak warga lokal untuk mengunjungi taman-taman di kota tersebut yang jumlahnya mencapai 2.000 taman.

"Semua taman kami akan tetap buka, termasuk South Bank dan Roma Street Parklands sepanjang Tahun Baru, sehingga warga masih bisa menikmati barbecue dan merayakan akhir tahun 2020 di luar rumah," katanya.Beberapa tempat menggelar pesta pergantian tahun, seperti di Howard Smith Wharves, Eagle Street Pier, Portside Wharf, dan South Bank.

Beberapa restoran dan bar juga akan mengadakan pertunjukan kembang api mereka sendiri, termasuk The Boundary Hotel di West End dan Ling Ling's di Fortitude Valley, namun tiket tetap harus dibeli.

Kembang api di Gold Coast juga telah dibatalkan, karena pihak berwajib khawatir pengunjung tidak dapat mengikuti imbauan 'social-distancing'.

Pusat daerah pedalaman Queensland juga mengubah sistem perayaan Malam Tahun Baru mereka tahun ini.

Darwin

Bendera Australia credit to https://pixabay.com/users/chickenonline

Pengunjung di ibu kota Australia Utara dapat menyaksikan kembang api di Darwin Waterfront, selama 10 menit yang diadakan pada pukul 21.00 dan tengah malam.

Karena aturan terkait Virus Corona COVID-19, pengunjung dari acara harus mendaftarkan diri secara online terlebih dahulu dan mengenakan gelang pada hari tersebut.

Penyelenggara acara mengatakan tiket tidak dapat dibeli di tempat.

Tiket akan dijual seharga A$20 (Rp 200 ribu) bagi orang dewasa dan gratis untuk anak-anak di bawah usia lima tahun yang didampingi orang dewasa pemegang tiket.

Hanya akan ada ruang terbatas bagi mereka yang ingin melihat pertunjukan dari dekat dan tempat duduk terbatas bagi mereka yang ingin menggelar karpet piknik.

Stan makanan akan buka dari pukul 16.00 sampai 22.00 dan bar di luar ruangan akan dibuka setelahnya.

Pengunjung tidak diizinkan untuk membawa makanan dan minuman dari luar ke lokasi, kecuali makanan untuk bayi.

Tempat parkir akan dibatasi, namun bus akan tersedia di malam tahun baru dari simpangan Darwin, Casuarina, dan Palmerston. Pemerintah NT telah menerbitkan informasi rinci tentang rute transportasi umum.

Perth 

Mural di Perth CBD, Northbridge Australia Barat. (Liputan6.com/Shinta NM Sinaga)

Warga di negara bagian Australia Barat cukup beruntung karena dapat merayakan Malam Tahun Baru dengan normal.

Di kota Perth, akan diadakan penampilan jalanan dan beberapa hiburan lain, termasuk penampilan sirkus, penyanyi jalanan, pasar malam, dan lainnya di Northbridge dari jam 18.00 hingga tengah malam.

Warga di Perth juga dapat mengunjungi Museum Boola Bardip Australia Barat, di mana terdapat 'workshop' bagi anak-anak dan penampilan dan tarian Aborigin.

Bagi warga yang ingin melihat terangnya langit malam, pesta kembang api akan dilakukan pada pukul 21:00 bagi keluarga dan pertunjukan lima menit lainnya akan menyusul pada tengah malam, sekaligus hitung mundur pergantian tahun bersama di Digital Tower, Yagan Square.

Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, warga disarankan pergi ke James Street, William Street, Yagan Square, atau Perth Cultural Centre.

Warga didorong untuk mendaftarkan informasi diri di aplikasi SafeWA saat menghadiri acara mana pun, menjaga jarak 1,5 meter dengan orang lain, dan menggunakan hand sanitiser.

5 dari 5 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona COVID-19, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.