Sukses

Selain Indonesia, 7 Negara Ini Juga Terapkan Pembatasan Ketat di Malam Tahun Baru

Negara-negara yang memberlakukan aturan ketat pada malam Tahun Baru guna mencegah penyebaran COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun baru 2021 memang akan dirayakan secara berbeda oleh seluruh masyarakat dunia. Pasalnya, perayaan Malam Tahun Baru pada tahun ini tidak bisa dirayakan secara besar-besaran seperti sebelumnya lantaran adanya pandemi COVID-19.

Beberapa negara telah mengeluarkan aturan dan imbauan ketat pada Malam Tahun Baru. 

Seperti halnya Indonesia, banyak kota juga telah mengeluarkan aturan ketat untuk Malam Tahun Baru. Secara khusus untuk Jakarta sendiri, pemerintah kota telah mengeluarkan aturan untuk menutup tempat umum seperti mall dan restoran pada pukul 7 sore. 

Mengutip laman BBC, Kamis (31/12/2020), berikut adalah beberapa negara yang juga mengeluarkan aturan ketat untuk Malam Tahun Baru:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Inggris

Di Inggris , Perdana Menteri Boris Johnson mengumumkan pada hari Rabu bahwa 20 juta orang di Inggris akan ditempatkan pada tingkat pembatasan terberat mulai Kamis (31/12/2020).

"Saya harus meminta Anda untuk mengikuti aturan di mana Anda tinggal di rumah besok malam dan melihat di tahun baru dengan aman di rumah," kata Johnson saat konferensi pers. 

3 dari 8 halaman

2. Skotlandia

Seluruh daratan Skotlandia berada di bawah level empat - tindakan tingkat atas - sejak 26 Desember dan akan tetap di sana setidaknya selama tiga minggu. Orang-orang didesak untuk tetap di rumah pada Malam Tahun Baru.

4 dari 8 halaman

3. Irlandia

Irlandia akan bergerak ke tingkat pembatasan tertinggi pada hari Kamis, melarang semua kunjungan rumah tangga, menutup semua ritel yang tidak penting, dan membatasi perjalanan hingga 5 km.

5 dari 8 halaman

4. Jerman

Jerman saat ini diisolasi hingga 10 Januari. 

Pemerintah telah melarang penjualan kembang api dan memberlakukan pembatasan ketat pada jumlah orang yang boleh berkumpul di depan umum.

Menteri Kesehatan Jens Spahn mengatakan dia mengharapkan negara itu memiliki " Malam Tahun Baru yang paling tenang".

6 dari 8 halaman

5. Belanda

Belanda saat ini sedang dalam status lockdown yang akan berlangsung hingga 19 Januari. Ritual hitung mundur biasanya akan berlangsung secara tertutup di sebuah stadion sepak bola di Amsterdam.

7 dari 8 halaman

6. Turki

Turki akan memulai lockdown selama empat hari sejak Malam Tahun Baru.

8 dari 8 halaman

7. Prancis

Prancis akan memobilisasi 100.000 polisi pada Malam Tahun Baru untuk membubarkan pesta dan memberlakukan jam malam yang diberlakukan untuk memerangi virus corona.

Pengamanan ekstra juga bertujuan untuk menghentikan pembakaran mobil yang sering terjadi pada malam terakhir tahun itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini