5 Tradisi Ini Diyakini Bawa Keberuntungan Jelang Pergantian Tahun Baru

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 31 Des 2020, 18:35 WIB
Diperbarui 31 Des 2020, 18:35 WIB
anggur
Perbesar
ilustrasi buah anggur/Photo from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari kita menginginkan keberuntungan dan kemudahan di Tahun Baru 2021. Pasalnya, 2020 dianggap sebagai tahun yang cukup berat bagi umat manusia lantaran pandemi COVID-19.

Setiap budaya memiliki caranya sendiri untuk merayakan tahun baru yang bisa membawa keberuntungan. Di beberapa negara, apa yang Anda kenakan dan makan saat jam menunjukkan pukul tengah malam sangat penting.

Pasalnya, tradisi menyambut tahun baru ini dipercayai akan memengaruhi keberuntungan, kekayaan, kesehatan, dan kehidupan cinta Anda selama 12 bulan ke depan.

Seperti dikutip dari laman goodhousekeeping, Kamis (31/12/2020), berikut 5 kebiasaan menyambut tahun baru yang bisa bawa keberuntungan:

 

2 dari 6 halaman

1. Buat Hidangan Ikan

makanan saat haid
Perbesar
ilustrasi ikan/Photo by Bryony Caldwell on Unsplash

Tidak suka daging? Ikan dianggap sebagai hidangan utama Tahun Baru yang bagus, karena ikan hanya berenang ke satu arah -- yaitu arah maju, seperti pergerakan waktu.

3 dari 6 halaman

2. Pakai Putih

Pakaian Berwarna Putih
Perbesar
Ilustrasi Pakaian Putih Credit: unsplash.com/Tamara

Orang Brasil juga mempermudah dalam memilih pakaian untuk acara Malam Tahun Baru. Semua orang mengenakan pakaian putih untuk keberuntungan dan kedamaian. Plus, pakaian yang serasi menghasilkan foto yang bagus.

 

4 dari 6 halaman

3. Hancurkan Piring

piring
Perbesar
ilustrasi piring/Photo by Brooke Lark on Unsplash

Di Denmark, piring pecah adalah hal yang baik. Orang-orang berkeliling memecahkan peralatan makan di depan pintu rumah teman dan keluarga mereka.

Semakin banyak pecahan di depan rumah Anda keesokan harinya, semakin beruntung dan disukai banyak orang.

 

5 dari 6 halaman

4. Makan 12 Anggur

anggur
Perbesar
ilustrasi membersihkan buah/Photo by Manki Kim on Unsplash

Ya, tepatnya sebanyak 12, satu per satu di setiap pukul menjelang tengah malam. Itulah yang mereka lakukan di Spanyol - makan satu buah anggur untuk setiap bulan di Tahun Baru.

Menurut media Atlas Obscura: "Makan satu buah anggur menjelang jam tengah bisa membawa keberuntungan di tahun selanjutnya.

6 dari 6 halaman

5. Biarkan Jendela Tetap Terbuka

Pintu/unsplash Dima
Perbesar
Pintu/unsplash Dima

Ini adalah kepercayaan umum bahwa membuka pintu dan jendela akan melepaskan tahun yang lama, dan tahun baru masuk tanpa halangan.

Lanjutkan Membaca ↓