Kucing Sering Gigit Kaki Majikan? Ini 4 Alasannya Menurut Penelitian

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 30 Des 2020, 19:10 WIB
Diperbarui 30 Des 2020, 19:10 WIB
Makanan Kucing Persia
Perbesar
Makanan Kucing Persia (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Kucing adalah makhluk yang penuh teka-teki, dan seringkali, kita kesulitan mencari tahu apa arti perilaku kucing.

Tampaknya, tidak seperti hewan peliharaan lain, seperti anjing, kucing terkadang dapat bertindak dengan cara yang tidak terduga dan tidak dapat dijelaskan.

Namun, teman berbulu kita satu ini juga bisa belajar berperilaku jika kita melatih dan mengajari mereka cara melakukannya. Tapi itu harus terjadi sejak usia dini.

Setelah kucing menunjukkan perilaku yang menjengkelkan, seperti menggigit kaki, mungkin Anda merasa khawatir karena kami tidak tahu cara menangani masalah tersebut.

Tetapi masalah ini memiliki beberapa penyebab dan ada cara untuk memperbaikinya. Berikut dikutip dari laman Brightside, Rabu (30/12/2020):

 

2 dari 5 halaman

1. Kebosanan

Ilustrasi Kucing
Perbesar
Ilustrasi Kucing (pixabay.com)

Salah satu alasan utama kucing menggigit kaki Anda adalah rasa bosan. Naluri berburu yang melekat pada semua kucing membuat mereka secara alami ingin menangkap semua yang mereka lihat saat bepergian.

Dan jika kucing Anda menghabiskan banyak waktu sendirian atau Anda tidak cukup memperhatikannya, kemungkinan besar dia akan mencoba mengejar Anda.

Itu karena bermain adalah cara untuk merangsang insting berburu mereka. Jika kucing Anda harus mengembangkan naluri berburu sendiri, kaki atau pergelangan kaki Anda adalah mangsa yang tepat untuk dikejar karena dapat diakses dan selalu bergerak.

Untuk mencegah hal ini terjadi, disarankan Anda sering bermain dengan kucing, dan jika tidak bisa, tawarkan mainan yang aman yang dapat membantu mereka tetap terhibur sepanjang hari. Anda dapat mengganti mainan mereka sebanyak yang Anda butuhkan.

 

3 dari 5 halaman

2. Kegembiraan Berlebihan

Ilustrasi Kucing
Perbesar
Ilustrasi kucing (dok. Pixabay.com/Quangpraha/Putu Elmira)

Hewan peliharaan sering kali tidak tahu cara mengelola energi dan kegembiraan berlebih mereka. Ini mungkin alasan di balik kucing Anda menggigit kaki ketika terjadi sesuatu yang membuat mereka sangat bahagia.

Pikirkan saat-saat kucing Anda menggigit kaki. Ini mungkin saat-saat ketika Anda bermain-main dengan mereka atau menawarkan mereka suguhan spesial yang sangat mereka sukai.

Untuk memperbaiki perilaku ini, Anda dapat menggunakan penguatan positif. Saat kucing menggigit kaki Anda karena kegembiraan, hentikan apa yang Anda lakukan, apakah itu memberi makan atau bermain dengannya. Kemudian bantu kucing untuk tenang, dan saat mereka tenang, beri dia hadiah dengan bermain lagi atau memberinya camilan.

 

4 dari 5 halaman

3. Kondisi Malaise

Kucing savana
Perbesar
Kucing savana (sumber: Pixabay)

Jika kucing menggigit kaki saat Anda tidur atau sedang beristirahat, maka disarankan untuk memeriksa kesehatan kucing.

Pastikan kucing Anda tidak mengalami cedera atau tidak merasa sakit. Saat kucing merasa tidak nyaman atau sakit, atau dalam kondisi malaise, mereka mencari perhatian Anda.

Mereka mencoba memperingatkan Anda bahwa mereka membutuhkan bantuan dan salah satu dari banyak cara mereka melakukannya adalah dengan menggigit kaki Anda.

Malaise adalah perasaan lemah, ketidaknyamanan, sakit, atau tidak enak badan. Itu bisa terjadi tiba-tiba atau berkembang secara bertahap dan bertahan untuk waktu yang lama.

5 dari 5 halaman

4. Perilaku Agresif

Kucing
Perbesar
Ilustrasi Kucing (pixabay.com)

Beberapa kucing menggigit kaki atau pergelangan kaki Anda hanya karena mereka agresif. Ini mungkin karena masalah sosialisasi yang mereka alami sejak kecil atau lingkungan yang menimbulkan stres.

Jika kucing Anda berada dalam salah satu situasi ini, mereka dapat menyerang sebagai bentuk pertahanan diri.

Jika Anda berada dalam situasi di mana kucing menggigit kaki karena stres, sebaiknya hubungi dokter hewan atau ahli etologi kucing sesegera mungkin.

Mereka akan dapat memberikan saran dan membantu Anda mengidentifikasi sumber spesifik agresi kucing.

Lanjutkan Membaca ↓