Sukses

Top 3: Parodi Indonesia Raya dari Malaysia hingga Gunung Meletus di Jepang Jadi Sorotan

Parodi Indonesia Raya dari Malaysia, gunung meletus di Jepang hingga Badai Bella jadi sorotan dalam Top 3 Global berikut ini:

Liputan6.com, Jakarta - Letusan Gunung Otake yang berada di Prefektur Kagoshima, Jepang, menarik perhatian pembaca kanal Global Liputan6.com hari ini. Erupsi dilaporkan terjadi Senin 28 Desember 2020 dini hari waktu setempat.

Lokasi gunung berapi itu berada di Pulau Suwanose yang terpencil.

Selain itu, berita yang jadi sorotan lainnya adalah terkait parodi Lagu Indonesia Raya versi Youtuber Malaysia yang tengah viral di media sosial. Di mana pemerintah Negeri Jiran menyebutkan bahwa pihaknya mengutuk keras segala bentuk provokasi negatif. Serta akan mengambil langkah tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Isu lain yang juga menjadi sorotan adalah terkait Badai Bella yang menerjang sejumlah kawasan di Inggris dan Prancis. Lalu mengakibatkan putusnya jaringan listrik, selain menyebabkan hujan lebat dan angin kencang di kedua negara.

Selengkapnya dalam Top 3 Global Liputan6.com edisi Selasa (29/12/2020) berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gunung Otake di Jepang Meletus, Lontarkan Bebatuan hingga 1,3 Kilometer

Badan Meteorologi Jepang menaikkan tingkat siaga dari level 3 menjadi level 5, akibat Gunung Otake yang berada di Prefektur Kagoshima, Jepang, dilaporkan meletus pada Senin (28/12/2020) dini hari waktu setempat. Lokasi gunung berapi itu berada di Pulau Suwanose yang terpencil.

Ini artinya tak boleh ada yang mendekati gunung itu.

Pulau Suwanose hanya memiliki sedikit populasi. Lokasinya 230 kilometer di barat daya Kagoshima yang berada di Pulau Kyushu.

Selengkapnya di sini.

3 dari 4 halaman

2. Viral Lagu Hina Indonesia Raya, Kemlu Tegur YouTuber RI Atau Malaysia yang Provokatif

Parodi Lagu Indonesia Raya versi Youtuber Malaysia tengah viral di media sosial. Menanggapi hal tersebut, melalui Kedutaan Besar di Jakarta, disampaikan pernyataan resmi.

Pemerintah Malaysia menyebutkan bahwa pihaknya mengutuk keras segala bentuk provokasi negatif. Serta akan mengambil langkah tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Sementara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengaku sudah berkomunikasi dengan pemerintah Malaysia, hingga akhirnya video milik YouTuber MyAsean dihapus.

Selengkapnya di tautan ini

4 dari 4 halaman

3. Badai Bella di Prancis dan Inggris, Listrik Puluhan Ribu Rumah Warga Padam

Ribuan rumah warga di Prancis dan Inggris dilaporkan terputus jaringan listrik, dampak Badai Bella yang menerjang wilayah kedua negara tersebut pada Minggu (27 Desember 2020) waktu setempat. 

Dilansir dari Deutsche Welle (DW), Senin (28/12/2020), badai tersebut juga menyebabkan hujan lebat dan angin kencang di kedua negara.

Wilayah Brittany dan Normandy di utara dan barat Prancis adalah yang pertama mengalami pemadaman listrik. Namun kemudian, listrik kembali berfungsi di 18.000 rumah warga, menurut perusahaan listrik Prancis, Enedis.

Sementara itu, listrik di sekitar 34.000 rumah warga di wilayah timur dan tengah Prancis masih mati karena badai yang melanda seluruh negeri.

Lanjutan berita klik di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini