Sukses

26-12-1893: Lahirnya Mao Zedong, Sang Pemimpin Revolusi Komunis China

Hari ini, Mao Zedong lahir dari sebuah keluarga petani di Desa Shaoshan, Provinsi Hunan, China. Ini sepenggal kisah hidupnya.

Liputan6.com, Beijing - 26 Desember 1893 tercatat sejarah dunia sebagai momen lahirnya calon pemimpin besar yang kontroversial di China. Mao Tse Tung atau Mao Zedong.

Ia lahir dari sebuah keluarga petani di Desa Shaoshan, Provinsi Hunan, China.

Situs Brittanica menyebut ia adalah putra seorang mantan petani yang menjadi kaya raya sebagai petani dan pedagang biji-bijian. Dia dibesarkan dalam lingkungan di mana pendidikan hanya dihargai sebagai status saja.

Sejak usia delapan tahun ia masuk sekolah dasar di desa asalnya, di mana ia memperoleh pengetahuan dasar tentang Wujing (Konfusianisme Klasik). Pada usia 13 tahun dia dipaksa untuk mulai bekerja penuh waktu di pertanian keluarganya.

Memberontak terhadap otoritas ayah (termasuk perjodohan yang dipaksakan padanya dan yang tidak pernah dia akui atau lakukan), Mao meninggalkan keluarganya untuk belajar jenjang berikutnya di  negara tetangga dan kemudian di sekolah menengah di ibu kota provinsi, Changsha. Di sana ia berhubungan dengan ide-ide baru dari Barat, seperti yang dirumuskan oleh reformis politik dan budaya seperti Liang Qichao dan revolusioner Nasionalis Sun Yat-sen.

Dia jarang mempelajari ide-ide revolusioner ketika sebuah revolusi nyata terjadi di depan matanya.

Pada 10 Oktober 1911, pertempuran melawan Dinasti Qing pecah di Wuchang, dan dalam dua minggu pemberontakan telah menyebar ke Changsha.

Ia kemudian mendaftar di unit tentara revolusioner di Hunan. Mao menjadi tentara enam bulan. Meskipun dia mungkin belum memahami dengan jelas gagasan bahwa seperti yang kemudian dia katakan, "kekuatan politik tumbuh dari laras senjata," pengalaman militer singkat pertamanya setidaknya menegaskan kekaguman masa kecilnya terhadap para pemimpin dan eksploitasi militer.

Di masa sekolah dasar, pahlawannya tidak hanya mencakup kaisar-ksatria hebat di masa lalu Tiongkok, tetapi juga Napoleon I dan George Washington.

Musim semi tahun 1912 menandai lahirnya republik China baru dan berakhirnya dinas militer Mao. Selama setahun dia berpindah dari satu hal ke hal lain, mencoba, pada gilirannya, sekolah polisi, sekolah hukum, dan sekolah bisnis; ia belajar sejarah di sekolah menengah dan kemudian menghabiskan beberapa bulan membaca banyak karya klasik tradisi liberal Barat di perpustakaan provinsi. Periode meraba-raba itu, alih-alih menunjukkan kurangnya keputusan dalam karakter Mao, adalah cerminan dari situasi Tiongkok pada saat itu.

Penghapusan sistem ujian pegawai negeri sipil resmi pada tahun 1905 dan pengenalan sedikit demi sedikit dari pembelajaran Barat di sekolah modern, telah membuat kaum muda dalam keadaan tidak pasti tentang jenis pelatihan apa, China atau Barat, yang paling dapat mempersiapkan mereka untuk karir atau untuk melayani negara mereka.

Mao akhirnya lulus dari First Provincial Normal School di Changsha pada tahun 1918. Meskipun secara resmi merupakan lembaga tingkat menengah daripada pendidikan tinggi, sekolah tersebut menawarkan standar pengajaran yang tinggi dalam sejarah, sastra, dan filsafat Tiongkok serta dalam gagasan Barat.

Awal Cikal Bakal Partai Komunis

Selama di sekolah, Mao juga memperoleh pengalaman pertamanya dalam kegiatan politik dengan membantu mendirikan beberapa organisasi kemahasiswaan. Yang paling penting adalah New People’s Study Society, yang didirikan pada musim dingin 1917–18, banyak di antaranya kemudian menjadi anggota Partai Komunis.

Dari sekolah biasa di Changsha, Mao melanjutkan studinya ke Universitas Peking di Beijing, pusat intelektual terkemuka China --di mana ia belajar menjadi guru. Setengah tahun yang dihabiskannya di sana untuk bekerja sebagai asisten pustakawan sangat tidak proporsional dalam membentuk karir masa depannya, karena saat itulah dia berada di bawah pengaruh dua orang yang akan menjadi tokoh utama dalam pendirian CCP (Chinese Communist Part) atau Partai Komunis China (PKC): Li Dazhao dan Chen Duxiu.

Selain itu, ia mendapati dirinya berada di Universitas Peking menjelang May Fourth Movement pada 1919, yang sebagian besar merupakan sumber dari semua perubahan yang akan terjadi di Tiongkok pada setengah abad berikutnya.

Dalam arti terbatas, May Fourth Movement adalah nama yang diberikan kepada demonstrasi mahasiswa yang memprotes keputusan pada Konferensi Perdamaian Paris untuk menyerahkan bekas konsesi Jerman di provinsi Shandong ke Jepang alih-alih mengembalikannya ke China. Tetapi istilah itu juga membangkitkan periode perubahan politik dan budaya yang cepat, dimulai pada tahun 1915, yang mengakibatkan radikalisme Tiongkok meninggalkan liberalisme Barat karena Marxisme dan Leninisme, sebagai jawaban atas masalah Tiongkok dan berdirinya Partai Komunis Tiongkok pada tahun 1921.

Pergeseran dari bahasa tertulis klasik yang sulit dan esoteris menjadi sarana ekspresi sastra yang jauh lebih mudah diakses yang berpola pada pidato sehari-hari juga terjadi selama periode itu.

Pada saat yang sama, generasi baru dan sangat muda pindah ke tengah panggung politik. Yang pasti, demonstrasi pada tanggal 4 Mei 1919 itu dilancarkan oleh Chen Duxiu, namun para mahasiswa segera menyadari bahwa merekalah aktor utamanya. Dalam editorial yang diterbitkan pada Juli 1919, Mao Zedong menulis:

Dunia adalah milik kita, bangsa adalah milik kita, masyarakat adalah milik kita. Jika kita tidak berbicara, siapa yang akan berbicara?

 

 

 

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kejayaan hingga Akhir Hayat

Mengutip BBC History, pada tahun 1923, Kuomintang (KMT) nationalist party atau Partai Nasionalis Kuomintang (KMT) bersekutu dengan PKC untuk mengalahkan panglima perang yang menguasai sebagian besar Tiongkok utara. Kemudian pada tahun 1927, pemimpin KMT Chiang Kai-shek melancarkan pembersihan anti-komunis.

Mao dan anggota Partai Komunis lainnya mundur ke tenggara China. Pada tahun 1934, setelah KMT mengepung mereka, Mao memimpin para pengikutnya pada 'Long March', perjalanan sejauh 6.000 mil ke barat laut China untuk membangun pangkalan baru.

Partai Komunis China dan KMT sekali lagi bersekutu selama delapan tahun perang dengan Jepang (1937-1945), tetapi tak lama setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua, perang saudara pecah di antara mereka. Partai Komunis menang, dan pada 1 Oktober 1949 Mao memproklamasikan berdirinya Republik Rakyat China (RRC). Sementara Chiang Kai-shek melarikan diri ke pulau Taiwan.

Mao dan para pemimpin Komunis lainnya berangkat untuk membentuk kembali masyarakat Tiongkok. Industri berada di bawah kepemilikan negara dan petani China mulai diorganisir menjadi kolektif. Semua oposisi ditekan dengan kejam. Orang China awalnya menerima bantuan yang signifikan dari Uni Soviet, tetapi hubungan itu tak bertahan lama.

Pada tahun 1958, dalam upaya untuk memperkenalkan bentuk komunisme yang lebih 'China', Mao meluncurkan apa yang dikenal sebagai 'Great Leap Forward'. Bertujuan untuk mobilisasi massa tenaga kerja untuk meningkatkan produksi pertanian dan industri. Hal itu mengakibatkan penurunan besar-besaran hasil pertanian, bersama dengan panen yang buruk, menyebabkan kelaparan dan kematian jutaan orang.

Kebijakan itu ditinggalkan dan posisi Mao melemah.

Dalam upaya untuk menegaskan kembali otoritasnya, Mao meluncurkan Cultural Revolution atau Revolusi Kebudayaan pada tahun 1966, yang bertujuan untuk membersihkan negara dari unsur-unsur yang 'tidak murni' dan menghidupkan kembali semangat revolusioner. Satu setengah juta orang meninggal dan sebagian besar warisan budaya negara dihancurkan. Pada September 1967, dengan banyak kota di ambang anarki, Mao mengirim tentara untuk memulihkan ketertiban.

Mao pun terlihat menang, tetapi kesehatannya memburuk. Tahun-tahun terakhirnya melihat upaya untuk membangun jembatan dengan Amerika Serikat, Jepang dan Eropa. Pada tahun 1972, Presiden AS Richard Nixon mengunjungi China dan bertemu Mao.

Mao yang menikah empat kali dan memiliki total sepuluh anak, meninggal di usia 82 tahun pada 9 September 1976. 

Kematian Mao -- 10 menit setelah pergantian hari -- diumumkam Komite Pusat Partai Komunis China, Dewan Negara, Kongres Rakyat Nasional dan Komisi Urusan Militer Partai Komunis. Demikian dilansir dari BBC History.

Beberapa tahun bahkan beberapa bulan jelang kematian Chariman Mao, panggilan akrabnya, kondisi kesehatan sang pemimpin besar dilaporkan terus menurun.

Rokok menjadi penyebab utama kesehatan Mao menurun. Sudah bukan rahasia lagi, pria ini merupakan perokok berat.

Paru-paru dan jantungnya bermasalah akibat rokok. Beberapa informasi lainnya menyebut, Mao menderita parkinson di masa tuanya.

Sebelum meninggal, Mao terakhir kali menampakan diri di muka publik pada 27 Mei 1976 saat menerima lawatan Perdana Menteri Pakistan, Zulfikar Ali Bhutto.

Dikenang dan Tak Luput Kritik

Hingga hari ini, Mao tidak hanya diingat sebagai pendiri China modern namun, juga dianggap sang pemimpin besar.

Meski demikian, hal tersebut tidak membuat Mao lolos dari kritik. Pria kelahiran 26 Desember 1893 itu dituding memimpin dengan cara otoriter. Sejumlah kebijakannya disebut telah menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa.

Salah satu kebijakan kontroversial Mao adalah 'lompatan jauh ke depan' atau 'great leap forward'.

Dalam kebijakan tersebut Mao mendorong transformasi pertanian kolektif dan industrialisasi bertransformasi dengan cepat.

Akibatnya fatal. Kelaparan nasional menerjang China. Sebanyak 10 sampai 35 juta orang tewas.

Setelah Mao meninggal, kekosongan kepemimpinan menimbulkan masalah baru. Beberapa orang termasuk janda dari Mao mencoba merebut kekuasaan.

Tapi, langkah tersebut gagal. Janda Mao ditangkap dan diadili atas dakwaan kejahatan terhadap negara.

Akhirnya, setelah kekosongan terjadi kurang lebih dua tahun, Deng Xiaoping resmi menggantikan Mao dan mulai memimpin China pada 1978.

Laman Famous Daily menulis bahwa revolusioner komunis Tiongkok yang mendirikan Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 1949 dan pemerintahannya diperkirakan telah menyebabkan kematian sekitar 70 juta orang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.