Sukses

Turki: Vaksin COVID-19 dari Perusahaan Sinovac China 91,25 Persen Efektif

Peneliti Turki mengatakan, tidak ada efek samping utama yang terlihat selama percobaan vaksin COVID-19 Sinovac, selain dari satu orang yang memiliki reaksi alergi.

Liputan6.com, Ankara - Vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech dari China dilaporkan 91,25 persen efektif, menurut data sementara dari uji coba tahap akhir di Turki.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (25/12/2020) hasil ini berpotensi jauh lebih baik daripada yang dilaporkan dari uji coba vaksin terpisah di Brasil.

Peneliti Turki mengatakan, tidak ada efek samping utama yang terlihat selama percobaan mereka, selain dari satu orang yang memiliki reaksi alergi.

Efek samping yang umum disebabkan oleh vaksin tersebut adalah demam, nyeri ringan dan sedikit kelelahan, kata mereka.

Para peneliti di Brasil, yang juga menjalankan uji coba vaksin Fase 3 terakhir, mengatakan bahwa suntikan itu lebih dari 50 persen efektif, tetapi menahan hasil penuh atas permintaan perusahaan, menimbulkan pertanyaan tentang transparansi.

Uji coba Turki dimulai pada 14 September dan telah melibatkan lebih dari 7.000 sukarelawan, kata para peneliti, menambahkan hasil yang diumumkan pada Kamis didasarkan pada data dari 1.322 orang.

Sinovac adalah perusahaan vaksin China pertama yang merilis rincian dari uji klinis tahap akhir, mengikuti hasil positif dari produk saingan yang dikembangkan oleh Pfizer, Moderna dan AstraZeneca bulan lalu.

Para peneliti Turki bertemu Menteri Kesehatan Fahrettin Koca, mengatakan 26 dari 29 orang yang terinfeksi selama uji coba diberi plasebo. Dalam pertemuan itu juga disampaikan bahwa menambahkan uji coba akan terus berlanjut.

"Kami sekarang yakin bahwa vaksin itu efektif dan aman (untuk digunakan) pada orang-orang Turki," kata Koca, menambahkan Ankara akan menggunakan data untuk melisensikan vaksin tersebut.

Dia juga mengatakan bahwa para peneliti pada awalnya berencana untuk mengumumkan hasil setelah 40 orang terinfeksi, tetapi temuan tersebut menunjukkan bahwa para sukarelawan memiliki efek samping yang minimal setelah suntikan dan karena itu dianggap aman.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

50 Juta Dosis Vaksin

Turki telah setuju untuk membeli 50 juta dosis vaksin Sinovac dan menerima pengiriman pada 11 Desember tetapi pengirimannya ditunda.

Koca mengatakan, tiga juta dosis akan tiba pada Senin mendatang, menambahkan bahwa Turki akan memvaksinasi sekitar sembilan juta orang pada kelompok pertama, dimulai dengan petugas kesehatan.

Sementara itu, vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech dan Moderna menggunakan teknologi baru yang disebut RNA messenger sintetis (mRNA) untuk mengaktifkan sistem kekebalan terhadap virus dan membutuhkan penyimpanan yang jauh lebih dingin.

Perawatan Pfizer adalah suntikan COVID-19 pertama yang sepenuhnya teruji yang akan diberikan, dengan peluncuran sudah berlangsung di Inggris dan Amerika Serikat.

Koca mengatakan, Turki akan menandatangani kesepakatan dengan Pfizer-BioNTech untuk 4,5 juta dosis vaksin yang akan dikirim pada akhir Maret, dengan opsi untuk membeli 30 juta dosis lagi nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.