Sukses

Mulai Pulih Tapi Masih Terguncang, Sepenggal Cerita dari Wuhan Setahun Terdampak COVID-19

Organisasi Kesehatan Dunia baru-baru ini mengatakan bahwa "sangat spekulatif" untuk mengatakan virus Corona COVID-19 tidak muncul di Wuhan, China.

Liputan6.com, Wuhan - Dragon Boat Restaurant, sebuah tempat makan di Wuhan, China penuh pada Minggu malam kemarin. Antrean pengunjung terlihat saat mereka sedang menunggu masuk untuk menyantap makan malam.

Bagi Wu Cheng (28) sang pemilik restoran, ini adalah pemandangan yang disambut baik.

Sementara bisnis membaik, tingkat kerumunan pengunjung hanya 70 hingga 80 persen dari sebelumnya. Sebelum wabah COVID-19 menyerang.

Setelah menjadi pusat pandemi COVID-19 China, Wuhan saat ini berbeda dengan beberapa kota di seluruh dunia, yang telah menutup bar dan restoran lagi karena kebangkitan virus tersebut.

Kota berpenduduk 11 juta itu juga melaporkan kematian akibat COVID-19 di China, tetapi belum melaporkan kasus yang ditularkan secara lokal sejak Mei 2020.

"Pandemi telah mengubah pandangan orang terhadap konsumsi," kata Wu, penduduk asli Wuhan, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (24/12/2020).

"Beberapa orang mungkin masih keberatan datang ke tempat-tempat seperti restoran yang ramai."

Untuk menghilangkan kekhawatiran ini, restoran telah mengurangi jumlah meja di tempatnya. Dari 19 menjadi 15, guna menciptakan lebih banyak ruang di antara pengunjung. Namun hal ini berdampak pada perputaran orang yang datang.

Wu berpikir restoran tersebut juga kehilangan pelanggan karena ada lebih sedikit orang yang bekerja di Wuhan.

Kota itu lockdown selama 76 hari dari Januari hingga April, karena pihak berwenang berusaha menahan meningkatnya jumlah kasus COVID-19.

Wu memperkirakan, akan merugi sekitar US$ 45.000 tahun ini dan telah menunda rencana untuk membuka outlet kedua. Keputusan menyakitkan juga dibuat untuk memangkas biaya.

"Banyak dari staf kami sebelumnya menelepon (setelah lockdown) mengatakan bahwa mereka bersedia kembali bekerja, tetapi kami hanya bisa menolak mereka dengan lembut," kata Wu.

"Kami tidak punya pilihan karena semua orang mengalami kesulitan tahun ini. Saya merasa sedikit bersalah. Ini adalah keputusan yang sulit dibuat."

Rencana pengembangan bisnis bukan satu-satunya hal yang perlu dilakukan oleh Wu untuk disesuaikan. Sebelumnya, dia dan stafnya sering mengunjungi pasar grosir makanan laut Huanan untuk membeli bahan-bahan.

Tempat itu diyakini secara luas sebagai tempat Virus Corona COVID-19 pertama kali muncul.

Saat ini, barikade biru tinggi menghalangi pandangan publik terhadap pasar, yang tetap tertutup dan di luar batas.

"Kesan saya tentang Huanan adalah lingkungannya tidak terlalu bagus," kata Wu.

"Selain barang beku, mereka juga menjual produk segar seperti daging sapi, kambing, ikan, dan makanan laut."

Wu mengatakan, kios sejak itu telah dipindahkan ke pasar lain di pusat kota dan dia masih mendapatkan bahan-bahan untuk dikirim.

Dalam beberapa bulan terakhir, media pemerintah Tiongkok semakin mendorong narasi bahwa COVID-19 mungkin tidak berasal dari pasar makanan laut Huanan, atau bahkan Wuhan.

Sebaliknya, telah disarankan bahwa virus tersebut mungkin diimpor dari luar negeri melalui makanan dan kemasan beku.

Organisasi Kesehatan Dunia baru-baru ini mengatakan bahwa "sangat spekulatif" untuk mengatakan virus itu tidak muncul di Wuhan, China.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tantangan Pasca-Pandemi COVID-19

Panti Jompo dan Pusat Perawatan Lansia Renshoutang di Wuhan hanya berjarak 500 meter dari pasar makanan laut Huanan. Ketika berita tentang orang-orang yang jatuh sakit, hal itu menimbulkan peringatan.

Panti jompo itu menutup lokasinya pada 20 Januari, tiga hari sebelum Wuhan lockdown. 600 lansia dan 200 staf tetap tinggal di panti jompo, hampir enam bulan sebelum mereka diizinkan untuk keluar lagi.

"Pada saat itu, yang paling kami kurang dan butuhkan adalah sumber daya medis publik," kata wakil direktur pusat Tian Meng Jie.

"Seluruh sistem perawatan kesehatan Wuhan secara praktis berada pada titik puncaknya."

Selain kekurangan masker dan pakaian pelindung, Tian mengatakan, kelelahan juga menjadi perhatian utama staf yang mengambil peran ekstra untuk menjaga penghuni di fasilitas tersebut.

Sementara pandemi tampaknya terkendali di Wuhan saat ini, sebab panti jompo tidak mau mengambil risiko.

Kunjungan keluarga sekarang hanya dapat dilakukan di luar bangunan. Itupun seminggu sekali untuk jangka waktu terbatas. Lansia juga tidak lagi diizinkan meninggalkan tempat kecuali untuk alasan khusus.

Tindakan yang lebih ketat tersebut mengakibatkan sebagian penghuni memilih keluar dari panti jompo. Hal ini, ditambah dengan peningkatan biaya tindakan pencegahan, berarti fasilitas memperkirakan kerugian sekitar US $ 760.000 tahun ini.

"Perasaan kami ada banyak tantangan selama periode pasca-pandemi seperti yang terjadi selama wabah," kata Tian.

"Sebelumnya, semua masyarakat mengalami ini, banyak hal di luar kendali Anda, tetapi sekarang tekanan operasi dan perawatan medis perlu ditinjau ulang."

 

3 dari 4 halaman

Membawa Kembali Pariwisata

Otoritas China juga sedang berusaha untuk merayu wisatawan kembali ke Wuhan.

Kampanye yang ditujukan untuk pelancong domestik telah diluncurkan. Ini termasuk tiket masuk gratis ke tempat-tempat wisata dan video promosi baru yang menampilkan pemandangan dan hidangan terbaik kota.

"Tahun ini tidak mudah karena pandemi, dan sekarang, situasinya lebih stabil, dan kami pikir kami akan melihat-lihat pemandangan di sini," kata turis berusia 22 tahun Xie Xiaowei yang sedang berkunjung dari Guangzhou.

Otoritas Tiongkok juga melibatkan kelompok-kelompok seperti platform sosial yang berbasis di Beijing FCN untuk mempromosikan kota tersebut. Pada bulan Oktober, FCN menyelenggarakan tur ke Wuhan untuk orang asing yang tinggal di Tiongkok.

Orang asing dalam tur ini juga dibawa ke pameran yang diadakan oleh otoritas China - menampilkan Wuhan dan kesuksesan negara itu dalam menjinakkan pandemi.

"Ketika pandemi meletus di Wuhan, ada banyak pandangan di seluruh dunia, dan orang tidak memiliki pemahaman yang sangat akurat tentang Wuhan," kata Celine Liu, yang merupakan wakil manajer umum FCN.

"Pada bulan April lalu, dengan membaiknya situasi pandemi di China, FCN memiliki gagasan untuk membiarkan dunia mendengarkan Wuhan."

 

4 dari 4 halaman

Banyak Serigala, Tapi Tidak Cukup Daging

Tetapi beberapa bisnis yang bergantung pada turis mengatakan bantuan pemerintah mungkin perlu dilanjutkan untuk sementara waktu.

Wu Xin memiliki kedai yang menjual hidangan lokal, seperti mi kering dan panas khas Wuhan, di tempat wisata populer Hubu Alley.

Dia mengatakan, kelompok dengan insentif pemerintah membantu mereka. Tanpa mereka, jumlah turis mungkin hanya sekitar 10 persen dari sebelumnya.

"Ada kelompok tur manula yang datang, dan mereka mengatakan bahwa itu hanya karena subsidi pemerintah. Jika tidak, mereka tidak akan berani berkunjung karena sangat berbahaya pada saat itu," kata Wu.

"Tapi saya akan memberitahu mereka bahwa Wuhan tidak berbahaya. Seluruh penduduk telah diuji aman."

Selain turis, ada sekelompok pelanggan biasa lainnya yang secara mencolok mangkir dari kedai makanan Wu. Banyak mahasiswa kota harus tetap berada di kampus, sebagai bagian dari tindakan pencegahan COVID-19.

Lebih dari 18 juta orang mengunjungi Wuhan selama liburan Hari Nasional di bulan Oktober. Tetapi Jiang Shao, 30 tahun, yang memiliki sebuah hotel kecil di Hubu Alley, mengamati bahwa jumlah tersebut telah berkurang sejak awal musim dingin.

"Kami mengatakan ada banyak serigala, tetapi tidak cukup daging. Masih banyak hotel, tetapi turis tidak banyak," kata Jiang.

Dia mengaitkan ini dengan cuaca dingin, serta laporan terbaru tentang kasus lokal baru COVID-19 di beberapa bagian China.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.