Sukses

Taiwan Deteksi Kasus Baru COVID-19 Setelah 8 Bulan, Presiden Tsai Ing-wen Imbau Warga Tak Panik

Presiden Tsai Ing-wen mengimbau warga Taiwan agar tak panik, usai ditemukannya kasus baru COVID-19 setelah 8 bulan.

Liputan6.com, Taipei- Taiwan kembali melaporkan kasus baru Virus Corona COVID-19 yang ditularkan secara lokal sejak 12 April 2020. 

Menanggapi ditemukannya kasus infeksi itu, Presiden Tsai Ing-wen menghimbau warga Taiwan untuk tetap tenang, ketika pemerintah mengumumkan tes negatif sejauh ini untuk kontak pasien baru tersebut.

Diketahui bahwa Taiwan telah berhasil mengendalikan pandemi COVID-19 dengan baik berkat metode pencegahan dini dan efektif serta pemakaian masker yang meluas.

Dilansir Channel News Asia, Rabu (23/12/2020) semua kasus baru COVID-19 selama lebih dari 250 hari terakhir di Taiwan pun terjadi di antara para pelancong yang tiba di negara tersebut. 

Infeksi domestik terbaru itu dialami oleh seorang perempuan yang merupakan teman dari seorang pilot Selandia Baru yang dipastikan telah terinfeksi awal pekan ini.

Dengan imbauan masyarakat untuk tetap tenang dari munculnya kasus infeksi itu, Presiden Tsai Ing-wen juga memperingatkan warga t untuk tetap mengikuti petunjuk kesehatan resmi dan tidak menyebarkan berita palsu.

"Kasus ini memiliki sumber infeksi yang pasti," kata Presiden Tsai Ing-wen, seraya melanjutkan, " Diharapkan untuk tidak terlalu panik".

Dalam konferensi pers terpisah,Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung mengatakan 170 kontak perempuan itu telah menjalani tes COVID-19, dan hasilnya berujung negatif, sementara tiga lainnya sedang menunggu hasil tes.

Perempuan tersebut diketahui memiliki kontak dekat dengan pilot Selandia Baru itu, yang bekerja untuk EVA Airways Corp Taiwan dan dipastikan telah terinfeksi pada 20 Desember setelah penerbangannya ke Amerika Serikat.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemunculan Kasus Baru COVID-19 Tuai Kritikan Warga Taiwan

Pemerintah Taiwan dilaporkan mengkritik warga Selandia Baru karena tidak melaporkan dengan teliti semua kontak dan daftar tempat yang pernah dikunjungi, dan karena tidak mengenakan masker ketika diwajibkan.

Kemunculan kasus baru tersebut juga memicu kemarahan publik di Taiwan. 

Pemerintah di Taoyuan, yang merupakan lokasi bandara internasional utama Taiwan, mengatakan pada 22 Desember bahwa pihaknya akan mendenda pilot tersebut sebesar US$10.653 karena tidak mengikuti aturan pencegahan COVID-19.

Sejauh ini, Taiwan telah melaporkan total 777 kasus - yang sebagian besar adalah kasus impor - dan tujuh kematian akibat COVID-19.

Sementara itu, sekitar 130 pasien COVID-19 di Taiwan masih dirawat di rumah sakit.

Pemerintah Taiwan sejauh ini belum memutuskan untuk membatalkan perayaan Malam Tahun Baru, yang termasuk pesta kembang api di Taipei, tetapi mengatakan akan memantau situasi acara tersebut. 

3 dari 3 halaman

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.