Sukses

Dua Kardinal yang Dekat dengan Paus Fransiskus Dinyatakan Positif COVID-19

Dua orang Kardinal yang berinteraksi di dekat Paus Fransiskus telah dinyatakan positif COVID-19.

Liputan6.com, Vatikan - Dua orang kardinal yang berada dekat dengan Paus Fransiskus telah terjangkit virus corona, sumber Vatikan mengatakan Selasa (22/12).

Mengutip Channel News Asia, Rabu (23/12/2020), Kardinal Polandia Konrad Krajewski, yang bertanggung jawab atas yayasan paus, "dinyatakan positif COVID-19", kata juru bicara Vatikan Matteo Bruni.

Pria berusia 57 tahun itu, yang dikenal sebagai "Robin Hood" atas pekerjaannya dengan orang miskin dan tunawisma, menderita gejala pneumonia dan saat ini sedang diawasi di sebuah rumah sakit di Roma.

Para pejabat masih berusaha mengidentifikasi kontaknya baru-baru ini, tetapi dia diketahui sering bertemu dengan Paus Fransiskus.

Kardinal Giuseppe Bertello (78) Gubernur Kota Vatikan, dinyatakan positif dan diyakini mengisolasi diri di rumahnya di Vatikan, kata sumber Vatikan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Interaksi dengan Paus Fransiskus

Tidak segera jelas apakah salah satu atau keduanya menghadiri acara pada hari Senin, di mana anggota administrasi pusat Vatikan, yang dikenal sebagai Kuria, bertukar salam Natal dengan paus.

Krajewski menghabiskan sebagian besar waktunya di jalan-jalan di luar Kota Vatikan untuk membantu populasi tunawisma di Roma. Atas permintaan Paus Fransiskus, dia telah mendirikan klinik, fasilitas mandi dan layanan lain untuk para tunawisma di dekat Lapangan Santo Petrus.

Dia juga sangat aktif dengan organisasi amal Italia yang membantu orang miskin dan tunawisma di seluruh Italia.

Paus Fransiskus yang kini berusia 84 tahun, dikenal karena cintanya untuk dekat dengan umat beriman, masih enggan mengenakan masker meskipun pandemi yang melanda Italia sangat parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.