Sukses

Susul AS dan Inggris, Uni Eropa Bakal Suntik Vaksin COVID-19 Massal Mulai 27 Desember

Uni Eropa sepakat akan memulai vaksinasi massal pada 27 Desember menggunakan vaksin Pfizer-BioNTech.

Liputan6.com, Amsterdam - Uni Eropa bersiap untuk memulai vaksinasi massal terhadap COVID-19 pasca-Hari Raya Natal, setelah suntikan yang dikembangkan oleh Pfizer dan mitranya dari Jerman, BioNTech, menyelesaikan rangkaian tahapan aturan pada Senin 21 Desember 2020.

Mengutip Channel News Asia, Selasa (22/12/2020), negara-negara Uni Eropa termasuk Jerman, Prancis, Austria dan Italia telah mengatakan mereka berencana untuk memulai vaksinasi mulai 27 Desember karena Eropa berusaha mengejar ketertinggalan dari Amerika Serikat dan Inggris, dimana vaksinasi COVID-19 telah dimulai pada awal bulan ini. 

Setelah mendapatkan lampu hijau dari European Medicines Agency (EMA), Komisi Eropa memberikan persetujuan akhir pada Senin malam untuk vaksin COVID-19 pertama bagi UE.

Presiden Komisi Ursula von der Leyen mengatakan dosis akan tersedia untuk semua negara UE, pada waktu dan kondisi yang sama.

"Hari ini kami menambahkan satu bab penting untuk kisah sukses Eropa. Kami menyetujui vaksin pertama yang aman dan efektif melawan COVID-19. Lebih banyak vaksin akan segera tersedia," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Distribusi Vaksin ke Negara Uni Eropa

Pfizer dan BioNTech mengatakan mereka siap untuk segera mengirimkan dosis awal vaksin, yang diberi merek di Uni Eropa (UE) sebagai Comirnaty, ke 27 negara anggota UE.

Dosis vaksin untuk Eropa akan diproduksi di lokasi produksi BioNTech di Jerman, dan lokasi produksi Pfizer di Puurs, Belgia, kata perusahaan tersebut.

Menteri Kesehatan Italia Roberto Speranza memuji persetujuan tersebut dan menyebutnya sebagai "berita yang kami tunggu-tunggu".

"(Itu) membuka fase baru dan memberi kami lebih banyak kekuatan dan kepercayaan diri" dalam menangani pandemi yang telah menewaskan ratusan ribu orang Eropa, katanya.

Persiapan peluncuran vaksin dilakukan ketika identifikasi jenis baru Virus Corona COVID-19 yang sangat menular di Inggris menyebabkan kekacauan di seluruh kawasan, dengan negara-negara menutup hubungan perjalanan dengan Inggris dan mengganggu perdagangan menjelang liburan Natal.

Pejabat EMA mengatakan kemungkinan besar vaksin itu akan bekerja melawan varian baru Virus Corona COVID-19.

Direktur eksekutif EMA Emer Cooke mengatakan akan membutuhkan waktu lama untuk menyuntik 450 juta orang dari 27 negara UE.

"Vaksin saja tidak akan menjadi peluru perak yang akan memungkinkan kita untuk kembali ke kehidupan normal, tetapi otorisasi vaksin pertama ini jelas merupakan langkah besar ke arah yang benar dan indikasi bahwa tahun 2021 bisa lebih cerah dari tahun 2020," katanya.

3 dari 5 halaman

Skema Vaksinasi Uni Eropa

Petugas medis, pelajar, pensiunan dokter, apoteker, dan tentara sedang dipersiapkan untuk kampanye vaksinasi Eropa dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pendekatan bertahap berarti petugas perawatan kesehatan garis depan dan penghuni panti jompo akan diprioritaskan, dengan sebagian besar skema nasional tidak menjangkau masyarakat umum hingga akhir kuartal pertama 2021 paling cepat.

EMA telah memulai tinjauan bergulir atas data awal dari uji coba Pfizer pada 6 Oktober dalam upaya untuk mempercepat proses persetujuan yang biasanya memakan waktu setidaknya tujuh bulan.

Izin EMA, awalnya diberikan sebagai persetujuan pemasaran bersyarat (CMA), berlaku selama satu tahun dan dapat diperbarui setiap tahun. 

Ini dapat diubah menjadi otorisasi pemasaran standar setelah pemeriksaan data lebih lanjut. Selain itu, izin tersebut akan berlaku selama lima tahun tetapi dapat diperpanjang untuk validitas tidak terbatas.

Prosesnya memakan waktu lebih lama daripada otorisasi darurat ultra-cepat yang diberikan oleh Inggris, negara barat pertama yang mendukung suntikan COVID-19.

4 dari 5 halaman

Suplai Vaksin untuk UE

Sejauh ini Uni Eropa telah memesan 200 juta dosis suntikan Pfizer-BioNTech, cukup untuk memvaksinasi 100 juta orang dan telah membayar 15,50 euro ($ 18,90) per dosis.

UE juga akan membeli tambahan 100 juta dengan jadwal pengiriman masih harus dinegosiasikan.

Pejabat EMA membantah adanya campur tangan politik dan membela kecepatan proses persetujuan.

"Fokusnya secara eksklusif pada sains, ada terlalu banyak negara-negara anggota yang terlibat yang akan melihat ke dalam sains sehingga memungkinkan adanya pemutihan atau adaptasi politik," kata Harald Enzmann, ketua Komite Obat-obatan Manusia (CHMP) EMA.

5 dari 5 halaman

Infografis Negara yang Gratiskan Vaksin COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.