Sukses

Ahli: Nyeri Saat Menstruasi Rasanya Sama Seperti Terkena Serangan Jantung

Seorang dokter mengeluarkan sebuah fakta mencengangkan soal menstruasi. Ia mengatakan, sakit saat datang bulan rasanya bisa sama seperti sakit terkena serangan jantung.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin seluruh wanita memahami bahwa sakit saat haid rasanya seperti ada seseorang yang memukul-mukul perut. Di mana pada saat yang bersamaan, kita merasa ingin menangis atau marah terus-menerus.

Seorang dokter mengeluarkan sebuah fakta mencengangkan soal menstruasi. Ia mengatakan, sakit saat datang bulan atau dismenorea, rasanya bisa sama seperti sakit terkena serangan jantung.

"Sakitnya hampir sama seperti serangan jantung," demikian ujar Profesor dari University College London, John Guillebaud, seperti dikutip dari Independent, Selasa (22/12/2020).

Sakit haid seperti ini dialami sekitar 1 dari 5 perempuan. Namun, banyak dokter tak menghiraukan sakit tersebut dan tak meresepkan obat pereda nyeri menstruasi.

Endometriosis, penyebab kedua nyeri saat haid, diperkirakan terjadi pada 1 dari 10 perempuan. Endometriosis adalah penyakit di mana jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium, tumbuh di luar leher rahim.

Mereka yang mengalami endometriosis akan merasakan sakit menstruasi yang teramat sangat, lelah, masalah pada usus dan kandung kemih, bahkan infertilitas.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Lain...

Rata-rata, seorang wanita membutuhkan waktu tujuh setengah tahun hingga mereka sadar bahwa dirinya mengalami endometriosis. Hal itu disebabkan kurangnya penelitian, kesadaran, dan pilihan pengobatan yang terbatas.

Demikian juga penyebab dismenorea masih belum sepenuhnya dipahami.

Peneliti Dr Annalise Weckesser mengatakan, budaya diam saat haid menyebabkan kondisi seorang perempuan menjadi "terbengkalai" dari tindakan medis yang seharusnya dibutuhkan.

"Ada sejarah panjang di mana perempuan tak menganggap serius nyeri haid dan bahkan menulisnya sebagai histeria (gangguan mental yang timbul dari kecemasan intens). Pengetahuan perempuan muda tentang menstruasi sangat buruk," ujar Weckesser.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.