Sukses

Diinjak Gajah hingga Dijilat Kambing, 5 Hukuman Aneh dan Mengerikan dalam Sejarah

Beberapa hukuman dianggap memiliki tingkat keanehan yang hampir luas dan biasanya rumit, kejam, dan nyata.

Liputan6.com, Jakarta - Jika ada satu hal yang aneh dan kejam yang dilakukan umat manusia selama sejarahnya, itu adalah cara memberlakukan hukuman bagi pihak yang melanggar aturan.

Dalam setiap budaya dan setiap generasi, kita telah melihat beberapa metode yang paling kreatif, dan seringkali kejam, untuk memberlakukan hukuman dan mengoreksi perilaku manusia itu sendiri.

Beberapa hukuman dianggap memiliki tingkat keanehan yang hampir luas dan biasanya rumit, kejam, dan nyata.

Berikut sejumlah hukuman yang dianggap aneh dan kecam di masa lampau, dikutip dari laman toptenz, Senin (21/12/2020):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Disiksa oleh Gajah

Jika Anda membuat daftar semua hewan yang tidak Anda inginkan untuk berdiri di atas tubuh Anda di dunia, mungkin itu adalah gajah.

Gajah Afrika dewasa dapat memiliki berat sekitar enam ton. Dapat dikatakan bahwa jika gajah menginjak Anda, Anda akan mati cukup cepat setelah mengalami sekejap penderitaan. Itulah mengapa itu pernah digunakan sebagai hukuman.

Ada bukti bahwa diinjak-injak gajah digunakan sebagai hukuman di Roma Kuno, tetapi lebih sering digunakan di India dan di seluruh Asia Tenggara. Praktik ini berlangsung selama beberapa abad dan benar-benar tidak disukai oleh pengaruh Inggris melalui India pada abad ke-19.

 

3 dari 6 halaman

2. Elang Viking

Kebenaran tentang cara hidup Viking mungkin tidak akan pernah diketahui sepenuhnya. Fiksi telah mengaburkan banyak fakta seputar kehidupan para pejuang Nordik ini, dan catatan tertulis yang mereka tinggalkan diketahui dibesar-besarkan dari waktu ke waktu.

Sampai hari ini masih ada perdebatan tentang apakah blood eagle, salah satu hukuman Viking yang paling berbahaya dan mengerikan yang pernah dibuat adalah nyata atau fiksi. Menurut setidaknya satu kisah, raja Northumbria menjadi korban metode eksekusi brutal ini.

Korban akan diikat dengan punggung telanjang terbuka. Seekor elang dengan sayap terentang akan secara harfiah memangsa daging mereka. Pada saat itu, sebuah kapak akan digunakan untuk menancapkan tulang rusuk di sepanjang tulang belakang.

 

4 dari 6 halaman

3. Poena Cullei

Bentuknya paling kejam namun membingungkan, hukuman ini dimasukkan ke dalam karung bersama sejumlah hewan hidup dan kemudian dibuang ke sungai.

Poena Cullei diterjemahkan menjadi 'hukuman karung,'. Dikatakan sebagai hukuman untuk kejahatan pembunuhan, korban akan dimasukkan ke dalam karung dan setidaknya dalam satu keterangan disertai dengan ular berbisa, ayam jantan, monyet, dan anjing.

Agaknya, jika hukuman ini dilakukan seperti yang dijelaskan, korban akan digigit dan dicakar dengan kejam oleh hewan-hewan itu karena mereka semua berjuang untuk melarikan diri agar tidak tenggelam.

 

5 dari 6 halaman

4. Dijilat oleh Kambing

Kambing dianggap sebagai hewan menggemaskan dan semua orang menyukainya. Itu hanya karena kita tidak memahami masa lalu. Ada beberapa bukti, walaupun mungkin sedikit, bahwa kambing pernah digunakan sebagai alat untuk penyiksa.

Terdakwa akan diikat dan kaki mereka akan ditutupi dengan sesuatu yang biasa seperti air asin. Kambing akan masuk dan menjilat air asin dari kaki terdakwa. Sejauh ini bagus. Faktanya, ini disebut penyiksaan menggelitik.

Meskipun awalnya akan menggelitik, seiring waktu tekstur kasar lidah kambing akan menjadi abrasif dan akan berubah dari rasa geli yang tidak nyaman menjadi rasa sakit yang tak terhentikan.

 

6 dari 6 halaman

5. Scold’s Bridle

Scold’s Bridle pada dasarnya adalah alat berupa masker bagi manusia. Masker wajah yang terbuat dari besi dengan kerangka yang akan membuatnya tetap menempel di kepala Anda, itu adalah cara untuk mempermalukan seseorang di depan umum karena semua orang akan melihat Anda memakainya, dan idenya adalah untuk menutup mulut wanita yang dianggap gosip.

Hampir keseluruhan topeng itu tidak berguna untuk tujuan yang dimaksudkan. Kata "kekang" adalah yang memberi Anda petunjuk tentang bagaimana benda ini bekerja, karena ia akan mengekang mulut orang yang memakainya.

Orang tersebut tidak dapat berbicara. Keseluruhan topeng itu ada di sana untuk menjaga bibir tak bergerak dan tetap di tempatnya, tetapi juga untuk mempermalukan orang yang memakainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini