Sukses

Dukung Kampus Merdeka, Unpad Adopsi Program Active Citizen British Council

Meningkatkan kapasistas mahasiswa bersama British Council dan Universitas Padjajaran.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar untuk lingkup perguruan tinggi dengan tajuk Kampus Merdeka. Untuk mendukung visi dan kebijakan Kampus Merdeka, Universitas Padjadjaran (Unpad) dan British Council juga mengenalkan inovasi mata kuliah baru bernama 'Olah Kreatifitas dan Kewirausahaan'.

Mata kuliah itu dikembangkan dengan mengadopsi program Active Citizen British Council, dan sebanyak 6.000 mahasiswa telah menyelesaikan mata kuliah tersebut. Program Active Citizen memiliki tujuan untuk menyiapkan mahasiswa agar mampu mengembangkan rasa percaya diri dan empati, menghargai pendapat serta situasi orang lain serta memahami lebih mendalam berbagai macam sistem di masyarakat.

Mahasiswa juga menyelenggarakan pameran proyek aksi sosial yang dilakukan dengan mengikuti alur dari pembelajaran silabus Active Citizen.

"Berbagai macam proyek aksi sosial yang ditampilkan hari ini menandakan momentum spesial mengetahui bahwa generasi muda Indonesia bersemangat untuk menciptakan masyarakat yang lebih inklusif," kata Direktur British Council Indonesia Hugh Moffatt,  Jumat (18/12/2020).

Khusus saat pandemi COVID-19, sambungnya, hal ini menunjukkan kekuatan dan resiliensi dalam upaya menyelesaikan tantangan SGD di tengah masyarakat melalui berbagai macam persoalan sosial. Di antaranya penanganan pandemi COVID-19, perubahan iklim dan isu lingkungan, literasi, kesehatan mental hingga penguatan komunitas.

"Saya terinspirasi oleh beragamnya dampak dari aksi sosial ini di tengah masyarakat. Program Active Citizen British Council telah memberikan berbagai pelatihan kepemimpinan bagi ratusan ribu orang di seluruh dunia dan menanggapi beberapa tantangan besar sosial di abad ke-21," ungkap Moffat.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program Global Bernama Active Citizen

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins juga mengatakan, kerja sama pada bidang pendidikan ini merupakan salah satu bagian yang paling menarik dari hubungan Indonesia dan Inggris.

"Ketika saya bertemu dengan Presiden Jokowi tahun lalu, beliau menekankan bahwa kemungkinan besar sektor ini merupakan area penting dalam mengembangkan hubungan Inggris dan Indonesia. Membangun rasa percaya diri dan empati mahasiswa agar mereka mampu untuk memberi pengaruh positif dan membagun komunitas merupakan upaya yang sangat berharga," ujar Owen.

Active Citizen merupakan sebuah program global yang digagas British Council, untuk memberikan pelatihan mengenai kepemimpinan sosial untuk anggota masyarakat ataupun komunitas, yang direncanakan dan dilakukan masyarakat secara sendiri. Di Indonesia sendiri, pelaksanaan Active Citizen ini sudah dilakukan pada bulan Oktober 2016, dengan memberikan pilihan untuk universitas, organisasi, korporasi, dan usaha sosial tentang bagaimana dapat bekerja, berkolaborasi dan berkontribusi kepada komunitas, agar dapat menyelesaikan suatu persoalan dan meraih dampak positif untuk masyarakat.

Mata kuliah 'Olah Kreativitas dan Kewirausahaan' ini wajib untuk mahasiswa tahun pertama. Dengan mengikutin alur dari pembelajaran Active Citizen, mahasiswa akan memulai pembelajaran denan membangun empati dan rasa percaya diri, yang kemudian akan dituangkan kedalam proses perencanaan dan pelaksanaan aksi sosial, yang kemudian akan meningkatkan suatu pemahaman mereka mengenai masyarakat.

 

Reporter: Romanauli Debora

3 dari 3 halaman

Infografis Seluk-beluk Tes Medis Corona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.