Sukses

Warga Sichuan China Mulai Disuntik Vaksin Virus Corona COVID-19 pada Awal 2021

China berencana untuk mulai membuka program vaksinasi COVID-19 kepada warga Provinsi Sichuan pada awal 2021.

Liputan6.com, Beijing- China berencana untuk mulai membuka program vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat di provinsi barat daya Sichuan pada awal 2021. Rencana itu dilakukan meski penggunaan vaksin di China belum menerima persetujuan resmi.

Dilaporkan Channel News Asia, Jumat (18/12/2020) setidaknya satu juta orang telah menerima vaksin COVID-19 di China, setelah kandidat vaksin disetujui untuk "penggunaan darurat".

Namun sejauh ini, jumlah penerima   vaksin masih dibatasi dengan hanya kelompok prioritas seperti pegawai negeri dan pelajar internasional sebagai penerima awal. 

Dalam tahap akhir pengembangan, China memiliki lima kandidat vaksin COVID-19, namun belum ada yang mendapat persetujuan resmi dari pihak berwenang dan hasil uji coba tahap akhir masih belum dipublikasikan.

Seorang pejabat kesehatan provinsi Sichuan mengungkapkan kepada media lokal bahwa vaksin COVID-19 akan diberikan kepada masyarakat umum di wilayah tersebut setelah liburan tahun baru Imlek pada Februari 2021. 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

118.000 Dosis Vaksin COVID-19 Telah Tiba di Sichuan

Para pejabat setempat mengatakan pada 17 Desember bahwa 118.000 dosis vaksin telah tiba di provinsi itu, dengan rencana untuk memvaksinasi semua kelompok berisiko tinggi pada 5 Februari sebelum meluncurkan program tersebut ke seluruh populasi.

Namun, mereka belum memberikan informasi lebih lanjut terkait kandidat vaksin mana yang akan digunakan. 

Sichuan adalah provinsi pertama yang menguraikan jadwal rencana vaksinasi untuk masyarakat umum di China.

Diketahui bahwa Virus Corona COVID-19 - yang pertama kali muncul di China akhir 2019 lalu - sebagian besar telah dikendalikan di negara tersebut, meski masa ada sebagian wabah domestik yang terjadi. 

Dalam beberapa pekan terakhir, Sichuan telah dilanda sekelompok kecil kasus COVID-19 dengan satu infeksi virus lagi yang dilaporkan pada Jumat (18/12) waktu setempat. 

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Deretan negara yang gratiskan vaksin COVID-19 ke warganya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.