Sukses

Joe Biden Calonkan Deb Haaland, Keturunan Suku Asli Amerika Jadi Mendagri AS

Joe Biden menominasikan seorang keturunan suku asli Amerika, Deb Haaland sebagai Menteri Dalam Negeri AS.

Liputan6.com, Washington D.C- Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden menominasikan seorang perempuan keturunan suku asli Amerika, Deb Haaland sebagai Menteri Dalam Negeri AS. 

Deb Haaland (60) kini duduk di kursi DPR AS dari daerah pemilihan Distrik Pertama New Mexico.

Jika dikonfirmasi nantinya, Haaland akan menjadi keturunan suku asli Amerika pertama yang memimpin Departemen Dalam Negeri AS, yang juga memainkan peran kunci dalam urusan warga keturunan asli Amerika, seperti dikutip dari BBC News, Jumat (18/12/2020). 

Dia juga akan menjadi warga keturunan suku asli Amerika pertama dalam peran sekretaris kabinet.

Sebelumnya, kelompok hak asasi asli suku asli Amerika dan Partai Demokrat yang progresif telah mendorong pencalonan Haaland dalam beberapa pekan terakhir.

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip di New York Times, Haaland mengatakan bahwa dirinya turut bangga jika ia benar-benar menjadi Menteri Dalam Negeri AS dan berjanji akan memperbaiki hubungan pemerintah negara tersebut dengan warga dari suku-suku asli Amerika.

"Dan bertugas sebagai anggota kabinet dari suku asli Amerika pertama dalam sejarah negara kita," ujar Haaland.

Haaland diketahui berasal dari suku Laguna Pueblo. Ia sebelumnya juga telah membuat sejarah sebagai salah satu dari dua perempuan keturunan suku asli Amerika pertama yang terpilih menjadi anggota DPR AS pada 2018.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran Kunci dalam Kebijakan Lingkungan di Pemerintahan Joe Biden

Selain itu, Ketua DPR AS dari Demokrat, Nancy Pelosi juga menggambarkan Haaland sebagai salah satu anggota DPR yang paling dihormati.

Anggota DPR dari Partai Demokrat yang progresif, Alexandria Ocasio-Cortez, pun memuji pencalona Haaland sebagai hal yang "bersejarah di berbagai tingkatan".

"Dia membawa komitmen pada iklim dan keadilan di posisi itu, dan bobot historis dengan memiliki seorang perempuan keturunan suku asli Amerika, tidak kurang dari yang progresif, bertanggung jawab atas wilayah federal adalah hal yang begitu besar," tutur Ocasio-Cortez. 

Sebagai Menteri Dalam Negeri, Haaland akan memainkan peran kunci dalam menerapkan kebijakan lingkungan di pemerintahan Biden. 

Hal itu pun termasuk janji untuk menjauhkan pemerintah federal AS dari bahan bakar fosil. 

Calon Mendagri AS tersebut pun juga memiliki pengalaman baiknya selama dua tahun di Komite Sumber Daya Alam DPR AS.

Secara keseluruhan, Haland akan mengawasi 500 juta hektar tanah federal, 62 taman nasional serta bekerja dengan 1,9 juta warga keturunan suku Amerika dari 574 suku yang diakui secara federal di AS. 

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.