Sukses

Mana yang Lebih Tepat, Sikat Gigi Sebelum atau Setelah Sarapan? Ini Kata Ahli

Ada banyak perdebatan tentang apakah harus sikat gigi sebelum atau sesudah makan sarapan. Mana yang benar menurut Anda?

Liputan6.com, Jakarta - Menyikat gigi memang penting, tetapi tidak banyak orang yang tahu bahwa menyikat gigi terlalu sering dapat merusak email. Ada hal-hal kecil yang kita lakukan setiap hari yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan gigi kita.

Ada banyak perdebatan tentang apakah Anda harus menyikat gigi sebelum atau sesudah makan sarapan. Jadi, Bright Side melakukan penelitian dan memutuskan untuk mengakhiri debat panjang terkait gigi untuk selamanya.

Berikut selengkapnya seputar menyikat gigi yang mesti Anda ketahui seperti dikutip dari laman Bright Side, Kamis (17/12/2020):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Waktu terbaik untuk menyikat gigi menurut para ahli

Untuk menjaga rutinitas, banyak orang menetapkan waktu tertentu untuk menyikat gigi setiap hari. Yang paling umum adalah menyikat gigi setiap pagi setelah bangun tidur dan setiap malam sebelum tidur.

Tetapi apakah sikat pagi itu harus dilakukan sebelum atau sesudah sarapan? Para ahli menyatakan bahwa Anda harus selalu menyikatnya sebelum.

3 dari 5 halaman

2. Kelebihan menyikat gigi sebelum sarapan

Saat Anda tidur, bakteri di mulut Anda berkembang biak. Bakteri yang sama ini bertanggung jawab atas plak dan itulah sebabnya Anda selalu terbangun dengan rasa tidak enak di mulut dan bau mulut.

Jika Anda menyikat gigi segera setelah bangun tidur, gigi Anda mendapatkan lapisan fluorida sebelum Anda makan, sesuatu yang membantu Anda menghindari plak dan bakteri ini masuk ke makanan sarapan yang akan Anda makan.

 

4 dari 5 halaman

3. Kontra menyikat gigi setelah sarapan

Selain itu, juga tidak disarankan untuk menyikat gigi minimal 30 menit setelah Anda baru saja mengonsumsi sesuatu yang bersifat asam, seperti roti panggang, kopi, dan jus jeruk.

Menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan dapat memengaruhi enamel gigi Anda dan itulah mengapa penelitian menunjukkan bahwa menyikat gigi sebelum sarapan lebih baik. Jadi pastikan untuk mengingat ini saat Anda bangun besok.

 

5 dari 5 halaman

4. Tips bagi yang masih suka menyikat setelah sarapan

Jika menyikat gigi setelah makan masih pas untuk hari Anda, setidaknya pastikan untuk mengikuti tips berikut agar Anda dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut:

- Tunggu antara 30 menit hingga satu jam setelah makan sebelum Anda menyikat.

- Untuk membersihkan gigi dan memiliki rasa yang lebih enak di mulut, minumlah segelas air atau kunyah permen karet bebas gula.

- Hati-hati dengan makanan dan minuman asam (roti, kue kering, buah kering, buah jeruk, dan jus jeruk) dan jika Anda memakannya saat sarapan, pastikan untuk menunggu sedikit lebih lama sebelum menyikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.