Sukses

Selain Indonesia, Ini Deretan Negara yang Gratiskan Vaksin COVID-19

Presiden Jokowi mengumumkan bahwa vaksin COVID-19 akan gratis bagi rakyat Indonesia. Ini deretan negara yang juga gratiskan vaksin.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan vaksin COVID-19 akan gratis bagi seluruh rakyat Indonesia. Kebijakan ini diambil setelah Jokowi mendengarkan masukan dan adanya kalkulasi ulang. 

Ia lantas memerintahkan agar pemerintah daerah dan Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadikan vaksinasi sebagai prioritas pada tahun anggaran 2021.

"Saya sampaikan bahwa vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis tidak dikenakan biaya sama sekali," kata Presiden Jokowi secara virtual, Rabu (16/12/2020). 

Pada video itu, Jokowi belum menyampaikan detail anggaran untuk vaksin gratis. 

Indonesia kini menjadi salah satu negara yang menggratiskan vaksin COVID-19. Berikut negara-negara yang sudah memberikan komitmen serupa:

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Daftar Negara Gratiskan Vaksin COVID-19:

1. Jepang 

Pemerintah Jepang telah meloloskan revisi UU bahkan vaksin akan gratis. Jepang memesan vaksin Pfizer. 

2. Rusia 

Presiden Rusia Vladimir Putin berjanji akan menggratiskan vaksin Sputnik V. Gamaleya Center menargetkan agar tahun depan mayoritas warga bisa divaksin. 

3. Amerika Serikat 

Presiden Donald Trump melalui Operation Warp Speed berkata vaksin COVID-19 akan gratis di AS. Selain vaksin Pfizer, namun Trump juga memesan vaksin buatan Moderna dan Johnson & Johnson. 

4. Arab Saudi 

Kerajaan Arab Saudi berkomitmen menggratiskan vaksin bagi seluruh warganya. Pendaftaran vaksin gratis bahkan sudah dibuka. Saudi telah memberi izin ke vaksin Pfizer.

5. Belgia 

Pemerintah Belgia berjanji vaksin COVID-19 akan gratis bagi warga. Vaksin Pfizer rencananya akan siap pada Januari 2021. 

3 dari 5 halaman

Belgia hingga Singapura

 

6. Bahrain

Pemerintah Bahrain telah meloloskan uji klinis pada Pfizer dan Sinovac. Vaksin akan diberikan gratis bagi seluruh warga. 

7. Singapura 

Singapura menggratiskan vaksin COVID-19 agar semua masyarakat mau ikut, termasuk long-term resident. Vaksin yang dipesan Singapura adalah Pfizer, Moderna, Sinovac, serta ada vaksin buatan lokal. 

8. Prancis 

Prancis berkata semua warga yang berada di sistem jaminan sosial akan mendapat vaksin secara gratis. Prancis merupakan bagian dari Uni Eropa yang bekerja sama dengan Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca.

9. Bangladesh 

Bangladesh memesan vaksin dari AstraZeneca. Targetnya yakni 30 juta rakyat akan divaksin. 

10. Kamboja

Kamboja memesan vaksin dari COVAX. Pemerintah berkata tidak mau vaksin yang belum disetujui WHO.

4 dari 5 halaman

Bangladesh

 

11. Malaysia 

Negeri jiran Malaysia berjanji untuk memberikan vaksin gratis, kecuali untuk orang asing. Malaysia memesan vaksin Pfizer. 

12. Maroko 

Raja Maroko memerintahkan agar vaksinasi dilaksanakan secara gratis. Vaksin yang dilirik Maroko adalah AstraZeneca dan Sinopharm 

13. Kanada 

Kanada memiliki pasokan vaksin yang banyak. People's Vaccine Alliance bahkan menuding Kanada menumpuk hingga bisa melakukan vaksin hingga lima kali. Kanada memesan vaksin Pfizer. 

14. Inggris

Inggris adalah negara pertama di dunia yang menggelar vaksinasi bagi masyarakat dengan Pfizer. Namun, Inggris juga mengembangkan vaksin Oxford-AstraZeneca.  

15. Australia

Australia menggratiskan vaksin secara federal. Vaksin yang dipesan di antaranya yakni Oxford-AstraZeneca, Novavax, Pfizer-BioNTech, dan COVAX Facility.  

16. Mesir  

Rakyat Mesir akan disediakan vaksin COVID-19 buatan Sinopharm secara gratis. Mesir juga memesan vaksin dari COVAX.

5 dari 5 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.