Sukses

Mirip Tes Kehamilan, Kini Deteksi COVID-19 dengan Akurat Bisa di Rumah

AS mengizinkan alat tes COVID-19 yang bisa dipakai di rumah. Hasil tes ini diharapkan meringankan beban laboratorium.

Liputan6.com, Washington, D.C. - Warga Amerika Serikat segera bisa membeli alat tes COVID-19 yang bisa dipakai di rumah. Hasil rapid test ini bisa keluar sekitar 15 menit.

Alat tes COVID-19 itu diproduksi oleh Ellume asal California. Cara teknologinya disebut seperti alat tes kehamilan.

Pihak Food and Drug Administration atau FDA (BPOM AS) menyebut bahwa alat ini merupakan sebuah pencapaian besar. Diharapkan beban laboratorium bisa berkurang.

"Kami membantu akses warga Amerika untuk memperluas pengujian, mengurangi beban pada laboratorium dan pasokan tes, dan memberikan warga Amerika lebih banyak opsi testing dari kenyamanan dan kemanan rumah mereka," ujar komisioner BPOM AS Stephen Hah seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (16/12/2020).

Harga alat tes COVID-19 ini seharga US$ 30 (Rp 424 ribu). Rencananya, Ellume akan mengedarkan tiga juta unit pada Januari 2021, lalu jutaan unit tambahan akan menyusul.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teknologi seperti Alat Tes Kehamilan

Alat ini termasuk jenis tes antigen, sehingga berbeda dari rapid test yang mengambil darah di ujung jari yang kurang bisa diandalkan.

Teknologi yang digunakan disebut mirip tes kehamilan di rumah. Cara pakainya mirip dengan nasal swab tetapi tidak terlau dalam sehingga lebih nyaman.

Sampelnya kemudian dimasukan ke cartridge sekali pakai.

Menurut situs resmi Ellume, alat tes ini bisa digunakan untuk orang dewasa hingga anak-anak berusia 2 tahun ke atas. 

Alat tes Ellume turut disertai aplikasi di smartphone untuk memandu pengguna dalam mendeteksi, serta memberikan hasil selama 15 menit atau kurang.

3 dari 4 halaman

Tingkat Akurasi

Tes Ellume bersifat rapid test, tetapi memiliki tingkat akurasi relatif tinggi.

"Pada individu yang memiliki gejala COVID-19, Ellume COVID-19 Home Test menunjukan sensitivitas 96 persen dan kespesifikan 100 persen," tulis Ellume.

"Dan pada invididu tanpa gejala, tesnya menunjukan sensitivitas 91 persen dan kespesifikan 96 persen."

Teknologi Ellume menggunakan optik ultra-sensitif, kemampuan software, dan teknologi next-generation multi-quantum dot fluorescence.

Ellume menyatakan teknologi mereka mengurangi kemungkinan hasil palsu.

4 dari 4 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.