Sukses

Top 3: Kemlu RI Bersiap Sambut Wisatawan Asing ke Indonesia Jadi Sorotan

Top 3 global: Kemlu RI bersiap untuk menyambut wisatawan asing, pionir vaksin, serta aturan kunjungan ke Australia selama pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) berkolaborasi dengan lembaga internasional dalam persiapan menyambut wisatawan asing. Seperti diketahui, sektor pariwisata sangat terdampak parah oleh pandemi COVID-19. 

Lembaga yang digandeng Kemlu adalah World Tourism Organization (UNWTO). 

Berita mengenai persiapan Kemlu menyambut wisatawan asing menjadi berita yang paling disorot pembaca global Liputan6.com pada Sabtu (12/12/2020). 

Dua berita lain yang ikut menjadi sorotan adalah sosok Waldemar Haffkine yang merupakan pionir vaksin saat wabah kolera. Namun, ia "dilupakan" dunia.

Artikel mengenai aturan karantina di Australia bagi para pendatang juga menarik perhatian pembaca. Berikut daftar artikelnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kemlu Ingin Bangkitkan Sektor Pariwisata

Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama dengan World Tourism Organization (UNWTO) tengah mengupayakan kerja sama multilateral untuk kembali membangkitkan sektor pariwisata global, termasuk Indonesia. 

Ketiga pihak tersebut telah rampung menyelesaikan "Capacity Building Workshop in Restarting International Tourism", selama dua hari mulai tanggal 7-8 Desember 2020. Workshop ini merupakan kolaborasi UNWTO pertama yang dilakukan di Asia. 

Baca selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Waldemar Haffkine, Pionir Vaksin yang Dilupakan Dunia

Pada musim semi tahun 1894, Waldemar Haffkine melakukan perjalanan ke Kalkuta di negara bagian Bengal di India untuk memperlajari penyakit kolera. Musim semi adalah musim kolera di kota tersebut dan Haffkine menjadi harapan.

Melansir laman BBC, ia telah tiba di India pada bulan Maret sebelumnya dipersenjatai dengan apa yang dia yakini sebagai vaksin untuk penyakit itu, tetapi dia berjuang sepanjang tahun untuk membuat kemajuan dalam menguji ciptaannya.  

Sejak kedatangannya, Haffkine disambut dengan skeptisisme dan penolakan dari beberapa lembaga medis Inggris dan masyarakat India. 

Baca selengkapnya kisah Waldemar...

4 dari 4 halaman

3. Aturan Karantina Saat Berkunjung ke Australia

Australia memiliki aturan yang cukup kompleks terkait kunjungan di saat pandemi COVID-19.

Aturan karantina terutama sedang menjadi sorotan karena ada orang yang tak sengaja lolos karantina. Bagaimana aturan sebenarnya?  

Baca selengkapnya...

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.