Sukses

PM Boris Johnson: Inggris Harus Bersiap Tak Ada Kesepakatan Brexit yang Dihasilkan

PM Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa kemungkinan tidak ada kesepakatan Brexit yang dihasilkan.

Liputan6.com, London - Perdana Menteri Boris Johnson telah berjanji untuk bekerja secara "ekstra" untuk meraih kesepakatan perdagangan Brexit, tetapi menginstruksikan pemerintahnya untuk mempersiapkan Inggris jatuh dari pasar tunggal Uni Eropa pada akhir tahun ini.

Mengutip Channel News Asia, Jumat (11/12/2020), kesepakatan perdagangan Brexit masih berlarut-larut setelah Johnson dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen mengumumkan batas waktu pada hari Minggu untuk memutuskan apakah akan terus mengupayakan kesepakatan atau sekadar menyerah. 

PM Boris Johnson menekankan dia ingin negosiatornya "terus berjalan, dan kami akan bekerja ekstra" untuk kesepakatan terakhir, dan mengatakan dia siap untuk melakukan perjalanan lagi ke Brussel, serta ke Paris atau Berlin untuk menyelesaikannya.

Tetapi setelah pertemuan tersebut, pemimpin Konservatif mengatakan para menterinya "sangat setuju dengan saya bahwa kesepakatan di atas meja sebenarnya tidak tepat untuk Inggris saat ini".

"Jadi apa yang saya katakan kepada kabinet malam ini adalah untuk melanjutkan dan membuat persiapan itu" tanpa kesepakatan, katanya.

Nilai poundsterling kini telah merosot di pasar mata uang karena para pedagang menyesuaikan diri dengan kemungkinan yang membayang bahwa setelah lima dekade integrasi antara Inggris dan daratan Eropa, perdagangan lintas-saluran akan dikenakan tarif dan kuota baru di Tahun Baru.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjanjian Dagang Pasca-Brexit

Tanpa kesepakatan pasca-Brexit, perdagangan Inggris dengan pasar terbesarnya di masa depan akan beroperasi berdasarkan aturan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang diperkecil, atau istilah Australia karena Johnson lebih suka menyebutnya untuk konsumsi publik.

"Kami tidak menghentikan pembicaraan, kami akan terus bernegosiasi, tetapi melihat di mana kami berada, saya pikir sangat penting bahwa setiap orang sekarang bersiap untuk opsi Australia itu," kata Johnson.

Dalam dua minggu terakhir, ia menuduh Uni Eropa menghidupkan kembali tuntutan untuk "kesetaraan", yang berarti Inggris akan terikat untuk mengikuti standar peraturan masa depan yang ditetapkan oleh Brussel untuk mencegah kedua belah pihak mendapatkan keunggulan kompetitif.

Penolakan berarti Inggris menghadapi "hukuman, sanksi, tarif atau apapun", katanya.

Masalah besar lainnya adalah akses masa depan anggota Uni Eropa ke perairan perikanan Inggris yang kaya, kata Johnson.

"Setelah bertahun-tahun sekarang memberikan suara untuk meninggalkan Uni Eropa, kami tidak akan tetap memiliki kendali atas perairan kami dan itu tidak baik. Maka kabinet sangat setuju dengan itu bahwa kami benar-benar belum berada di sana sama sekali," katanya.

Kepala negosiator Inggris David Frost dan mitranya dari Uni Eropa, Michel Barnier, melanjutkan pembicaraan di Brussel pada Kamis, meskipun pesimisme meningkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.