Bentrok Sengit dengan India di Perbatasan Kashmir, Pakistan Klaim 2 Tentara Tewas

Oleh Liputan6.com pada 10 Des 2020, 12:16 WIB
Diperbarui 10 Des 2020, 12:33 WIB
FOTO: Baku Tembak Pasukan India dengan Militan di Kashmir, 2 Tewas
Perbesar
Pasukan paramiliter India berjaga di sebuah kendaraan dekat lokasi baku tembak di kota Srinagar, ibu kota musim panas Kashmir yang dikuasai India, pada 12 Oktober 2020. Dua militan tewas dalam baku tembak dengan pasukan pemerintah di wilayah Kashmir yang dikuasai India. (Xinhua/Javed Dar)

Liputan6.com, Kashmir - Bentrokan di wilayah Kashmir dilaporkan kembali terjadi. Pakistan mengklaim tentaranya tewas dalam insiden dengan militer India.

Mengutip laporan VOA Indonesia, Kamis (10/12/2020), Pakistan pada Rabu 9 Desember mengatakan dua tentaranya tewas dalam bentrokan militer "sengit" dengan India di wilayah Kashmir yang disengketakan.

"Pasukan India memicu pertempuran yang melanggar gencatan senjata di Garis Kontrol, yang memisahkan Kashmir antara dua negara bersenjata nuklir yang bersaing itu," tuding juru bicara militer Pakistan, Mayjen Babar Iftikhar dalam pernyataan yang dirilis larut malam.

Dalam keterangannya, Iftikhar mengklaim tentara Pakistan "menanggapi dengan tepat" dan menyebabkan "kerugian besar" pada pasukan India.

Ironisnya, dikabarkan bahwa bentrok sengit di wilayah Himalaya yang disengketakan itu terjadi selang beberapa jam setelah pejabat keamanan Pakistan mengatakan militer, Angkatan Udara dan Angkatan Laut negara itu "disiagakan".

Pasukan dalam mode siaga dalam rangka menghadapi kemungkinan serangan lintas-perbatasan oleh India.

2 dari 4 halaman

India Belum Berkomentar

Ilustrasi keadaan di Kashmir, perbatasan India dan Pakistan (AFP Photo)
Perbesar
Ilustrasi keadaan di Kashmir, perbatasan India dan Pakistan (AFP Photo)

Sejauh ini pihak New Delhi belum mengomentari bentrokan di perbatasan itu. Tidak ada tanggapan pernyataan Islamabad bahwa India sedang mempertimbangkan untuk menyerang Pakistan.

Bentrokan antara pasukan Pakistan dan India di sepanjang perbatasan de facto Kashmir, sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir, menewaskan puluhan orang di kedua pihak dan membuat gencatan senjata pada 2003 tidak efektif.

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien COVID-19

Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 4 Hal Positif untuk Kesembuhan Pasien Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Ini:

Lanjutkan Membaca ↓