Sukses

Andalkan Herd Immunity dan Sepelekan Masker, Kini Swedia Hadapi Ancaman Serius COVID-19

Toko, bar dan restoran tetap buka dan masker tidak direkomendasikan di luar rumah sakit Swedia.

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan untuk pemerintah Swedia dan kepercayaan publik pada kemampuan pihak berwenang guna menangani krisis Virus Corona COVID-19 semakin menurun. Hal itu disebabkan pendekatan anti-lockdown negara itu dan mengandalkan herd immunity tanpa masker yang terus diuji dengan meningkatnya jumlah kematian dan kasus baru.

Lebih dari 7.000 orang telah meninggal karena COVID-19 di Swedia, menjadikan negara berpenduduk 10,2 juta itu salah satu tingkat kematian per kapita tertinggi di Eropa. Swedia telah mencatat lebih banyak kematian secara signifikan dalam dua minggu terakhir saja daripada tetangganya Norwegia dan Finlandia.

Dikutip dari laman The Guardian, Rabu (9/12/2020) Perdana Menteri Swedia Stefan Löfven mengatakan, sekolah menengah di negara itu beralih ke pembelajaran jarak jauh mulai 7 Desember untuk sisa masa jabatan.

"Ini dilakukan agar memiliki efek yang memperlambat penyebaran penyakit," kata Löfven, menambahkan bahwa tindakan tersebut bukan istirahat yang diperpanjang.

"Apa yang dilakukan negara sekarang akan menentukan bagaimana kita bisa merayakan Natal," katanya.

Jajak pendapat enam bulanan oleh Statistik Swedia menunjukkan dukungan untuk Demokrat Sosial. Sementara, untuk perdana menteri turun hampir lima persen menjadi 29,4% sejak Mei 2020, di tengah tanda-tanda bahwa orang Swedia semakin tidak yakin dengan strategi negara itu.

Sebuah survei minggu lalu menemukan kepercayaan pada kapasitas pihak berwenang untuk mengendalikan krisis telah turun tajam menjadi 42% dari 55% pada Oktober 2020.

Sementara 44% responden merasa tidak cukup banyak yang dilakukan pemerintah untuk melawan COVID-19. Lebih dari 80% dari mereka yang disurvei mengatakan bahwa mereka "agak" atau "sangat khawatir" bahwa layanan kesehatan Swedia.

"Sangat jelas bahwa peningkatan tingkat infeksi, dikombinasikan dengan tindakan yang telah diambil pihak berwenang, telah menyebabkan peningkatan tajam dalam kekhawatiran," kata Nicklas Källebring dari lembaga pemungutan suara Ipsos kepada surat kabar Dagens Nyheter.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anti-Masker

Pendekatan sentuhan ringan Swedia, yang secara unik di Eropa telah menghindari segala bentuk penguncian, berfokus pada permintaan daripada memerintahkan orang untuk secara sukarela mengamati rekomendasi kebersihan dan jarak.

Toko, bar dan restoran tetap buka dan masker tidak direkomendasikan di luar rumah sakit.

Negara itu selalu menyangkal tujuannya adalah untuk mencapai kekebalan kawanan atau herd immunity yang cepat, dengan mengatakan strateginya adalah memperlambat virus untuk diatasi oleh layanan kesehatan.

Tetapi tingkat kekebalan yang lebih tinggi yang diharapkan pihak berwenang gagal terwujud dan gelombang kedua Swedia telah terjadi dan semakin parah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.