Sukses

Protes Kekalahan Trump, Puluhan Orang Bersenjata Datangi Rumah Pejabat Michigan

Puluhan orang bersenjata sambangi rumah pejabat Michigan yang tak terima atas kekalahan Donald Trump.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Sekretaris Negara Michigan Jocelyn Benson didatangi oleh para demonstran bersenjata untuk memprotes kekalahan Donald Trump dalam pemilihan presiden 2020.

"Lusinan" orang tiba di rumahnya pada Sabtu malam saat dia tengah memasang dekorasi Natal bersama putranya, katanya dalam sebuah pernyataan, demikian dikutip dari laman BBC, Selasa (8/12/2020).

Para pengunjuk rasa berteriak "hentikan pencurian!", Menggemakan klaim Presiden Donald Trump tentang penipuan pemilih.

Jaksa Agung William Barr mengatakan klaim korupsi itu tidak terbukti.

Benson telah bergabung dengan semakin banyak pejabat pemerintah dan pemilihan yang menjadi sasaran pengunjuk rasa tahun ini selama pemilihan 2020.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting ke Twitter pada hari Minggu, Benson, seorang Demokrat, mengatakan bahwa pengunjuk rasa membuat tuntutan yang "tidak ambigu, keras dan mengancam" di luar rumahnya di Detroit untuk membatalkan hasil pemilihan negara bagian.

Michigan bulan lalu mengesahkan hasil, menyatakan Demokrat yaitu Joe Biden menjadi pemenang dari 16 suara elektoral negara bagian.

Sebagian dari demonstrasi itu disiarkan langsung di Facebook.

"Kami tidak akan mundur, kami tidak menyerah, Anda tidak akan mengambil pemilihan ini dari seorang pria yang telah memperolehnya sepenuhnya 100 persen dengan telak," kata Genevieve Peters, yang memposting video tersebut.

Polisi menanggapi panggilan gangguan publik itu sekitar pukul 21:50 waktu setempat, kata media lokal, dan kerumunan bubar tak lama setelah itu.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trump Tolak Hasil Pilpres

Seorang kepala polisi setempat mengatakan, dia juga mengira beberapa dari mereka bersenjata.

Tidak ada penangkapan yang dilakukan. Membawa senjata api di Michigan bukanlah kejahatan, selama senjata itu dimiliki secara resmi dan tidak disembunyikan.

Dalam sebuah pernyataan, Jaksa Agung Michigan Dana Nessel dan Jaksa Wayne County Kym Worthy menggambarkan insiden itu sebagai "perilaku mengganggu yang menyamar sebagai protes".

"Siapapun dapat menyampaikan keluhan yang sah ke kantor Sekretaris Benson melalui cara-cara sipil dan demokratis, tetapi meneror anak-anak dan keluarga di rumah mereka sendiri bukanlah aktivitas," kata mereka.

Dalam pernyataannya sendiri, Benson tampaknya mengaitkan protes di luar rumahnya dengan upaya yang sedang berlangsung oleh Trump dan tim hukumnya untuk membatalkan hasil pemilihan presiden - mengutip "pemeriksaan legislatif politik murni" dan "klaim hukum palsu".

Trump sejauh ini menolak untuk mengakui hasil pemilihan dan telah meluncurkan serangkaian tantangan hukum yang menuduh, tanpa bukti, bahwa kemenangan Biden adalah hasil dari penipuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.