Sukses

140 Orang Dirawat Akibat Penyakit Misterius, Menkes India Lakukan Penyelidikan

Para pasien, dari Eluru di Andhra Pradesh, India memiliki berbagai gejala mulai dari mual hingga jatuh pingsan, kata dokter.

Liputan6.com, New Delhi - Otoritas di India sedang menyelidiki penyebab penyakit misterius atau tak dikenal yang mengakibatkan lebih dari 140 orang dirawat di rumah sakit selama akhir pekan.

Mengutip dari laman BBC, Senin (7/12/2020) para pasien, dari Eluru di Andhra Pradesh, memiliki berbagai gejala mulai dari mual hingga jatuh pingsan, kata dokter.

Sejumlah tempat tidur di Rumah Sakit Pemerintah Eluru telah dipersiapkan seandainya dibutuhkan.

Penyakit itu datang saat India terus memerangi pandemi virus corona covid-19.

Media lokal mengatakan, pasien telah menjalani tes virus corona, yang semuanya negatif.

Seorang petugas medis di Rumah Sakit Pemerintah Eluru mengatakan kepada The Indian Express: "Orang-orang yang jatuh sakit, terutama anak-anak, tiba-tiba mulai muntah setelah mengeluhkan mata terbakar. Beberapa dari mereka pingsan atau menderita kejang".

Banyak dari mereka yang dibawa ke rumah sakit India pulih dan segera dipulangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Menkes India

Menteri Kesehatan Andhra Pradesh Alla Kali Krishna Srinivas mengatakan bahwa sampel darah tidak menemukan bukti adanya infeksi virus.

"Kami mengesampingkan pencemaran air atau polusi udara sebagai penyebabnya setelah petugas mengunjungi daerah-daerah di mana orang jatuh sakit," katanya.

"Ini adalah penyakit misterius dan hanya analisis laboratorium yang akan mengungkapkan apa itu."

Namun oposisi pemerintah, Partai Telugu Desam, telah menyerukan penyelidikan atas insiden tersebut, bersikeras bahwa kontaminasi adalah penyebab penyakit misterius tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.