Sukses

PBB dan Ethiopia Sepakati Bantuan Kemanusiaan untuk Wilayah Tigray

PBB dan Ethiopia telah menyepakati bantuan kemanusiaan bagi warga terdampak konflik di wilayah Tigray.

Liputan6.com, Jakarta- Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan telah mencapai kesepakatan dengan Ethiopia untuk memberi bantuan kemanusiaan di Tigray

Dikutip dari VOA Indonesia, Kamis (3/12/2020) Tigray, adalah wilayah utara Ethiopia yang selama sebulan dilanda konflik yang memperburuk krisis kemanusiaan di sana.

Kesepakatan itu, menurut PBB, akan memberi pekerja bantuan akses ke daerah Tigray yang dikuasai pemerintah federal, tempat pasukan federal bertempur dengan pemerintah wilayah yang dihuni sekitar 6 juta penduduk itu.  

Selain itu, kesepakatan tersebut juga akan memungkinkan masuknya pangan, obat-obatan, dan jenis bantuan lainnya. Langkah tersebut adalah yang pertama kalinya sejak pertempuran terjadi pada 4 November lalu.

Saat ini terdapat sekitar 600.000 warga di wilayah Tigray yang telah bergantung pada bantuan pangan sebelum konflik mulai terjadi.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PBB Akan Mulai Pelajari Kebutuhan Bantuan Kemanusiaan di Tigray

Di tengah krisis kemanusiaan yang semakin bertambah, PBB merupakan satu di antara sejumlah organisasi yang meminta akses ke wilayah itu, menyusul kasus sejumlah pekerja asing yang dipaksa mengungsi.

Pada 2 Desember, Juru bicara Saviano Abreu menyatakan PBB akan mulai mempelajari kebutuhan bantuan kemanusiaan di Tigray.

"Kami, tentu saja, berupaya untuk memastikan bantuan itu akan tersedia di seluruh wilayah dan bagi setiap orang yang membutuhkan," jelas Abreu.

Pertempuran di Ethiopia diyakini menewaskan hingga ribuan warga. Selain itu, 40 ribu penduduk negara tersebut juga telah melarikan diri ke negara tetangga Sudan.

Namun, Pemerintah Ethiopia belum memberikan komentar terkait perjanjian tersebut. 

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Keajaiban Cuci Tangan Saat Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.