Sukses

5 Bukti Organ Tubuh Manusia Berevolusi Lebih Cepat

Perubahan ini adalah yang kita anggap remeh dan bahkan mungkin tidak kita sadari. Sebenarnya, itu adalah tanda yang menunjukkan bahwa manusia tidak berhenti berevolusi.

Liputan6.com, Jakarta - Mulai dari mata hingga tulang di kaki, organ tubuh manusia telah mulai berkembang dengan kecepatan yang jauh lebih cepat dari perkiraan para ilmuwan sebelumnya.

Perubahan ini adalah yang kita anggap remeh dan bahkan mungkin tidak kita sadari. Sebenarnya, itu adalah tanda yang menunjukkan bahwa manusia tidak berhenti berevolusi.

Bahkan otak manusia menyusut, yang menunjukkan transformasi yang signifikan dari sebelumnya.

Bright Side menggali lebih dalam untuk mencari tahu perubahan evolusi mana yang mulai ditunjukkan pada tubuh manusia:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Manusia memiliki arteri tambahan di lengan

Para ilmuwan melihat satu arteri di lengan yang mulai muncul pada orang dewasa di masa modern dibandingkan dengan orang dewasa dari akhir abad ke-19.

Arteri ini disebut "Median" dan dulunya adalah arteri yang memasok darah ke tangan dan lengan bawah bayi saat berada di dalam rahim, tetapi itu menghilang saat dewasa.

Namun, ada lebih dari beberapa kasus ketika arteri ketiga ini tidak hilang dan beberapa orang memiliki ketiganya.

 

3 dari 6 halaman

2. Bayi dilahirkan tanpa gigi bungsu

Tubuh kita menjadi lebih kecil, dibandingkan nenek moyang kita, dan bayi dilahirkan dengan kepala lebih kecil. Ini mungkin karena ukuran panggul pada wanita juga menjadi lebih kecil.

Ini adalah tanda lain dari evolusi mikro. Karena bayi terlahir dengan wajah yang lebih pendek dan rahang yang lebih kecil, berarti ruang untuk gigi lebih sedikit.

Jadi, semakin banyak bayi yang lahir tanpa gigi bungsu. Selain itu, beberapa bayi bahkan dilahirkan dengan tulang ekstra di tungkai dan kakinya.

 

4 dari 6 halaman

3. Menjadi dewasa lebih cepat

Memiliki lebih banyak kekuatan atas pilihan kita adalah salah satu faktor yang berkontribusi pada evolusi yang lebih cepat. Pilihan seperti menikah dan memiliki anak di kemudian hari, atau memilih untuk menikahi seseorang dari belahan bumi lain, dan lainnya, dapat memengaruhi kita lebih dari yang kita sadari.

Juga, orang dengan tubuh berukuran lebih kecil mulai menjadi dewasa lebih awal. Ini dianggap evolusi yang meluas karena konsekuensi dari penurunan angka kematian pada orang muda, yang semuanya berkat perawatan medis dan kebersihan yang lebih baik.

 

5 dari 6 halaman

4. Otak manusia menyusut

Meski otak kita mulai menyusut, bukan berarti kita akan menjadi kurang pintar. Sebaliknya, ini dipandang sebagai keuntungan evolusioner.

Karena tubuh kita menjadi lebih kecil dibandingkan nenek moyang kita, itu berarti lebih sedikit ruang untuk otak.

Selain itu, otak yang lebih kecil menunjukkan bahwa ada peningkatan toleransi dan bahwa kita kurang agresif dibandingkan sebelumnya.

 

6 dari 6 halaman

5. Minum susu bahkan setelah dewasa

Ribuan tahun yang lalu, orang tidak dapat minum susu setelah masa kanak-kanak, dan ini karena mereka tidak memiliki mutasi genetik yang memungkinkan mereka untuk minum susu mentah.

Enzim yang membantu bayi mencerna susu akan mati begitu mereka tumbuh menjadi dewasa dan ini berarti kebanyakan orang tidak toleran laktosa. Namun, saat ini, 35 persen orang di seluruh dunia (sebagian besar keturunan Eropa, Afrika, dan Eurasia) dapat minum susu, bahkan saat dewasa, tanpa sakit perut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.