Sukses

Mobil Tabrak Pejalan Kaki di Trier Jerman, Tewaskan 5 Orang Termasuk Bayi

Lima orang tewas, termasuk seorang bayi, ketika sebuah mobil di Trier, Jerman menerobos trotoar dan menabrak pejalan kaki di pusat perbelanjaan di kota tersebut.

Liputan6.com, Trier- Sebuah mobil di Trier, Jerman menerobos trotoar dan menabrak pejalan kaki di pusat perbelanjaan di kota tersebut.

Dikutip dari Channel News Asia, Rabu (2/12/2020) insiden itu menewaskan lima orang, termasuk seorang bayi, dan 14 orang lainnya terluka, menurut kepolisian setempat. 

Pelaku telah ditangkap tak lama setelah insiden tersebut. 

Menurut jaksa Peter Fritzen, pengemudi itu, yang merupakan seorang penduduk asli Trier berusia 51 tahun, tampaknya menderita "masalah kejiwaan" dan berada di bawah pengaruh alkohol saat mengemudikan mobil jenis SUV-nya.  

Maka dari itu, jaksa sedang meminta agar pria tersebut ditempatkan dalam perawatan psikiatri, dengan polisi yang telah memeriksanya dan mengatakan bahwa "(Pelaku) tidak memiliki indikasi motif politik". 

Wali Kota Trier Wolfram Leibe mengatakan dalam konferensi pers, bahwa seorang bayi berusia sembilan bulan dan seorang perempuan berusia 73 tahun termasuk di antara mereka yag tewas dalam insiden itu. 

"Saya pikir ini adalah hari tergelap Trier sejak Perang Dunia II," kata Leibe.

Adapun korban tewas lainnya, yakni seorang perempuan berusia 25 tahun dan seorang pria berusia 45 tahun. Namun, polisi belum merilis informasi lebih lanjut terkait satu korban tewas lainnya. 

Malu Dreyer, perdana menteri negara bagian Rhineland-Palatinate di Jerman, wilayah Trier berada, mengatakan bahwa dirinya turut terkejut mengetahui seorang bayi termasuk di antara mereka yang tewas dalam insiden itu. Ia pun menyampaikan bela sungkawanya dengan semua pihak keluarga korban.

Sementara itu, Kanselir Jerman Angela Merkel menyuarakan "duka yang luar biasa" dan menyampaikan bahwa doanya tertuju pada keluarga korban yang "dengan cepat dan kejam kehilangan keluarga mereka.

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kepolisian Setempat Amankan Jalan-jalan Sekitar TKP

Ibu dari bayi yang tewas kini sedang dalam perawatan di rumah sakit karena luka yang dideritanya. 

 

Tak lama setelah insiden tersebut, layanan darurat dilaporkan segera tiba di tempat kejadian, dengan polisi yang mencegat pengemudi di pusat perbelanjaan Trier. 

Kepolisian setempat juga mengatakan bahwa pihaknya telah mengamankan jalan-jalan antara 600 meter dan satu kilometer dari lokasi insiden itu. 

Mereka juga menutup area tersebut dan memindahkan orang-orang dari pusat kota.

Rekaman video ang diambil dari sebuah ponsel milik seorang saksi mata menunjukkan pengendara mobil yang ditangkap, diborgol di jalan dan kemudian diamankan dengan ditembaki oleh beberapa petugas polisi di samping kendaraan yang rusak.

Rekaman awal dari tempat kejadian menunjukkan para pengunjung pusat perbelanjaan yang berkerumun di luar toko yang dihiasi dengan dekorasi Natal saat sirene berbunyi dari kejauhan.

Seorang pria yang tidak disebutkan namanya juga mengungkap bahwa ia adalah mantan tetangga tersangka dan mengatakan kepada media lokal NTV bahwa pegemudi mobil itu memiliki riwayat masalah mental dan kondisi finansial. 

 

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Remehkan Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.