Sukses

Presiden Mesir Al-Sisi Tegaskan Dukungan ke Palestina

Presiden Mesir Abdul Fattah Al-Sisi bertemu pimpinan Palestina.

Liputan6.com, Kairo - Presiden Mesir Abdul Fattah Al-Sisi menegaskan dukungan negaranya kepada Palestina. Janji itu diberikan saat Presiden Mahmoud Abbas berkunjung ke Kairo.

Dilaporkan Arab News, Selasa (1/12/2020), Presiden al-Sisi memandang cita-cita Palestina merupakan prioritas politik kunci bagi Mesir. Mesir siap mendukung Palestina untuk mewujudkan perdamaian dan restorasi hak rakyatnya.

Presiden Mesir menambahkan butuhnya intensifikasi di negara-negara Arab untuk melanjutkan upaya perdamaian.

Bassam Rady, jubir kepresidenan Mesir, berkata pertemuan itu membahas perkembangan hubungan terkait isu Palestina dan proses perdamaian di Timur Tengah.

Pejabat tinggi Mesir seperti Menteri Luar Negeri Sameh Shoukry, Direkut Intelijen Abbas Kamel, dan Duta Besar Palestina di Mesir Diab Al-Louh.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsolidasi Sebelum Joe Biden Berkuasa

Presiden Abbas berkata pentingnya koordinasi antara kepresidenan Mesir dan situasi Palestina. Ia juga berterima kasih atas dukungan Mesir pada Palestina.

Pihak Palestina juga membahas bantuan Mesir untuk membawa stabilitas Jalur Gaza. COVID-19 turut menjadi pembahasan.

Rencananya Presiden Abbas akan bertemu dengan Raja Yordania Abdullah II.

Perjalanan Abbas diumumkan setelah Palestina mengumumkan restorasi koordinasi keamanan dengan Israel. Sumber-sumber menyebut Abbas ingin mengkoordinasi dan mengumpulkan dukungan sebelum Presiden Joe Biden berkuasa.

3 dari 4 halaman

Joe Biden Tunjuk Reema Dodin, Perempuan Keturunan Palestina Jadi Penasihat Gedung Putih

Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden, menunjuk seorang perempuan keturunan Palestina sebagai salah satu penasihat Gedung Putih, saat nantinya resmi menjabat di kursi kepresidenan. 

Dikutip dari Associated Press, Kamis 26 November 2020, perempuan keturunan Palestina tersebut bernama Reema Dodin, yang ditunjuk menjadi Wakil Direktur Kantor Urusan Legislatif di Gedung Putih. 

Penunjukkan Dodin diumumkan oleh pihak Joe Biden pada 23 November 2020 waktu setempat.

Dodin pun akan bertugas sebagai Wakil Direktur Kantor Urusan Legislatif Gedung Putih bersama satu kandidat yang ditunjuk Joe Biden lainnya, Shuwanza Goff. 

Sebelumnya, Dodin dan Goff diketahui bekerja sebagai staf Capitol Hill yang merupakan gedung parlemen AS.

Selain itu, Dodin juga pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Staf dan Floor Director untuk Senator Illinois Dick Durbin, dari Partai Demokrat. Sementara Goff menjabat sebagai Floor Director untuk House Majority Leader, Steny Hoyer.

Saat resmi bertugas di Gedung Putih nantinya, Dodin dan Goff akan bergabung dengan Louisa Terrell, yang baru saja ditunjuk sebagai Direktur Kantor Urusan Legislatif Gedung Putih.

Tugas dari tim tersebut, adalah mengubah daftar panjang janji kampanye Biden menjadi cetak biru legislatif dan mewujudkannya melalui House of Representatives (HOR) atau DPR AS dan Senat AS.

4 dari 4 halaman

Keluarga Dodim Menyambut Baik

Menyusul penunjukan Dodin diumumkan, keluarganya yang berada di Palestina mengungkapkan kegembiraan mereka. 

Dilansir Anadolu Agency, keluarga Dodin diketahui berasal dari Dura, Hebron, Tepi Barat. Sementara kedua orang tua Dodin, berimigrasi ke AS pada tahun 1960-an.

Paman Dodin, yakni Ahmed, yang merupakan penduduk Tepi Barat, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa keluarganya merasa "senang dengan penunjukan ini" dan menyebutnya sebaga "kesuksesan untuk setiap warga Palestina".

Meski lahir di AS, Dodin sering mengunjungi keluarganya di Dura, menurut Ahmed. Kunjungan terakhirnya dilakukan sekitar empat tahun lalu.

"Dia adalah putri Palestina dan asal-usulnya adalah orang Palestina," kata Ahmed, yang menambahkan bahwa dirinya berharap "jabatan tersebut akan baik untuknya dan negara asalnya".

Selain penunjukannya sebagai salah satu penasihat Gedung Putih, Dodin ternyata juga memiliki riwayat pendidikan dan jabatan yang mengagumkan. 

Ia diketahui merupakan lulusan dari Universitas California di Berkeley dan Universitas Illinois di Urbana-Champaign.

Saat ini, Dodin telah bertugas relawan dalam Tim Transisi Joe Biden-Kamala Harris, membantu dengan pengalaman keterlibatan legislatif di Capitol Hill.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.