Sukses

PBB: Pulih dari Pandemi COVID-19, Dunia Butuh Bantuan Dana Hingga Rp 496 T

Masalah kelaparan dan krisis akibat pandemi COVID-19 membuat dunia butuh bantuan dana hingga Rp 496 Triliun.

Liputan6.com, Jenewa - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan bahwa bantuan dana hingga US $ 35 miliar atau senilai Rp 496 triliun akan dibutuhkan untuk bantuan pada tahun 2021, karena pandemi COVID-19 yang menyebabkan puluhan juta lebih orang dalam krisis dan dengan risiko kelaparan yang terus meningkat.

Tinjauan Kemanusiaan Global tahunan memperkirakan bahwa 235 juta orang di seluruh dunia akan membutuhkan beberapa bentuk bantuan darurat tahun depan, merupakan peningkatan yang mengejutkan sebesar 40 persen pada tahun lalu. Demikian seperti melansir laman Channel News Asia, Selasa (1/11/2020). 

"Peningkatan itu terjadi hampir seluruhnya karena COVID-19," kata koordinator bantuan darurat PBB Mark Lowcock kepada wartawan.

Tahun depan, satu dari 33 orang di seluruh dunia akan membutuhkan bantuan. Laporan itu menekankan bahwa jika mereka semua tinggal di satu negara, itu akan menjadi negara terbesar kelima di dunia.

Seruan tahunan oleh badan-badan PBB dan organisasi kemanusiaan lainnya biasanya memberikan gambaran menyedihkan tentang melonjaknya kebutuhan yang disebabkan oleh konflik, pengungsian, bencana alam dan perubahan iklim.

Tapi sekarang, ia memperingatkan, pandemi Virus Corona jenis baru, yang telah menewaskan lebih dari 1,45 juta orang di seluruh dunia, telah secara tidak proporsional melanda mereka yang "sudah hidup di ujung tanduk".

"Gambaran yang kami sajikan adalah perspektif paling suram dan paling gelap tentang kebutuhan kemanusiaan dalam periode mendatang yang pernah kami tunjukkan," kata Lowcock.

Uang yang diminta dalam pengajuan banding akan cukup untuk membantu 160 juta orang yang paling rentan di 56 negara, kata PBB.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Angka Kemiskinan Meningkat Secara Ekstrem

Untuk pertama kalinya sejak 1990-an, angka kemiskinan ekstrem akan meningkat, angka harapan hidup akan turun dan angka kematian tahunan akibat HIV, tuberkulosis dan malaria berpotensi berlipat ganda.

"Mungkin hal yang paling mengkhawatirkan ... adalah ancaman kembalinya kelaparan, berpotensi di banyak lokasi," kata Lowcock.

Dengan hanya satu kelaparan sejati sejauh ini di abad ke-21 - di Somalia hampir satu dekade lalu - kelaparan massal tampaknya telah "masuk dalam sejarah", katanya.

Tapi sekarang, dia memperingatkan, "lampu merah berkedip dan bel alarm berbunyi".

Pada akhir tahun 2020, jumlah orang yang sangat rawan pangan di seluruh dunia dapat membengkak hingga 270 juta - meningkat 82 persen dari jumlah awal sebelum muncul pandemi COVID-19.

Kondisi di Yaman, Burkina Faso, Sudan Selatan, dan Nigeria timur laut mengindikasikan bahwa mereka sudah di ambang kelaparan, sementara sejumlah negara dan wilayah lain, termasuk Afghanistan dan Sahel, juga "berpotensi sangat rentan", katanya.

"Jika kita melewati 2021 tanpa kelaparan besar, itu akan menjadi pencapaian yang signifikan."

Seruan hari Selasa menunjukkan bahwa Suriah dan Yaman yang dilanda perang berada di puncak daftar negara yang paling membutuhkan bantuan kemanusiaan.

PBB sedang mengupayakan hampir US $ 6 miliar untuk membantu jutaan warga Suriah di dalam dan di luar negeri yang dilanda konflik selama satu dekade.

Dan mereka meminta hampir US $ 3,5 miliar untuk membantu hampir 20 juta orang Yaman yang terjebak dalam krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

3 dari 3 halaman

Krisis Paling Parah di Sejumlah Negara

Krisis besar lainnya yang membutuhkan dana besar termasuk Republik Demokratik Kongo, Afghanistan dan Ethiopia.

Sementara itu, mengumpulkan US $ 35 miliar penuh yang dibutuhkan pada saat krisis ekonomi global dapat menjadi tugas yang menakutkan - jumlahnya lebih dari dua kali lipat dari US $ 17 miliar yang dikumpulkan sejauh ini tahun ini.

Jumlah itu sudah menjadi rekor, tetapi masih jauh dari hampir US $ 29 miliar yang diminta selama banding tahun lalu, bahkan sebelum pandemi muncul.

"Krisis masih jauh dari selesai. Anggaran bantuan kemanusiaan menghadapi kekurangan yang mengerikan karena dampak pandemi global terus memburuk," kata ketua PBB Antonio Guterres dalam sebuah pernyataan.

"Bersama-sama kita harus memobilisasi sumber daya dan berdiri dalam solidaritas dengan orang-orang di saat-saat paling kelam mereka."

Sementara itu, Lowcock bersikeras bahwa meskipun jumlah dana yang diminta tampak tinggi, sebenarnya jumlah itu kecil dibandingkan dengan jumlah yang dipompa negara-negara kaya untuk menyelamatkan ekonomi mereka.

"Apa yang dipertaruhkan adalah nyawa sejumlah besar orang yang rentan, dan biaya untuk melindungi hidup mereka sebenarnya sangat kecil dalam kaitannya dengan semua tantangan lain yang kita hadapi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.