Sukses

Anies Baswedan Positif COVID-19 Curi Perhatian Dunia

Media asing dari Singapura, Hong Kong, Arab, hingga Amerika turut menyoroti Anies Baswedan yang positif COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Media di banyak penjuru dunia menyorot Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dinyatakan positif COVID-19. Wagub DKI Jakarta Riza Patrika juga terinfeksi, sehingga jajaran pimpinan ibu kota Indonesia kini sudah terimfeksi Virus Corona jenis baru itu. 

Anies Baswedan positif COVID-19 pada Selasa (1/12/2020). Kabar tersebut menjadi sorotan banyak negara di dunia, mulai dari Singapura, Arab, Swedia, hingga ke Amerika Serikat. 

Al Khaleej dari Uni Emirat Arab merilis artikel "Gubernur Jakarta terpapar Covid-19 sebagaimana infeksi di Indonesia naik" (Jakarta governor contracts Covid-19 as Indonesia infections spike).

Artikel itu turut membahas nasib Wagub Riza dan rekor penularan Virus Corona jenis baru itu di Indonesia. 

Media Singapura Channel News Asia dan The Star dari Malaysia menulis kabar serupa. Anies Baswedan turut disorot karena kebijakan COVID-19 yang longgar serta hadir di acara Rizieq Shihab di tengah pandemi.

South China Morning Post menulis "Virus Corona: Gubernur Jakarta terinfeksi" (Coronavirus: Jakarta Governor Anies Baswedan infected). Pada artikel itu disebut bahwa Anies merupakan tokoh politik kunci yang sedang mengisolasi diri akibat terinfeksi.

Media barat seperti Swiss Info dan Bloomberg turut mengabarkan Anies Baswedan yang positif COVID-19.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Siapa Pimpin Jakarta?

Sejauh ini Kemendagri belum menunjuk Pejabat Sementara atau Pjs di DKI Jakarta, mengingat Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakilnya Ahmad Riza Patria terkonfirmasi positif COVID-19.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik mengatakan, alasannya belum menunjuk Pjs lantaran Anies Baswedan maupun Riza Patria masih bisa bekerja secara virtual, meski terkonfirmasi positif COVID-19. 

"Beliau berdua kan masih bisa bekerja secara virtual," kata Akmal kepada Liputan6.com, Selasa (1/12/2020).

Dia pun meminta, semua pihak mendoakan Anies Baswedan maupun Riza Patria untuk segera sembuh dari COVID-19.

"Kita doakan semoga Pak Gubernur dan Wagub DKI segera sembuh," kata Akmal.

3 dari 5 halaman

Rapat Virtual

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan akan tetap bekerja dan memimpin rapat yang telah dijadwalkan, meskipun dirinya terkonfirmasi positif COVID-19. Sebab, rapat dilakukan secara daring atau virtual.

"Saya akan tetap bekerja memimpin rapat-rapat secara virtual. Sejak Maret lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual, dan Insya Allah tidak akan ada proses pengambilan kebijakan yang terganggu," kata Anies dalam keterangan tertulis, Selasa (1/12/2020).

Dia mengaku dalam keadaan yang baik tanpa ada gejala COVID-19. Selain itu, Anies Baswedan menyatakan pihaknya akan melakukan isolasi mandiri terpisah dengan keluarganya.

"Isolasi mandiri akan saya lakukan di tempat yang terpisah dengan keluarga dan akan saya tinggali sendiri. Sementara keluarga akan tetap di kediaman pribadi," ujar Anies Baswedan.

4 dari 5 halaman

Kantor Gubernur DKI Ditutup Sementara

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkonfirmasi positif COVID-19. Sesuai protokol kesehatan, kantornya ditutup sementara selama tiga hari.

Anies Baswedan menuturkan, selain kantornya, kantor Wakil Gubernur DKI Jakarta juga ditutup. Seperti diketahui Wagub DKI terkonfirmasi positif COVID-19 terlebih dahulu. 

"Seperti juga unit kantor wakil gubernur di Blok B sudah ditutup," kata Anies Baswedan.

Sementara, untuk gedung utama Balai Kota DKI tetap buka. Semuanya beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat.

"Gedung utama balai kota, yang lokasinya berbeda dengan kantor gubernur dan wakil gubernur akan tetap akan beroperasi dengan protokol kesehatan ketat," jelas Anies Baswedan.

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut meminta agar masyarakat tetap melakukan protokol kesehatan COVID-19 yang telah ditetapkan. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Anies Baswedan pun meminta doa agar diberi kesembuhan. "Mohon doanya agar bisa segera kembali sembuh dan Semoga Allah SWT melindungi kita semua dan merahmati kota Jakarta," kata dia.

5 dari 5 halaman

Infografis Anies Positif COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.