Sukses

Paus Fransiskus Resmi Lantik Wilton Gregory, Kardinal Turunan Afrika Pertama di AS

Wilton Gregory telah resmi dilantik menjadi Kardinal Vatikan, menjadikannya sebagai kardinal AS turunan Afrika pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Gereja Katolik telah memperoleh kardinal Afrika-Amerika pertamanya pada Sabtu 28 November, dengan Paus Fransiskus mengangkat Uskup Agung Washington Wilton Gregory ke peringkat bergengsi. 

Meskipun imam kulit hitam lainnya sebelumnya menjabat sebagai kardinal, Gregory adalah orang kulit hitam AS pertama yang mendapatkan gelar tersebut. Demikian seperti mengutip DW, Selasa (1/11/2020). 

Menjelang upacara di Vatikan, Gregory mengatakan kepada kantor berita The Associated Press bahwa dia melihat langkah tersebut sebagai "penegasan dari orang kulit hitam Katolik di Amerika Serikat, warisan iman dan kesetiaan yang kami wakili.''

Penunjukan Gregory dilakukan setelah protes yang dipicu oleh pembunuhan George Floyd pada Mei lalu terhadap kebrutalan polisi dan rasisme yang menyebar ke seluruh dunia Barat.

"Sekarang ada kesadaran akan perlunya rekonsiliasi rasial, kesadaran yang belum pernah saya lihat pada tingkat ini dan pada intensitas ini sebelumnya," kata Gregory.

Imam asal AS itu menjadi perhatian publik dengan mengecam kunjungan yang dilakukan oleh Presiden AS Donald Trump ke sebuah tempat suci Katolik di Washington D.C di tengah protes anti-rasisme. Gregory mengatakan bahwa dia merasa "mengherankan dan tercela bahwa fasilitas Katolik mana pun akan membiarkan dirinya disalahgunakan dan dimanipulasi dengan begitu mengerikan."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lantik 13 Kardinal

Pada hari Sabtu, Paus Fransiskus juga memberikan gelar kardinal kepada 12 kandidat lainnya dalam upacara Vatikan, yang secara resmi dikenal sebagai konsistori. Secara tradisional, dalam acara tersebut, Paus memberikan simbol pangkat - cincin dan topi merah - kepada para kardinal dan bertukar "ciuman damai" dengan para kardinal yang baru diangkat.

Namun, dua dari orang yang ditunjuk tidak bisa datang ke Basilika Santo Petrus karena pembatasan virus corona dan harus menerima cincin mereka dari utusan kepausan saat menghadiri upacara online. Tradisi "ciuman damai" juga dihapuskan untuk meminimalkan risiko infeksi.

Dalam upacara tersebut, Paus mendesak para kardinal baru untuk tetap dekat dengan masyarakat dan tidak tergoda dengan menjebak pangkat baru mereka.

"Mari kita pikirkan begitu banyak jenis korupsi dalam kehidupan imamat," katanya, memperingatkan mereka agar tidak menggunakan gelar kardinal untuk kepentingan pribadi.

Dari 13 kardinal yang dipromosikan pada hari Sabtu, sembilan di antaranya berusia di bawah 80 tahun, memungkinkan mereka untuk memilih dan mencalonkan diri sebagai paus berikutnya setelah kematian atau pengunduran diri Paus Fransiskus.

Paus sejauh ini telah menunjuk 73 dari 128 kardinal usia hak suara, dengan 55 kardinal sisanya dinamai oleh pendahulunya Paus Benediktus XVI dan Yohanes Paulus II. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.