Sukses

Daftar 10 Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia, Nomor 9 dari Asia

Beberapa negara di dunia memiliki stadion sepak bola yang dapat menampung puluhan hingga ratusan ribu penonton, berikut ini adalah 10 stadion terbesar di dunia. Salah satunya ada di Asia.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak terlalu banyak acara yang menggunakan stadion seperti pertandingan sepak bola. Di masa pandemi COVID-19, fasilitas untuk pertandingan sepak bola itu pun mungkin tidak akan dipenuhi oleh penonton.

Kendati demikian, sepertid dikutip dari World Atlas, Selasa (1/12/2020), sepak bola merupakan olahraga paling populer di dunia, dengan perkiraan 3,5 miliar penggemar. Maka tidak mengherankan jika stadion yang menjadi tempat pertandingan sepak bola harus mampu menampung banyak orang.

Seringkali, ukuran kerumunan dalam sebuah pertandingan bahkan melebihi 100.000.

Pada tahun 1950, misalnya, hampir 200.000 penggemar memadati Stadion Maracana di Brasil untuk menonton Final Piala Dunia FIFA antara Brasil dan Uruguay, sebuah acara yang mencetak rekor dunia untuk jumlah penonton terbesar dalam acara olahraga di stadion tertutup.

Saat ini, stadion terbesar di dunia dapat menampung antara 80.000 dan 150.000 penggemar. Ada di mana saja?

Berikut ini 10 stadion sepak bola terbesar di dunia menurut kapasitasnya, salah satunya ada di Asia:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Stadion Rungrado May Day

Stadion sepak bola terbesar di dunia terletak di tempat yang bisa dibilang negara paling terisolasi di dunia, yakni Korea Utara.

Berbasis di Pyongyang, ibu kota Korea Utara, Stadium Rungrado memiliki kapasitas 150.000 orang.

Kapasitas sebenarnya dari tempat tersebut diperkirakan 114.000, tetapi itu masih menjadikannya yang terbesar di dunia.

Diresmikan pada tahun 1989, stadion ini sekarang menjadi tuan rumah gelaran tahunan Olimpiade Arirang, yang merupakan pertunjukan senam terbesar di dunia, menurut Guinness Book of Records.

Stadion ini direnovasi pada tahun 2014 dan dibuka kembali untuk digunakan pada tahun 2015.

3 dari 12 halaman

2. Stadion AT&T

Stadion AT&T terkenal sebagai rumah bagi tim sepak bola Amerika, Dallas Cowboys. Lapangannya banyak digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan.

Stadion yang berada di Arlington Texas tersebut adalah stadion berkubah terbesar di dunia. Atapnya dapat dibuka, dan di tengah stadion tergantung layar televisi berdefinisi tinggi yang sangat besar, terbesar di dunia.

Sebagai pelengkap, Stadion AT&T memiliki kapasitas 105.000, tertinggi kedua dari semua stadion sepak bola.

4 dari 12 halaman

3. Stadion Melbourne Cricket Ground

Sesuai namanya, Melbourne Cricket Grounds  terletak di Melbourne Australia, stadion ini dirancang untuk menjadi tuan rumah pertandingan kriket pada tahun 1853. Namun demikian, stadion ini juga menyelenggarakan acara lain, termasuk pertandingan sepak bola.

Pada tahun 1997, tempat tersebut menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola internasional pertama yang diakui FIFA, yang merupakan pertandingan kualifikasi Piala Dunia antara Australia dan Iran.

Stadion ini juga menjadi tuan rumah pertandingan yang melibatkan klub-klub Eropa populer, seperti Manchester United dan Juventus. Melbourne Cricket Grounds, sering dikenal dengan bahasa sehari-hari sebagai "The G", stadion ini memiliki kapasitas 100.024.

5 dari 12 halaman

4. Stadion Camp Nou

Camp Nou adalah stadion kandang klub sepak bola populer, FC Barcelona. Berbasis di Barcelona Spanyol, Camp Nou adalah stadion sepak bola terbesar di Eropa dan memiliki kapasitas 99.354.

Awalnya dibangun pada tahun 1957, Camp Nou sedang menjalani rekonstruksi besar-besaran saat ini. Faktanya, stadion ini sangat dihormati oleh para penggemar sehingga perlu diadakan referendum untuk menyetujui rencana rekonstruksi stadion, yang akan selesai pada 2022.

6 dari 12 halaman

5. Stadion FNB

Stadion FNB adalah stadion sepak bola terbesar di Afrika yang terletak di kota Johannesburg, Afrika Selatan. Stadion ini juga dikenal sebagai Soccer City.

Stadion ini selesai dibangun pada tahun 2009 sehingga dapat menjadi tuan rumah pertandingan selama Piala Dunia FIFA 2010. Sebenarnya stadion ini tidak dibangun dari awal, melainkan sebagai rekonstruksi dari stadion asli yang dibangun pada tahun 1989, selama era Apartheid Afrika Selatan.

Stadion FNB memiliki kapasitas 94.736 penonton.

7 dari 12 halaman

6. Stadion Rose Bowl

Rose Bowl terletak di Pasadena, California. Stadion ini lebih terkenal sebagai stadion American Football daripada sepak bola. Meski demikian, stadion ini juga menjadi tempat penyelenggaraan dua putaran final Piala Dunia FIFA.

Awalnya dibangun pada tahun 1922 dan diperluas seiring waktu. Saat ini, Rose Bowl memiliki kapasitas 92.542 penonton.

8 dari 12 halaman

7. Stadion Wembley

London Inggris adalah rumah bagi Stadion Wembley yang berkapasitas 90.000 orang. Wembley saat ini sebenarnya adalah versi baru dari stadion yang didirikan pada tahun 1923.

Bangunan saat ini dibangun dari tahun 2002 hingga 2007. Salah satu ciri khas Wembley adalah lengkungan raksasa yang berfungsi sebagai tiang utama, struktur penyangga atap.

Setiap tahun, stadion menjadi tuan rumah Final Piala Asosiasi Sepak Bola (FA).

9 dari 12 halaman

8. Stadion Estadio Azteca

Stadion yang berbasis di Mexico City ini selesai dibangun pada tahun 1966. Tempat tersebut berkapasitas 87.523 orang.

Estadio Azteca dibedakan berdasarkan jumlah ruang pribadi yang dimilikinya untuk menampung klien korporat besar. Ada total 856 ruang pribadi yang merupakan tempat duduk premium.

Stadion ini telah menjadi tuan rumah bagi dua Piala Dunia pada tahun 1970 dan 1986, serta kompetisi sepak bola internasional lainnya, seperti Piala Konfederasi FIFA dan Gold Cup.

10 dari 12 halaman

9. Stadion Nasional Bukit Jalil

Stadion Nasional Bukit Jalil terletak di Kuala Lumpur Malaysia. Selesai pada tahun 1998 untuk menjadi tuan rumah Commonwealth Games tahun itu, stadion ini sekarang menjadi stadion terbesar di Asia Tenggara.

Tempat tersebut telah menjadi tuan rumah beberapa kompetisi sepak bola internasional dan sekarang menjadi tuan rumah bagi tim sepak bola nasional Malaysia. Tempat ini bisa menampung hingga 87.411 penonton.

11 dari 12 halaman

10. Stadion Borg El Arab

Berbasis di Mesir, Stadion Borg El Arab, selesai tahun 2007. Stadion ini dapat menampung hingga 86.000 penonton.

Ini adalah stadion terbesar kedua di Afrika dan dibangun sebagai bagian dari upaya Mesir yang gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2010.

Pada 2017, stadion ini penuh sesak selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Mesir dan Kongo.

 

Reporter: Ruben Irwandi

12 dari 12 halaman

Diego Maradona dalam Angka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.