Sukses

Berapa Harga Bumi Jika Dijual? Ini Hipotesis Ahli

Seperti yang dilaporkan Treehugger, seorang ilmuwan telah mengembangkan formula khusus yang memungkinkan kita memperkirakan berapa harga Bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Planet ini adalah rumah kita bersama. Mungkin Bumi adalah tempat paling berharga yang kita tahu, dan sekaligus itu tidak ternilai harganya.

Sumber daya Bumi dan nilai yang ditawarkannya kepada manusia menambah biaya nyata yang tidak diketahui seberapa besar.

Jadi, tidak perlu khawatir untuk membeli atau menjual Bumi. Namun, tentu kita dibuat penasaran dan berpikir keras dalam kerangka angka konkret yang bisa membantu kita lebih memahami nilainya.

Seperti yang dilaporkan Treehugger, seorang ilmuan telah mengembangkan formula khusus yang memungkinkan kita memperkirakan hal itu.

Menurut perhitungan Greg Laughlin, asisten profesor astronomi dan astrofisika dari Universitas California Santa Cruz, Bumi bernilai sekitar US$ 5 kuadriliun (atau $ 5.000.000.000.000.000), demikian dikutip dari laman Mentalfloss.com, Senin (30/11/2020).

Dia mendapatkan harga tersebut setelah mengukur massa planet, suhu, usia, dan faktor lain yang secara langsung berkorelasi dengan kemampuannya untuk mempertahankan kehidupan.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Planet lain

Untuk menekankan betapa berharganya Bumi, Laughlin juga memperkirakan nilai planet lain di tata surya kita.

Tetangga terdekat kita, Mars harganya hampir sama dengan mobil bekas seharga $ 16.000. Jumlah itu sama dibandingkan dengan Venus, yang dia nilai hanya beda satu sen.

Laughlin tidak berharap angka-angka ini diperdebatkan di dunia nyata. Sebaliknya, dia berharap mereka akan menginspirasi orang untuk lebih menghargai satu-satunya rumah yang mereka kenal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.