Sukses

Bocah Masukkan Koin ke Hidung, Ini yang Terjadi 53 Tahun Kemudian

Bocah ini memasukkan koin ke hidungnya saat berusia enam tahun. Lalu melupakannya begitu saja karena sang ibu yang galak. Inilah yang terjadi pada 53 tahun kemudian.

Liputan6.com, Konchalovsky - Seorang pria berusia 59 tahun di Zelenograd, Rusia, mengalami masalah serius pada pernapasan yang dirasakan lebih dari setengah abad. Belakangan diketahui alasannya kesulitan bernapas karena koin dalam hidung yang dimasukkan olehnya semasa kecil.

Setelah itu, keberadaan benda tersebut terlupakan selama bertahun-tahun.

Dilansir dari Odditycentral, Senin (30/11/2020), kasus tersebut diketahui setelah laporan dokter dari Konchalovsky City Clinical Hospital di Zelenograd, Rusia yang mengatakan seorang pasien tak dapat bernapas sama sekali melalui lubang hidung kanannya selama beberapa bulan.

Hasil CT scan yang dilakukan kepada pasien tersebut menunjukkan kalau saluran hidung kanan itu benar-benar tersumbat oleh suatu benda asing, dengan kepadatan seperti batu yang tertahan di posterior, dekat nasofaring.

Kelengkungan pada septum yang umum juga diamati, namun itu tidak menghalangi saluran hidung sepenuhnya. Masalahnya adalah benda asing tersebut, tetapi septum yang menyimpang itu juga telah mengganggu kesulitan bernafas pasien yang akhirnya memilih untuk mencari bantuan.

Pasien berusia 59 tahun itu awalnya tak memberi tahu dokter bahwa benda asing mungkin menjadi penyebab kesulitan bernapasnya. Itu juga karena dia tak menyadarinya.

Barulah setelah melihat hasil CT scan dan mengetahui ada benda bulat misterius, pria yang tidak disebutkan namanya itu ingat pernah bermain dengan koin kecil satu kopeck (mata uang Rusia). Ia mengaku mendorongnya ke hidung ketika berusia sekitar enam tahun.

Kendati demikian, sang ibu yang galak membuat dirinya terlalu takut memberitahukan telah memasukkan koin dan tersangkut di lubang hidung kanan. Hingga akhirnya dia membiarkannya begitu saja, dan seiring berjalannya waktu melupakan hal tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dokter Mendengarkan Dengan Skeptis

Pada mulanya dokter mendengarkan ceritanya dengan skeptis, tak percaya dengan kisah tersebut. Setelah mengeluarkan koin melalui operasi endoskopi yang berlangsung 1,5 jam, kemudian memeriksanya, barulah mereka mempercayainya.

Rhinolith merupakan batu hidung yang biasanya terbentuk di sekitar benda asing, dan pada koin logam menunjukkan jika benda itu telah berada di hidung pria itu selama cukup lama. Setengah abad juga tampaknya tidak lagi mustahil.

Selama prosedur dalam mengeluarkan koin, dokter juga memperbaiki bagian septumnya yang menyimpang, untuk meningkatkan pernapasan pada hidungnya. Namun, spesialis THT, Elena Nepryakhina mengatakan kepada Moscow Press Agency bahwa pria itu sangat muak karena hidungnya yang tersumbat. Sehingga dia mencabut perbannya segera, setelah bangun dari anestesi.

Dokter mengatakan, pria itu beruntung karena mendapatkan kembali kapasitas pernapasan pada hidungnya, dan dapat menghindari komplikasi yang serius akibat benda asing untuk waktu yang lama.

Dalam kasus ini, berbagai komplikasi intrakranial dan purulen-septik dapat saja terjadi, tetapi pria berusia 59 tahun tersebut tidak mengalami apapun kecuali adanya kesulitan bernapas.

Reporter : Romanauli Debora

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.