Sukses

Istri Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Pakai Masker Batik Buatan Indonesia

Ibu Negara Turki, Emine Erdoğan terlihat mengenakan masker batik tulis dari Indonesia berbahan sutera di berbagai kesempatan baru-baru ini

Liputan6.com, Ankara - Ibu Negara Turki, Emine Erdoğan terlihat mengenakan masker batik tulis dari Indonesia berbahan sutera di berbagai kesempatan baru-baru ini. Masker batik tulis sutera tersebut dipesan khusus KBRI Ankara dari seniman batik Bayu Aria Widhi dari Hotwax Studio, Yogyakarta. 

Istri dari Presiden Recep Tayyip Erdogan itu memang dikenal sangat menggemari berbagai koleksi tekstil tradisional. Ia terlihat mengenakan masker batik bermotif parang dalam sejumlah kegiatan resmi. Demikian informasi dalam rilis dari oleh KBRI Ankara yang diterima Liputan6.com pada Minggu (29/11/2020).

Dari pantauan pada laman instagram resmi Ibu Negara Turki, salah satu kesempatan resmi Emine Erdogan memakai masker batik adalah saat menerima kunjungan Ibu Negara Nigeria, Hadja Aissata, di komplek istana kepresidenan Cumhurbaşkanlığı Külliyesi di Ankara.

Masker batik yang digunakan oleh Emine Erdogan adalah hadiah yang diberikan oleh Duta Besar RI untuk Republik Turki kepada Presiden Erdogan. Hadiah tersebut disampaikan pada Agustus 2020 dalam rangka perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-75 dan sekaligus perayaan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Turki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemberian Masker sebagai Bentuk Promosi Produk Indonesia

"Semula kita merencanakan menyelenggarakan sejumlah kegiatan peringatan HUT RI ke-75 dan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia -Turki yang jatuh pada akhir tahun 2020. Namun karena adanya wabah, kita harus berinovasi," ombuh Dion Swasono, koordinator Fungsi Polpensosbud KBRI Ankara.

"Dengan mengirimkan masker batik tulis sutera, KBRI Ankara merayakan keduanya dengan cara yang elegan, mempromosikan batik sekaligus menunjukkan sensibilitas terhadap kebutuhan protokol kesehatan," tambahnya.

Dalam rangka kedua peringatan tersebut, KBRI Ankara menyiapkan lima ratusan masker batik sutera yang dikemas secara eksklusif. Masker-masker tersebut dikirimkan kepada tokoh-tokoh penting di Turki, para duta besar negara sahabat yang ada di Ankara serta friends of Indonesia di Turki.

Inisiatif mengirimkan masker batik tulis sutera tersebut adalah sebagai bentuk promosi batik tulis yang juga memenuhi kebutuhan penerapan protokol kesehatan saat ini.

Selain digunakan oleh Emine Erdogan, sejumlah menteri kabinet dan tokoh politik di Turki juga kerap terlihat memakai masker batik pemberian KBRI Ankara tersebut dalam berbagai acara kenegaraan dan diplomatik di Turki dalam beberapa bulan terakhir.

 

Reporter: Ruben Irwandi

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Keajaiban Cuci Tangan Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.