Misteri Monolit Logam di Tengah Gurun Utah AS, Terkait dengan Alien?

Oleh Hariz Barak pada 28 Nov 2020, 17:01 WIB
Diperbarui 28 Nov 2020, 17:01 WIB
Monolit logam misterius di gurun Utah. Diasosiasikan dengan alien dan ekstraterestrial (Departemen Keamanan Publik Negara Bagian Utah)
Perbesar
Monolit logam misterius di gurun Utah. Diasosiasikan dengan alien dan ekstraterestrial (Departemen Keamanan Publik Negara Bagian Utah)

Liputan6.com, Utah - Seorang awak helikopter dari Departemen Keamanan Publik Utah, Amerika Serikat baru-baru ini menemukan sebuah monolit logam besar di gurun berbatu di bagian tenggara negara bagian itu. Sejauh ini, tidak ada yang tahu apa sebenarnya benda logam itu, atau bagaimana benda itu sampai di sana.

Pada Rabu 25 November 2020, saat membantu Divisi Sumber Daya Margasatwa menghitung domba bighorn di tenggara Utah, anggota kru helikopter dari Biro Aero Departemen Keamanan Publik Utah melihat sesuatu yang tidak biasa di gurun berbatu dan tandus di bawah; balok logam halus dan berkilau menyerupai monolit

Benda seperti itu bukanlah sesuatu yang biasanya sering ditemukan di sekitar area tersebut, jadi kru memutuskan untuk mendarat dan melihatnya lebih dekat.

Struktur misterius itu memang menimbulkan banyak pertanyaan, yang sebagian besar masih belum terjawab.

"Salah satu ahli biologi … melihatnya, dan kami kebetulan terbang tepat di atasnya," kata pilot Bret Hutchings kepada afiliasi CNN, KSL, seperti dikutip dari Oddity Central, Sabtu (28/11/2020).

"Dia seperti, 'Wow, wow, wow, putar balik!' Dan saya seperti, 'Ada apa?' Dan dia seperti, 'Ada benda di belakang sana - kita harus melihatnya!'"

Tim tersebut mendarat di dekat monolit dan pergi untuk menyelidiki, dengan salah satu anggota bercanda bahwa jika sesuatu terjadi pada salah satu dari mereka, yang lain harus kabur.

Benda berbentuk persegi panjang terbuat dari logam, yang tingginya antara 10 dan 12 kaki (3 sampai 3,6 m), tampaknya terdiri dari lembaran logam yang disatukan dengan sekrup. Siapa pun yang meletakkannya di sana tidak hanya menjatuhkannya, mereka berusaha memotong dasar batu yang dipotong dan melapisi monolit di sana.

"Itu hal teraneh yang pernah saya temui di luar sana selama bertahun-tahun terbang," kata Hutchings. "Saya berasumsi bahwa itu adalahn karya seniman gelombang baru atau sesuatu atau, Anda tahu, seseorang yang merupakan penggemar berat film '2001: A Space Odyssey'."

Sebagai informasi, film besutan sutradara kondang Stanley Kubrick pada tahun 1968 itu menceritakan perjalanan manusia ke planet Jupiter dengan komputer cerdas HAL setelah penemuan sebuah monolit alien yang mempengaruhi manusia.

Departemen Keamanan Publik Utah telah memutuskan untuk merahasiakan lokasi objek misterius itu, karena takut para penggemar fiksi ilmiah akan berduyun-duyun ke sana dan berisiko terluka atau terdampar dalam prosesnya. Daerahnya terpencil, dan hanya memiliki sedikit jalan, yang membuat Anda bertanya-tanya bagaimana monolit dibawa ke sana.

Meski diasosiasikan dengan film alien, namun kemungkinan itu sangat kecil tampaknya…

Terlepas dari upaya untuk merahasiakan lokasi monolit, internet telah bekerja keras mencoba untuk menunjukkan keberadaannya berdasarkan foto yang dirilis oleh otoritas Utah. Menurut beberapa utas Reddit, lokasi pencarian telah dipersempit.

Berita tentang monolit misterius yang ditemukan di gurun terpencil Utah telah menjadi berita utama internasional, tetapi jika siapa pun yang bertanggung jawab melapor atau ditemukan oleh pihak berwenang, mereka berisiko dikenakan denda yang besar.

"Adalah ilegal untuk memasang bangunan atau karya seni tanpa izin di lahan publik yang dikelola pemerintah federal, tidak peduli dari planet mana Anda berasal," tulis Departemen Keamanan Publik Utah di situsnya.

2 dari 3 halaman

John McCracken

Sementara banyak yang menduga --beberapa dengan serius, sebagian besar bercanda-- bahwa monolit ditanam oleh pengunjung ekstra-terestrial, teori yang berlaku adalah bahwa itu adalah karya seni konseptual yang belum diklaim.

Awalnya para ahli menyarankan itu mungkin sebuah karya yang tidak diketahui oleh mendiang John McCracken, yang dikenal dengan patung "papan" nya. Pengelola galeri seni, David Zwirner awalnya mengkonfirmasi ini, tetapi galeri kemudian mencabut pernyataan itu, mengatakan mereka percaya itu adalah artis lain yang memberi penghormatan. McCracken meninggal pada tahun 2011.

Beberapa daring kemudian mempersempit artis lain, Petecia Le Fawnhawk, yang memasang patung totemik di lokasi gurun rahasia dan, yang terpenting, dulu tinggal dan bekerja di Utah.

Tetapi dia mengatakan kepada majalah seni online Artnet bahwa meskipun dia "memiliki pemikiran untuk menanam monumen rahasia di gurun", dia "tidak dapat mengklaim yang ini," ujarnya seperti dikutip dari BBC, Sabtu (28/11/2020). Jadi, pencipta totem tetap menjadi misteri untuk saat ini.

Tidak jarang karya seni dipasang di lokasi terpencil - baik sebagai patung, atau sebagai "seni tanah", suatu bentuk seni yang memanfaatkan alam sekitarnya. Untuk banyak dari karya seni ini, perjalanan menuju ke sana adalah bagian dari karya seni sebagai instalasi sebenarnya.

Salah satu contoh paling terkenal dari ini adalah The Lightning Field karya Walter de Maria. Lokasi tepatnya adalah rahasia yang dijaga ketat --yang diketahui adalah lokasinya di gurun tinggi di barat New Mexico, meskipun sekelompok kecil pengunjung dapat memesan untuk dibawa ke sana. Lainnya adalah seni tanah temporer Martin Hill dan Philippa Jones, seperti Synergy --sebuah karya yang dipasang di Danau Wanaka, Selandia Baru, pada 2009.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓