Sukses

Masker Sering Tak Pas di Wajah? Lakukan Trik 60 Detik Ini

Karena masker wajah telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, orang-orang telah menemukan cara inovatif untuk membuatnya lebih nyaman dan efektif.

Liputan6.com, Jakarta- Apakah Anda menjadi salah satu dari kebanyakan orang yang merasa risih menggunakan masker? Bukan karena ingin melanggar protokol kesehatan, namun terkadang masker yang kita gunakan kurang pas di wajah. Sehingga merepotkan kita sendiri.

Karena masker wajah telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, orang-orang telah menemukan cara inovatif untuk membuatnya lebih nyaman dan efektif.

Ada trik untuk menutupi tanpa melukai telinga, membuat kaca mata berkabut, atau pecah.

Dikutip dari laman Mentalfloss.com, Kamis (26/11/2020) tips ini dari Olivia Cuid, M.D. dan bisa menjadi kunci untuk membuat masker berukuran besar lebih pas di sekitar wajah Anda.

Mengatasi masalah ini hanya membutuhkan waktu 60 detik atau kurang dan berfungsi pada masker sekali pakai atau masker kain dengan loop telinga.

Untuk mencegah sisi masker menonjol, ikat kedua lilitan telinga menjadi simpul. Semakin dekat simpulnya ke sisi masker, maka semakin pas masker tersebut di wajah Anda.

Setelah simpul aman, buka masker dan cari celah di mana simpul bertemu dengan kain. Tutup lubang ini dengan menyelipkannya di belakang loop. Sekarang, saat Anda memakai masker, kainnya akan pas di wajah.

Trik ini bagus untuk orang dengan wajah kecil, atau siapa saja yang menginginkan perlindungan lebih dari maskernya.

Setelah menyesuaikan ukuran masker wajah Anda, pastikan untuk mencucinya secara teratur. Inilah cara terbaik untuk menjaga kebersihan masker wajah yang dapat digunakan kembali.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masker Sekali Pakai Belum Tentu Memenuhi Standar Medis

Ada fakta menarik soal masker. Anda perlu hati-hati dalam memilihnya. Meski masker sekali pakai ini diberi label masker bedah, tidak semua masker sekali pakai ini memenuhi standar internasional. Hal ini disampaikan Gareth Tang, wakil presiden senior teknologi dan kepala Innosparks di ST Engineering.

Gareth yang memimpin pendirian lini produksi masker bedah hanya dalam dua minggu, mengatakan bahwa perusahaan memiliki "kontrol kualitas yang ketat, dari ujung-ke-ujung" untuk memastikan bahwa masker bedahnya berkualitas medis.

Ini termasuk menguji seberapa mudah bernapas menggunakan masker dan seberapa efisien lapisan filtrasi.

Efisiensi penyaringan bakteri dari masker bedah harus di atas 95 persen, dan itu harus tahan terhadap penetrasi cairan tubuh, menurut Otoritas Ilmu Kesehatan.

Jadi, pembacaan efisiensi 98 persen untuk bahan masker ST Engineering menandai tingkat yang "memblokir 98 persen bakteri dan virus, dan itu termasuk virus COVID-19, melalui masker", kata Tang.

Perusahaan itu sekarang berupaya membuat topengnya lebih banyak tersedia, katanya. "Kami berharap dapat membawa topeng ini ke masyarakat umum dalam waktu dekat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.