Sukses

Sedan Misterius Tabrak Gerbang Kantor Kanselir Jerman Angela Merkel, Sopir Ditangkap

Sebuah mobil sedan dilaporkan menabrak pagar bangunan tempat Kanselir Jerman Angela Merkel berkantor di ibu kota Berlin pada Rabu 25 November.

Berlin - Beredar gambar di media sosial bahwa sebuah mobil misterius menabrak pagar bangunan tempat Kanselir Jerman Angela Merkel berkantor. Kendati demikian, hingga kini foto yang sudah tersebar luas itu belum diverifikasi kebenarannya.

Laporan DW Indonesia yang dikutip Kamis (26/11/2020), sebuah mobil sedan dilaporkan menabrak pagar bangunan tempat Kanselir Jerman Angela Merkel berkantor di ibu kota Berlin pada Rabu 25 November. Foto yang belum diverifikasi yang dibagikan di media sosial menunjukkan sebuah mobil sedan dengan cat di sisi bodi mobil bertuliskan: "Kalian terkutuk, pembunuh anak-anak dan orangtua."

Sebuah cuitan di Twitter dari lembaga penyiar publik Jerman Deutschlandfunk menunjukkan kendaraan itu berhenti di dekat gerbang, selain itu ada sejumlah besar kendaraan darurat di area yang biasanya terlarang. 

Sementara gambar lain dari tempat kejadian menunjukkan tulisan: "Hentikan Politik Globalisasi" yang ditulis dengan cat putih di sisi lain kendaraan, seperti yang dibagikan oleh jurnalis Deutsche Welle, Giulia Saudelli.

"Rekan kami saat ini berada di tempat kejadian di kantor kanselir bersama dengan polisi federal. Sebuah mobil berada di pintu gerbang gedung itu - kami sedang dalam proses mengklarifikasi apakah pengemudi sengaja menabrakkannya. Dia kini berada dalam tahanan polisi. Ikuti info selanjutnya," tulis polisi Berlin melalui akun Twitter.

Melalui sebuah twit beberapa saat kemudian, polisi Jerman mengonfirmasi bahwa pengemudi yang merupakan seorang lelaki berusia 54 tahun telah ditangkap.

Berdasarkan keterangan dari seorang juru bicara kepolisian Berlin kepada kantor berita Reuters, disebutkan bahwa mereka tak mencurigai adanya serangan ekstremis.

"Saat ini, kami tidak bekerja berdasarkan asumsi ini," imbuh jubir tersebut.

 

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berlin dalam Keadaan Siaga, Motif Belum Diketahui

Dalam foto yang beredar, Sedan dengan merek Volkswagen ini teridentifikasi memiliki pelat nomor dari wilayah Lippe di negara bagian Nordrhein-Westfalen.

Mobil dan gerbang yang terbuat dari besi menunjukkan tanda-tanda kerusakan ringan. Kendati demikian belum ada laporan korban dari peristiwa ini.

Insiden ini berlangsung saat Kanselir Merkel dan perdana menteri dari seluruh negara bagian Jerman tengah mengadakan pertemuan, mengenai perlu atau tidaknya memberlakukan perpanjangan tindakan penguncian atau lockdown terkait COVID-19 di seluruh negeri.

Belakangan ini Berlin menjadi pusat demonstrasi menentang kebijakan pembatasan untuk menekan laju sebaran Virus Corona COVID-19. Aksi tersebut mayoritas dihadiri oleh simpatisan neo-Nazi dan orang-orang yang percaya akan teori konspirasi.

Sejauh ini masih belum jelas apakah ada kaitan antara protes dan insiden di depan kantor Kanselir Merkel.

3 dari 3 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.