Sukses

10 Jenis Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Bau Badan Tak Sedap

Beberapa jenis makanan yang bisa membuat bau badan menjadi tidak sedap.

Liputan6.com, Jakarta - Anda tentu pernah mendengar peribahasa yang menyebut "you are what you eat", atau yang berarti "Anda adalah apa yang Anda makan". 

Hal itu mengartikan bahwa apapun yang Anda makan menggambarkan diri Anda sendiri. 

Ini termasuk ketika makanan yang Anda konsumsi juga mengakibatkan efek tertentu untuk tubuh, salah satunya bau badan.

Rupanya, beberapa jenis makanan bisa berpotensi menimbulkan bau badan.

Melansir laman Bright Side, Rabu (25/11/2020), berikut adalah beberapa jenis makanan yang berpotensi menimbulkan bau badan:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Tomat

Charles Stewart, seorang ilmuwan Inggris telah membuktikan bahwa bau badan yang tidak sedap bisa dikaitkan dengan konsumsi tomat. Dia menemukan kesamaan bau keringatnya dengan minyak batang tomat dan mulai menganalisis kebetulan ini. Bau keringat dipengaruhi oleh kandungan terpene dan karotenoid pada tomat.

Penelitian ilmiah telah membuktikan hubungan antara jumlah tomat dan produk terpene lain yang Anda makan dengan peningkatan bau keringat. 

Jadi, berhati-hatilah untuk makan sayuran favorit Anda dalam jumlah sedang. 

3 dari 11 halaman

2. Produk Susu

Anehnya, orang Asia Tenggara dan hampir semua penduduk asli Amerika tidak toleran terhadap laktosa. 

Orang-orang ini memiliki sedikit enzim pencernaan laktase. Orang lain di dunia juga dapat mengalami penurunan tingkat enzim ini, dan ini menyebabkan produksi gas yang tidak normal dan perut kembung.

Dalam beberapa kasus, gangguan metabolisme menyebabkan keringat berbau seperti kubis. Jika tubuh tidak dapat mencerna leusin, isoleusin, dan valin dalam produk susu, cairan biologis manusia berbau seperti sirup maple.

Jika Anda tidak mengalami gejala di atas, Anda dapat minum susu tanpa risiko apa pun.

4 dari 11 halaman

3. Ikan

Ikan mengandung vitamin A dalam jumlah yang sangat tinggi.

Namun beberapa jenis ikan, seperti trout dan tuna, memiliki kandungan kolin (vitamin B4) yang banyak. Ini menambah bau ikan pada bau alami tubuh.

Orang dengan konsentrasi kolin tinggi rentan terhadap "sindrom bau ikan" atau trimethylaminuria , yang dapat disembuhkan dengan diet khusus dan perawatan medis.

5 dari 11 halaman

4. Kubis

Brokoli, kembang kol, dan kubis mengandung banyak penghambat oksidasi. Tapi jenis sayuran tersebut juga mengandung banyak belerang, yang bisa menyebabkan bau tak sedap.

Belerang terpecah menjadi zat yang berbau tidak sedap, bertahan selama berjam-jam dan memengaruhi perut kembung. Anda tidak boleh menolak untuk makan kubis, tetapi lebih baik mengontrol jumlahnya dalam makanan harian Anda.

6 dari 11 halaman

5. Durian

Durian adalah buah eksotis yang tumbuh di Asia Tenggara.

Buah ini memiliki rasa yang luar biasa disertai dengan bau yang tidak sedap. Bagi sebagian orang, durian yang matang berbau seperti ikan busuk tetapi kandungan krim di dalamnya sangat enak. Buah ini juga menjadi "kotak" vitamin, mineral, sulfur, dan asam amino.

Lantaran baunya yang menusuk, sudah lumrah bagi Thailand, Singapura, dan negara lain untuk melarang makan buah ini di tempat umum.

7 dari 11 halaman

6. Bawang

Bawang putih, bawang merah dan cabai menumpuk zat yang kemudian dibuang oleh paru-paru dan keringat Anda, membuat tubuh dan mulut Anda menghasilkan bau yang kuat.

8 dari 11 halaman

7. Rempah

Mudah untuk mengira bahwa sebagian besar rempah-rempah dan tumbuhan mempengaruhi suhu tubuh. Kari dan jintan terus mempengaruhi limbah pori selama beberapa hari dan jintan membuat bau urin lebih kuat.

Jika Anda pecinta rempah-rempah, cobalah beberapa yang baunya tidak terlalu agresif seperti jahe atau kapulaga.

9 dari 11 halaman

8. Kacang Polong

Jika kita perlu membuat daftar produk yang paling memengaruhi perut kembung, maka kacang polong pasti ada di urutan teratas. Protein yang terkandung sulit dicerna, dan sebagian darinya berpindah ke usus Anda hingga meningkatkan jumlah produksi gas.

Namun, jangan terburu-buru untuk menghilangkan kacang polong dari menu Anda. Mereka kaya vitamin B, B2, PP, A, dan C bersama dengan zat besi, fluor, dan asam sitrat .

Untuk menetralkan efek negatifnya, cukup rendam dalam air selama 8 jam.

10 dari 11 halaman

9. Alkohol

Alkohol menimbulkan bau tidak sedap bagi tubuh.

Hal ini terjadi karena hati tidak memproses seluruh jumlah minuman keras, yang menyebabkan transmisi alkohol melalui sistem peredaran darah ke paru-paru Anda dan mengeluarkannya dalam bentuk napas yang memabukkan.

Karena tubuh kita "menganggap" alkohol adalah racun, ia mendaur ulang zat tersebut menjadi asam asetat yang tidak berbahaya yang kemudian dikeluarkan melalui pori-pori kulit dengan bau yang kuat.

11 dari 11 halaman

10. Lobak

Lobak memiliki bau yang kuat sehingga sangat mempengaruhi bau badan. Ini terutama menyangkut bau di mulut yang bisa bertahan selama berjam-jam. Lobak rebus tidak terlalu agresif tetapi akan kehilangan banyak elemen berguna saat disiapkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.