Sukses

Donald Trump Minta Penghitungan Ulang Hasil Pemilu AS di Georgia

Tim kampanye Donald Trump meminta penghitungan suara ulang dilakukan di Georgia.

Liputan6.com, D.C - Tim hukum Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Sabtu (21 November) bahwa tim kampanyenya telah meminta penghitungan ulang suara dalam pemilihan presiden Georgia setelah hasil menunjukkan Demokrat Joe Biden memenangkan negara bagian tersebut.

Menteri Luar Negeri Republik Brad Raffensperger pada hari Jumat mengesahkan hasil pemilihan negara bagian, yang membuat Biden mengalahkan Trump dengan 12.670 suara dari sekitar 5 juta suara, atau 0,25 persen. Gubernur Republik Brian Kemp kemudian mengesahkan daftar 16 pemilih presiden untuk negara bagian itu. Demikian seperti melansir Channel News Asia, Minggu (22/11/2020).

Pernyataan dari tim hukum Trump mengatakan: “Hari ini, kampanye Trump mengajukan petisi untuk penghitungan ulang di Georgia. Kami berfokus untuk memastikan bahwa setiap aspek Hukum Negara Bagian Georgia dan Konstitusi AS dipatuhi sehingga setiap suara sah dihitung. Presiden Trump dan kampanyenya terus menuntut penghitungan ulang yang jujur ​​di Georgia, yang harus menyertakan pencocokan tanda tangan dan pengamanan penting lainnya.

"Tanpa pencocokan tanda tangan, penghitungan ulang ini akan menjadi palsu dan sekali lagi memungkinkan penghitungan suara ilegal," tambah pernyataan itu.

"Jika tidak ada pencocokan tanda tangan, ini akan sama palsu dengan penghitungan suara awal dan penghitungan ulang. Mari berhenti memberi hasil palsu Rakyat. Pasti ada saatnya kita berhenti menghitung surat suara ilegal. Mudah-mudahan segera datang."

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat Penghitungan Ulang

Hukum Georgia mengizinkan seorang kandidat untuk meminta penghitungan ulang jika marginnya kurang dari 0,5 persen. Penghitungan ulang akan dilakukan dengan menggunakan pemindai yang membaca dan mentabulasi suara.

Petugas pemilihan kabupaten telah melakukan penghitungan ulang lengkap dari semua suara yang diberikan dalam pemilihan presiden. Tapi itu berasal dari persyaratan audit wajib dan tidak dianggap penghitungan ulang resmi di bawah hukum.

Undang-undang negara bagian mewajibkan satu pemilihan umum diaudit dengan tangan untuk memastikan bahwa mesin menghitung surat suara secara akurat, dan Raffensperger memilih pemilihan presiden. Karena margin yang ketat dalam lomba itu, penghitungan suara secara penuh diperlukan untuk menyelesaikan audit, katanya.

Trump telah mengkritik audit tersebut, menyebutnya sebagai "lelucon" dalam tweet yang mengklaim tanpa bukti bahwa "ribuan suara curang telah ditemukan". Twitter telah menandai postingan tersebut sebagai berisi informasi yang disengketakan.

Suara yang sebelumnya tidak dihitung ditemukan di beberapa negara selama audit, yang membutuhkan sertifikasi ulang hasil pemilu di negara-negara tersebut sebelum sertifikasi negara dari hasil tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.