Sukses

Kerap Dinilai Rasis, Dukungan Kelompok Minoritas ke Donald Trump Justru Naik

Presiden AS Donald Trump kerap dianggap rasis atas perkataan maupun keputusannya namun dukungan dari kalangan minoritas justru meningkat. Ada apa?

Liputan6.com, Jakarta - Terlepas dari kekalahannya dalam pemilihan umum, Presiden Donald Trump dapat membanggakan keberhasilan yang menarik perhatian lembaga survei. Dia lebih populer di kalangan pemilih etnis minoritas daripada pada tahun 2016.

Beberapa orang mungkin menganggap ini mengejutkan mengingat kritikus politiknya begitu sering menuduhnya melakukan rasisme dan Islamofobia. 

Melansir BBC, Minggu (22/11/2020), Trump menyangkal menjadi rasis dan menuduh Demokrat meremehkan pemilih Afrika-Amerika.

Presiden Republik tersebut memperoleh 6% suara di antara pria kulit hitam, dan peningkatan 5% di antara wanita Hispanik. Itu berarti beberapa pemilih berubah pikiran dan memutuskan untuk memberikan suara mereka, setelah tidak memberikan suara atau memberikan suara untuk kandidat lain pada tahun 2016. Tapi hal itu memberi tahu kita sesuatu tentang daya tarik unik Trump.

"Saya jelas tumbuh lebih liberal - nenek saya besar dalam gerakan hak-hak sipil di sini di Texas selama tahun 60-an, dan saya tumbuh dengan ideologi itu."

Mateo Mokarzel (40) adalah mahasiswa pascasarjana dari Houston, Texas dan memiliki warisan campuran, Meksiko dan Lebanon. 

Dia tidak memberikan suara pada tahun 2016, dan dia tidak setia kepada salah satu partai besar - tetapi kali ini dia memutuskan untuk memberikan suaranya untuk Partai Republik.

"Pertama kali Trump mencalonkan diri saya benar-benar tidak yakin. Saya hanya berpikir, inilah pembawa acara talk-show selebriti yang ingin mencalonkan diri sebagai presiden, saya tidak menganggapnya serius - jadi saya bukan pendukung Trump untuk pertama kalinya. Sejujurnya, saya pikir dia mirip dengan Hillary, jadi saya tidak tertarik," katanya kepada BBC News.

Tetapi Mateo mengatakan bahwa asuhannya di Texas mewarnai pandangannya tentang kedua partai politik.

"Sulit bagi orang yang tidak berasal dari sini di Texas, orang lupa bahwa Texas dulunya adalah negara bagian biru," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Meningkat

Kelompok yang mengalami peningkatan dukungan terbesar untuk Trump dibandingkan tahun 2016, adalah pria kulit hitam.

Komunitas kulit hitam telah lama dipandang sebagai blok pemungutan suara yang secara konsisten memberikan dukungannya kepada Demokrat dalam jumlah besar setiap pemilihan. Tahun ini tidak berbeda - faktanya, menurut exit poll, pemilih kulit putih adalah satu-satunya kelompok di mana mayoritas memilih Trump.

Untuk alasan ini Sam Fulwood III, yang melakukan Black Swing Voter Project tahun ini, mengatakan kepada BBC News bahwa peningkatan dukungan untuk Trump di antara pemilih kulit hitam tidak boleh dilebih-lebihkan:"Saya pikir ini lebih menghebohkan daripada kenyataan," kata Fulwood, yang sangat kritis terhadap Trump. 

"Tidak ada demografis lain dalam masyarakat AS yang memilih Joe Biden dalam jumlah yang lebih tinggi daripada pria kulit hitam, kecuali wanita kulit hitam."

Tetapi meskipun pemilih kulit hitam cenderung memilih Demokrat secara berlebihan, mereka bukanlah monolit. 

Menurut studi Pew Research Center dari Januari 2020, seperempat Demokrat kulit hitam mengidentifikasi sebagai konservatif, dan 43% sebagai moderat.

Jajak pendapat Harvard-Harris 2018 juga menemukan bahwa orang kulit hitam Amerika lebih mendukung pengurangan imigrasi resmi daripada demografis lainnya - 85% mengatakan mereka ingin imigrasi dikurangi dari level saat ini, dan 54% memilih opsi paling ketat yang tersedia - memungkinkan kurang dari 250.000 imigran ke negara itu per tahun, atau bahkan mengatakan mereka tidak ingin mengizinkan imigran sama sekali. 

Dalam sebuah artikel di LA Times pada tahun yang sama, mantan diplomat Dave Seminara mengemukakan hal ini karena pemuda kulit hitam di AS "sering bersaing dengan para imigran baru untuk mendapatkan pekerjaan berketerampilan rendah."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.