Sukses

Xi Jinping: China Siap Tingkatkan Kerja Sama Vaksin, Mitigasi COVID-19 dengan Dunia

Presiden China Xi Jinping telah menyatak kesiapannya untuk meningkatkan kerja sama.

Liputan6.com, Beijing - Presiden Xi Jinping mengatakan pada hari Sabtu 21 November bahwa China siap untuk meningkatkan kerja sama terkait vaksin COVID-19 global, dan menyerukan koordinasi internasional yang lebih baik pada kebijakan untuk memfasilitasi pergerakan orang.

Perusahaan farmasi dan pusat penelitian di seluruh dunia sedang mengerjakan vaksin COVID-19 potensial, dengan uji coba global besar-besaran terhadap beberapa kandidat yang melibatkan puluhan ribu peserta sedang berlangsung. Demikian seperti mengutip laman Channel News Asia, Minggu (22/11/2020). 

China memiliki lima kandidat lokal yang menjalani uji coba Fase III.

"China bersedia memperkuat kerja sama dengan negara lain dalam penelitian dan pengembangan, produksi, dan distribusi vaksin," kata Xi pada KTT G20 di Riyadh melalui tautan video.

"Kami akan memenuhi komitmen kami, menawarkan bantuan dan dukungan kepada negara berkembang lainnya, dan bekerja keras untuk membuat vaksin menjadi barang publik yang dapat digunakan dan terjangkau oleh warga dari semua negara," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Koordinasi Kebijakan Internasional

Dia juga menyerukan koordinasi kebijakan internasional yang lebih kuat untuk membangun "jalur cepat" perjalanan yang akan memfasilitasi pergerakan global yang tertib.

Dengan pemikiran itu, Xi mengatakan China akan mengusulkan pembuatan mekanisme di mana hasil tes virus corona para pelancong diakui secara internasional melalui kode kesehatan digital.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.