Sukses

Manusia Kupon di Jepang, Hidup Hanya dari Voucher Selama 4 Dekade

Seorang pria Jepang mengaku telah hidup secara eksklusif dari kupon dan voucher selama hampir empat dekade.

Liputan6.com, Tokyo - Kita semua menyukai kupon dan voucher, tetapi dapatkah Anda membayangkan hidup dengan kupon dan voucher secara eksklusif selama hampir empat dekade? 

Seorang pria Jepang mengaku telah melakukannya selama 36 tahun terakhir, menambahkan bahwa dia belum menghabiskan satu yen pun dari uangnya sendiri selama waktu itu.

Hiroto Kiritani yang berusia 71 tahun adalah selebritas kecil di negara asalnya, Jepang. Kemampuannya untuk hidup nyaman dengan kupon tanpa mengeluarkan uang kecuali dia benar-benar harus melegenda, dan dia telah diundang di berbagai acara televisi dan acara selama bertahun-tahun. 

Kiritani mengatakan bahwa dia bertahan tanpa mengeluarkan uang sungguhan kecuali untuk keperluan paling mendesak dan sewa hunian.

Selebihnya, ia hidup nyaman dengan kupon yang dia terima dari perusahaan tempat dia berinvestasi selama bertahun-tahun, demikian seperti dikutip dari Oddity Central, Minggu (22/11/2020).

"Saya hanya menggunakan uang tunai saat membayar sewa atau menutupi biaya yang tidak 100% ditanggung oleh kupon saya. Saya tidak menghabiskan banyak uang dan hidup dengan perlakuan khusus, jadi pada akhirnya, saya menabung lebih banyak," kata si manusia kupon dan voucher, Kiritani.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dari Pemain Catur Jadi Pialang Saham

Kiritani, yang dulunya adalah seorang pemain shogi profesional (Catur Jepang), terjun ke investasi saham ketika dia berusia 35 tahun. Dia diundang untuk mengajar staf sebuah perusahaan investasi bernama Tokyo Securities Kyowakai tentang shogi, dan terpesona oleh ide memiliki suku cadang dari berbagai perusahaan. 

Dia kemudian membeli saham pertamanya pada tahun 1984 dan dengan cepat mengembangkan rasa untuk itu, didorong oleh fenomena gelembung saham di Jepang pada 1980-an.

Sayangnya, pada bulan Desember 1989, Nikkei Stock Average jatuh dan dia kehilangan 100 juta yen. Itu merupakan pukulan telak, tetapi juga membantunya menemukan nilai keuntungan investor, sebuah alternatif selain dividen. 

Pada dasarnya, selama profitabilitas suatu perusahaan tetap di atas ambang batas tertentu, pemegang saham berhak atas keuntungan tertentu yang ditawarkan dalam bentuk kupon dan voucher.

Selama masa sulit saat jatuhnya bursa saham Jepang pada tahun 1989, keuntungan investor ini membantu Kiritani bertahan, memungkinkan dia untuk membeli makanan dan pakaian tanpa mengeluarkan uang sungguhan. 

Hal yang sama terjadi pada 2011, setelah Gempa Bumi Besar Jepang Timur dan ketika pasar saham kembali jatuh. Kupon yang dia peroleh lebih dari cukup untuk dia dapatkan, dan ketika tersiar kabar tentang kemampuannya untuk hidup hampir secara eksklusif dengan kupon dan voucher, dirinya menjadi terkenal di Jepang.

Menurut Hiroto Kiritani, jika kinerja bisnis memburuk maka dividen akan berkurang sehingga sistem ini menguntungkan bagi investor besar. Pemegang saham minor jauh lebih baik dengan keuntungan investor yang ditawarkan lebih dari 40 persen perusahaan besar Jepang, karena profitabilitas hanya perlu berada di atas ambang tertentu.

Selain itu, dividen tergantung pada jumlah saham yang dimiliki seseorang di suatu perusahaan, sedangkan keuntungan investor seringkali sama terlepas dari jumlah sahamnya. Jadi, memiliki satu saham pun dapat membuat investor memenuhi syarat untuk mendapatkan berbagai keuntungan.

3 dari 3 halaman

Kopi hingga Keanggotaan Gym Gratis

Kiritani mengklaim bahwa dia mendapatkan akses ke semua yang dia butuhkan dengan kupon saja. Satu kupon memungkinkan dia pergi ke bioskop secara gratis 300 kali setahun, kupon lainnya menawarkan keanggotaan gym gratis. 

Dia bahkan bisa membeli sayuran dengan kupon. Misalnya, satu kupon yang didapatnya dari ORIX Corporation memungkinkannya memilih berbagai produk makanan dari katalog dengan harga yang sangat murah hati, gratis.

Meskipun dia bisa mendapatkan semua jenis belanjaan dengan kuponnya, Hiroto Kiritani mengatakan bahwa dia lebih suka makan di luar, yang tentu saja bisa dia lakukan dengan kupon. 

Dia memiliki saham di lebih dari 1.000 perusahaan dan korporasi Jepang (sekitar 900 di antaranya adalah saham preferensial), jadi pada dasarnya dia memiliki semua jenis kupon untuk digunakan untuk semua yang dia butuhkan. 

Kiritan telah menjadi begitu pandai hidup di atas potongan kertas ini sehingga dia telah diundang di beberapa acara TV dan telah memberikan wawancara untuk majalah tentangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.