Sukses

Mirip Manusia, Inilah Presenter Artificial Intelligence Buatan Korea Selatan

Korea Selatan meluncurkan presenter AI pertama di negara tersebut. Kehadiran teknologi ini menuai pro dan kontra dari masyarakat.

Liputan6.com, Seoul - Saluran televisi Korea Selatan MBN baru-baru ini memperkenalkan pemirsanya pada pembawa berita yang diciptakan dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) pertama di Korea Selatan. AI itu meniru bentuk manusia dari Kim Ju-ha, presenter langganan media itu.

Dikutip dari Oddity Central, Sabtu (21/11/2020), teknologi ini dikembangkan oleh MBN dalam kemitraan dengan perusahaan produksi kecerdasan buatan, Money Brain. Pembawa berita AI itu dilaporkan sangat mirip dengan tokoh aslinya.

Tidak hanya memiliki tampilan dan suara yang sama persis dengan presenter populer tersebut, ia juga menirukan gerakan kecil yang terkadang dilakukan Kim, seperti mengutak-atik pena saat memberitakan berita. Selama siaran pada tanggal 6 November, AI itu bahkan berbagi percakapan dengan Kim Ju-ha di kehidupan nyata untuk membandingkan suara mereka, yang tampaknya membuat banyak orang tercengang.

"Saya diciptakan melalui pembelajaran mendalam dari 10 jam video Kim Ju-ha, mempelajari detail suaranya, cara dia berbicara, ekspresi wajah, cara bibirnya bergerak dan cara dia menggerakkan tubuhnya. Saya bisa melaporkan berita persis seperti yang dilakukan pembawa berita Kim Ju-ha," imbuh AI tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kehadiran AI Tersebut Menuai Pro dan Kontra

MBN mengungkapkan bahwa penggunaan AI mungkin lebih cocok untuk membawakan berita seputar  bencana alam dan keadaan darurat lainnya, karena tersedia kapan saja, baik siang atau malam. Perusahaan juga mengharapkan teknologi baru ini dapat membantu memangkas biaya tenaga kerja dan produksi.

Meski kehadirannya menuai pro dan kontra, tetapi beberapa ahli yakin bahwa avatar digital bertenaga AI tidak akan pernah sepenuhnya menggantikan pembawa berita manusia.

Yoo Seung-chul, seorang profesor di School of Communication & Media di Ewha Womans University, di Seoul, percaya bahwa konsep ini akan membantu manusia untuk meringankan pekerjaan mereka.

Reaksi pemirsa terhadap peluncuran AI Kim pada 6 November menuai respons yang beragam, beberapa orang memuji kemiripannya dengan Kim Ju-ha yang asli, sementara yang lain menyatakan diri mereka "ketakutan" oleh hal tersebut.

Sebagai informasi, beberapa tahun yang lalu, kantor berita negara China Xinhua juga meluncurkan dua pembawa berita AI yang tampak sangat realistis dan pada tahun 2019 lalu, mereka juga membuat pembawa berita bertenaga AI wanita pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.