Sukses

Jadi Jutawan Usai Jual Batu Diduga Meteorit, Kisah Josua Hutagalung Disorot Media Asing

Sejumlah media asing turut mengangkat kisah Josua Hutagalung yang mendadak jadi jutawan usai menjual meteorit.

Liputan6.com, Jakarta Nama Josua Hutagalung tak hanya jadi buah bibir di Tanah Air, tapi juga dunia. Sejumlah media asing turut mengangkat kisahnya yang mendadak jadi jutawan usai menjual batu meteor atau meteorit.

Media Amerika, Upi.com memuat kisahnya dalam tulisan berjudul "Man sells meteorite that crashed through his roof for over $1 million". Menuliskan bahwa seorang pria Indonesia mengubah sedikit kerusakan properti yang tidak biasa menjadi kekayaan, ketika dia menjual meteorit (batu meteor) yang menghantam atapnya seharga lebih dari $ 1 juta.

Masih dari Negeri Paman Sam, situs New York Post

Dari Inggris, situs online Metro.co.uk mengulas kisah Josua dalam artikel "Man becomes instant millionaire when £1,400,000 meteorite crashes through his roof". Sedangkan Daily Mail, menggunakan judul tak jauh berbeda "Indonesian man becomes an instant millionaire as meteorite worth £1.4m crashes through his roof".

Lalu The Independent yang juga media online dari Negeri Ratu Elizabeth turut memuatnya dengan "MAN BECOMES MILLIONAIRE AFTER METEORITE FALLS THROUGH HIS ROOF". Sedangkan The Sun menggunakan tajuk berbeda dari keduanya yakni "DEAD LUCKY Indonesian coffin maker becomes instant millionaire after £1.4million SPACE ROCK crashes through his roof".

Dari Australia, perthnow.com.au mengangkat berita Josua dengan artikel "Indonesian man makes fortune after meteorite smashes through home".

"Josua Hutagalung, yang merupakan pembuat peti mati, langsung menjadi jutawan setelah batu luar angkasa senilai $ 2,55 juta AUD, menghantam ruang tamunya pada bulan Agustus," tulis media Negeri Kanguru tersebut yang dikutip Jumat (20/11/2020).

Media onlne dari India juga tak ketinggalan mengusut keberuntungan Josua yang dapat banyak uang dari hasil penjualan batu meteor tersebut. The Indian Express, mengangkatnya dalam berita berjudul "How a meteorite made an Indonesian man a millionaire overnight".

Lainnya dari India, Republic World menceritakan dalam tulisan pendek 'Lucky' Indonesian Man Becomes Millionaire After Meteorite Crashes Through Roof". Sedangkan NDTV dengan "Man Becomes Overnight Millionaire After Meteorite Crashes Through His Roof".

First Post dari Negeri Bollywood menggunakan judul "Indonesian man becomes overnight millionaire after meteorite crashes through his roof".

Media di Timur Tengah Gulf News juga tak ketinggalan dengan kabar Josua jadi jutawan. Dengan memberitakan penjualan batu meteor dari rumah Josua melalui "Indonesian man becomes instant millionaire after meteorite crashes through roof".

Dari Asia, Mothership Singapura memilih pemberitaan menggunakan judul "Meteorite worth S$2.48 million crashes through roof of Indonesian man's home". Situs berita online Filipina Coconut, dengan "Indonesian man ‘disappointed’ that he sold meteorite worth IDR26 billion for IDR200 million".

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi Batu Meteor Jatuh hingga Dijual

Pria Kolang, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara bernama Josua Hutagalung menjadi kaya mendadak usai rumahnya kejatuhan batu meteor atau meteorit.

Kejadian jatuhnya batu meteor yang dijual Josua bermula pada Sabtu, 1 Agustus 2020. Saat itu, ia sedang membuat peti mati di kediamannya yang terletak di Desa Setahi Nauli, Kecamatan Kolang.

Tiba-tiba Josua mendengar suara gemuruh yang cukup kuat dari atas langit. Suara gemuruh tersebut semakin mendekat ke rumahnya. Tidak berselang lama, terdengar suara dentuman yang sangat keras dari atap rumah.

"Saya terkejut dengar suara dentuman itu, lalu saya periksa ternyata ada bongkahan batu besar yang jatuh menimpa atap rumah saya hingga bocor," kata Josua yang saat itu belum tahu bahwa bongkahan batu tersebut adalah batu meteor.

Senang dengan penemuan batu meteor tersebut, dia langsung mengunggah foto temuannya itu ke akun Facebook-nya. Sontak saja, unggahan tersebut mendapat respons dari warganet hingga viral dan diliput banyak media.

Hingga akhirnya, Jared Collins, seorang pria asal Amerika yang tinggal di Bali datang menemui Josua untuk membeli batu tersebut.

Namun sayangnya, Josua hanya menjual batu meteor meteorit tersebut seharga Rp 200 juta dan Rp 14 juta untuk perbaikan genteng.

Karena ternyata, belum lama ini, media Inggris menyebutnya sebagai orang kaya baru setelah batu meteor yang menimpa rumahnya pada Agustus 2020 lalu dihargai 757 poundsterling (Rp 14,1 juta) per gram di sebuah situs jual-beli online.

Artinya, harga batu meteorit yang dijual Josua tersebut bisa mencapai hampir 1,4 juta poundsterling atau setara dengan Rp 26 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.