Sukses

5 Bahan Dapur yang Bisa Digunakan untuk Membersihkan Rumah

Sebagian besar produk pembersih serbaguna berpotensi beracun dan dapat membahayakan kesehatan kita. Sejumlah bahan di dapur bisa jadi solusi.

Liputan6.com, Jakarta - Meskipun banyak orang menganggap pembersih untuk alat atau benda rumah tangga itu aman, maka Anda salah.

Sebab, sebagian besar produk pembersih serbaguna berpotensi beracun dan dapat membahayakan kesehatan kita.

Untungnya, Anda dapat dengan mudah menggantinya dengan opsi yang lebih aman dan ramah lingkungan dan benar-benar berfungsi. Sejumlah benda ini kerap ada di dapur.

Bright Side telah melakukan beberapa penelitian untuk mengetahui pembersih rumah alami apa yang dapat Anda gunakan langsung dari dapur atau rumah. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pisang

Anda bisa memanfaatkan pisang untuk membuat perangkap lalat. Masukkan pisang dan sabun cuci piring ke dalam toples. Kemudian gulung selembar kertas menjadi bentuk corong dan masukan ke toples. Aroma manis pisang akan menarik lalat dan corong serta sabun akan menyulitkan mereka untuk keluar dari toples.

 

3 dari 6 halaman

2. Air soda

Minuman populer ini membuat pembersih alami yang hebat. Percikkan ke cermin kamar mandi Anda lalu bersihkan dengan spons.

Anda juga bisa menggunakannya untuk membersihkan perhiasan, meja dapur, atau menghilangkan noda di pakaian.

 

4 dari 6 halaman

3. Beras

Jika Anda memiliki botol atau vas yang sulit dibersihkan, beras bisa menjadi cara terbaik untuk membersihkannya.

Gunakan beras dan sedikit air sabun untuk menjangkau area yang sulit dibersihkan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan campuran ini ke dalam vas dan kocok-kocok botol itu.

 

5 dari 6 halaman

4. Lemon

Campuran jus lemon, kulit, dan air dapat digunakan untuk membersihkan microwave. Tempatkan mangkuk terbuka di dalam microwave dan atur dengan suhu panas selama 3 menit. Biarkan tertutup beberapa saat agar uap air tidak keluar. Terakhir, seka microwave dengan handuk bersih.

6 dari 6 halaman

5. Saus tomat

Saus tomat dapat membuat panci Anda yang berlapis kerak dapat berkilau dan tampak baru. Oleskan sedikit saus tomat ke dalam panci, biarkan selama beberapa waktu, lalu bersihkan dan bilas. Metode yang sama dapat digunakan untuk membersihkan baja berkarat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.