Sukses

Jokowi Belum Pernah, Menteri Luhut Sudah Temui Donald Trump di Gedung Putih

Presiden Jokowi belum pernah temui Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih, namun Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan lebih dulu melakukannya.

Liputan6.com, Washington, D.C. - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Gedung Putih. Isu ekonomi menjadi pembahasan. 

Kunjungan Menko Luhut cukup bersejarah, pasalnya Presiden Jokowi pun belum pernah mengunjungi Donald Trump di Gedung Putih.

Menko Luhut tak hanya bertemu Donald Trump di Oval Office. Turut hadir Jared Kushner dan Ivanka Trump yang merupakan menantu dan anak Trump.

Dalam foto yang beredar, mereka semua terlihat tak memakai masker.

Presiden Jokowi pernah bertemu dengan Donald Trump dan Ivanka di forum internasional. Mereka bertemu di KTT G20 di Osaka, Jepang. Saat itu, Donald Trump bagi-bagi permen ke pemimpin dunia.

"(Menlu Retno) bertemu Donald Trump saat mendampingi Presiden Jokowi. Di G20 kalau saya tidak salah," kata Teuku Faizasyah, Juru Bicara Kemlu RI dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Rabu (18/11/2020).

Jokowi pernah mengunjungi Gedung Putih pada era Presiden Barack Obama.

Kementerian Luar Negeri Indonesia mengaku tak memiliki informasi terkait kunjungan Menko Luhut. 

Biasanya, Donald Trump selalu membahas kunjungan bilateral di Twitternya, tapi ia belum membahas pertemuan dengan Menko Luhut. Ivanka juga tak mengatakan apa-apa di Twitternya.

Donald Trump dan timnya kini sedang sibuk sengketa hasil pemilu AS 2020.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menko Luhut di Gedung Putih

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebagai utusan khusus Presiden Joko Widodo bersama Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Muhammad Lutfi, diterima Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Gedung Putih, Washington DC, Selasa (17/11/2020) waktu setempat.

Sementara Donald Trump didampingi Penasihatnya, Jared Kushner dan Ivanka Trump serta CEO US IDFC Adam Boehler. 

Dalam pertemuan tersebut, Menko Luhut menyampaikan salam, terima kasih, dan penghargaan dari Presiden Joko Widodo atas dukungan Presiden Donald Trump terhadap kerjasama RI dan Amerika Serikat selama ini, termasuk secara khusus untuk pemberian fasilitas GSP oleh USTR kepada Indonesia.

Sebaliknya, Presiden Donald Trump juga menyampaikan salam dan terima kasihnya kepada Presiden Joko Widodo atas kerjasama selama ini dan menyampaikan penilaian positif atas peningkatan hubungan ekonomi kedua negara.

Selain bertemu dengan Presiden Donald Trump, Menko Luhut juga diterima Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence di kantornya. Pence menawarkan kerjasama produksi vaksin bersama antara Perusahaan Amerika Serikat dan Indonesia.

3 dari 3 halaman

Selalu Menjadi Kawan

Pada pertemuan terpisah dengan National Security Advisor (NSA) Robert O’ Brien, Menko Luhut melakukan pembahasan kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika Serikat di bidang pertahanan dan teknologi, serta bertukar pandangan mengenai geopolitik global.

Menko Luhut menyambut positif berbagai pertemuan tersebut dan berharap kerja sama yang baik dengan Amerika Serikat bisa terus ditingkatkan di masa administrasi Pemerintahan Amerika Serikat yang akan datang.

"Saya atas nama Presiden Joko Widodo menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Presiden Donald Trump. Apapun hasil resmi pemilu AS, pertemanan tetap perlu dijaga. Kita akan selalu menjadi kawan. Saya juga berharap komunikasi yang baik seperti ini dengan Gedung Putih dapat juga terjalin setelah Januari 2021 nanti," ungkap Menko Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.